Rabu, April 17, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Sigra Kalahkan Xenia, Mobil Terlaris Daihatsu di Awal 2022

by Firdaus Ali
tenor pinjaman kredit mobil

Memasuki tahun 2022 PT Astra Daihatsu Motor (ADM) kembali merilis hasil penjualan jajaran lini produknya. Baik itu mobil penumpang atau mobil komersial. Berikut akan kami ulas 3 mobil terlaris Daihatsu di awal 2022.

Dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Daihatsu tercatat meraih penjualan sebanyak 17.506 unit pada Januari 2022, atau naik 83,7 persen jika dibandingkan Januari 2021 yang hanya mampu meraih 9.528 unit. Raihan ini juga membuat market share Daihatsu cetak rekor tertinggi sepanjang sejarah, yaitu sebesar 22,3%.

Dalam hal kontribusi model, secara berturut-turut, penjualan Daihatsu pada Januari 2022 terbagi menjadi 2 komposisi dengan jenis kendaraan penumpang sebesar 71%, dan jenis kendaraan niaga 29%.

Untuk 3 mobil terlaris Daihatsu di awal 2022, penjualan jenis mobil penumpang secara berturut-turut didominasi oleh Sigra sebanyak 4,9 ribu unit, atau berkontribusi 28%. Kemudian disusul Daihatsu Ayla 2,4 ribu unit (14%), serta diposisi ketiga ditempati All New Xenia sebanyak 1,9 ribu unit (11%).

Selain itu, untuk model SUV andalan yaitu Daihatsu Terios tercatat penjualannya sebanyak 1,3 ribu unit (8%) dan Rocky 1,2 ribu (7%). Sedangkan pada jenis kendaraan niaga, terdapat Gran Max PU (Pick Up) berkontribusi 3,8 ribu unit (22%), disusul GranMax MB (termasuk Blind Van) 1,4 ribu unit (8%).

Baca juga  Sejarah Daihatsu Xenia, Sejak 2013 Hingga Kini

“Daihatsu bersyukur dapat mengawali penjualan awal tahun 2022 dengan mencetak rekor market share tertinggi sepanjang sejarah Daihatsu di Indonesia. Kami juga mengapresiasi dukungan pemerintah atas kelanjutan insentif PPnBM yang diberikan yang terbukti telah meningkatkan pasar otomotif nasional secara signifikan selama tahun 2021 lalu,” ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).

Pengaruh PPnBM Terhadap Produk Daihatsu

Mobil Terlaris Daihatsu di Awal 2022

Deretan mobil Daihatsu non LCGC yang mendapat insentif PPnBM

Hasil dari 3 mobil terlaris Daihatsu di awal 2022 tak lepas dari peran pemerintah melanjutkan pemberian insentif PPnBM DTP untuk jenis kendaraan LCGC (Low Cost Green Car), dan non LCGC. Insentif pada model LCGC diberikan pada kuartal pertama dengan tarif PPnBM 0%, kuartal kedua sebesar 1%, dan kuartal ketiga 2%, serta pada kuartal IV tarif PPnBM yang dikenakan akan dibayar penuh oleh pelanggan sebesar 3%.

Pada segmen ini, Daihatsu telah mengajukan kedua modelnya untuk Sigra, dan Ayla dengan keseluruhan total 22 variannya agar dapat menikmati fasilitas PPnBM dari pemerintah. Sedangkan untuk model non LCGC (harga mobil maksimal Rp 250 juta), insentif diberikan pada kuartal I dengan tariff PPnBM sebesar 7,5%, serta kuartal II hingga kuartal IV yang akan dibayar penuh oleh pelanggan sebesar 15%.

Baca juga  Daihatsu Terios 7 Wonders 2023 Tuju Indonesia Timur

Dalam hal ini, Daihatsu juga telah mendaftarkan model beserta beberapa varian yang memenuhi persyaratan agar mendapat insentif PPnBM tersebut. Seperti, All New Xenia, Rocky, dan Terios dengan total 29 varian.

Moladiners, itulah ulasan mengenai 3 mobil terlaris Daihatsu di awal 2022. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika