Minggu, September 25, 2022

5 Mobil untuk Road Trip, Pilih Mana?

by Tigor Sihombing
Mobil untuk Road Trip

Mobil untuk road trip sih asyiknya berjenis SUV atau MPV. Karena dua model kendaraan ini memiliki kapasitas ruang yang besar baik untuk penumpang atau pun barang.

Nah Moladin kali ini akan membahas jenis-jenis mobil untuk road trip yang bisa kamu pilih sebagai teman jalan bersama keluarga atau pasangan. Kira-kira mobil apa saja yang tepat?

“Pada dasarnya mobil untuk road trip tidak perlu mahal. Yang utama adalah sehat dan nyaman,” kata Totok, member komunitas Indonesia Motorhome pada Moladin, Senin (11/4/2022).

Menurut Totok, road trip sendiri merupakan liburan yang menggunakan kendaraan atau mobil pribadi. Tujuannya bisa ke suatu daerah dengan wisata alam, budaya, dan kuliner.

Maka dari itu supaya maksimal dalam melakukan perjalanan, kondisi mobil harus dalam keadaan terbaik. Kalau mobil tidak fit, bisa jadi justru perjalanan jadi sangat merepotkan. Tentu tidak mau dong!

Lalu apa saja mobil untuk road trip yang bisa kamu ajak jalan-jalan? Berikut bahasannya:

1. All New Avanza

mobil untuk road trip

Jok Avanza baru bisa diubah layaknya sofa. Nyaman untuk beristirahat di dalam mobil

Tidak terbantahkan Toyota Avanza merupakan sosok kendaraan yang memiliki segudang pengalaman menjadi mobil keluarga idaman. Karena kiprahnya hampir 20 tahun di Indonesia terbukti eksis hingga kini.

Apa lagi pada All New Avanza yang baru rilis pada akhir tahun lalu,mobil tersebut baru saja menyempurnakan konfigurasi tempat duduk penumpangnya.

Baca juga  7 Masalah Suzuki Ertiga Bekas yang Sering Dikeluhkan

Meski tetap mengusung konsep 7 seater, namun Toyota melakukan improve soal pelipatan kursi yang mereka namai New Pleasant Long Sofa Mode.

Sesuai namanya, seperti gambar di atas, jok pada All New Avanza bisa dilipat seolah gabung, yang membuatnya rata antar baris satu, dua dan tiga.

Hal ini tentu menguntungkan untuk pemilik yang gemar piknik bersama mobil. Karena dengan begitu, dalam kondisi istirahat penumpang bisa tiduran rata, seperti layaknya di kasur kamar pribadi.

Belum lagi, dengan mode seperti ini pemilik juga bisa melakukan improve, misal dengan kembali melapisi jok yang sudah rata dengan kasur tipis, yang membuat suasana bermalam di mobil semakin nyaman.

Avanza juga memiliki ground clarence 220 mm dan mesin 1.500 cc yang sudah teruji untuk menaklukan medan-medan yang sedikit kurang bikin nyaman dijelajahi.

2. Wuling Almaz

Mobil untuk Road trip

Almaz RS merupakan varian tertinggi dari Almaz

Rekomendasi mobil untuk road trip berikutnya adalah Wuling Almaz. Dengan mengusung konsep SUV sebagai jenis mobil yang paling diminati di Indonesia, Wuling Almaz tentunya bisa diandalkan untuk menghadapi berbagai kontur jalan di Indonesia.

Sebagai mobil petualang Almaz juga sudah memenuhi syarat. Karena meski mesinnya hanya 1.451 cc, Almaz juga sudah dibekali turbo yang mampu mengeluarkan output hingga 140 dk/5.200 rpm dan torsi 250 Nm di putaran 1.600-3.600 rpm.

Belum lagi, Wuling Almaz juga didukung dengan transmisi Continuously Variable Transmission (CVT) yang akan memberikan sensasi terbaik saat dikendarai.

Baca juga  Kapan Isuzu Luncurkan Mu-X 4x2 di Indonesia?

Wuling Almaz terbaru tersedia dalam konfigurasi 5 dan 7 seater. Dengan harga berkisar Rp 389 – 429 jutaan.

3. Mitsubishi Triton

mobil untuk road trip

 Triton punya bak besar di belakang untuk membawa barang-barang kemah

Mobil untuk road trip berikutnya adalah SUV double cab Mitsubishi Triton. Melakukan road trip dengan Mitsubihsi Triton cocok dilakukan jika kamu adalah keluarga kecil. 

Karena mobil ini hanya memiliki kapasitas duduk 4 orang, belum lagi beberapa ruang akan termakan untuk barang bawaan karena triton tidak memilkii bagsi penyimpatan seluas mobil MPV.

Namun soal keamanan dan kenyamanan tentunya Triton tidak kalah dengan MPV lainnya. Terlebih destinasi road trip yang akan kamu lewati adalah medan yang sebagian besar off road.

Salah satu kelebihan Mitsubishi Triton adalah mesin yang tenaganya berlimpah. Mobil ini dibekali jantung mekanis berkode 4N15 MIVEC empat silinder segaris dengan kapasitas mesin 2.4 liter diesel.

Mesin tersebut bisa melontarkan tenaga sebesar 181 PS pada 3.500 rpm dan torsi maksimum 430 Nm pada 2.500 rpm. Padanannya adalah transmisi otomatis 6-percepatan untuk varian tertinggi.

Sebagai mobil yang diciptakan untuk medan berat, Triton disokong  oleh sistem gerak 4WD yang membuatnya bisa bergerak lincah di lintasan off road.

Harga baru Triton dauble cab saat ini dibanderol mulai harga Rp 405 – 494 juta.

mobil untuk road trip

Isuzu Panther sudah tidak dipasarkan di Indonesia, bisa beli mobil bekasnya

Bicara mobil untuk road trip tidak bisa lepas begitu saja dari Isuzu Panther. Meski mobil ini sudah tidak diproduksi sejak 2 tahun belakangan, namun MPV penenggak solar ini tetap diminati bekasnya.

Isuzu Panther bisa menjadi solusi mobil untuk road trip, karena memiliki kelebihan yang utama yakni bahan bakarnya yang irit dan ruang kabin yang lega.

Beberapa pengujian mengatakan konsumsi BBM Panther tembus 12 km per liter untuk penggunaan dalam kota. Tidak hanya itu, Panther juga memiliki mesin yang katahannya sudah teruji puluhan tahun.

Nah untuk kamu yang tertarik meminang mobil ini bisa bisa dilirik harga bekasnya di laman jual beli Moladin.com. Karena masa edarnya panjang, unit bekasnya pun beragam dengan harga berkisar mulai Rp 40 – 150 jutaan, tergantung tahun dan kondisi.

5. Honda New CR-V

mobil untuk road trip

Honda CR-V Turbo

Mobil untuk road trip berikutnya adalah Honda New CR-V. Bisa dibayangkan betapa nyamananya jia road trip dengan mobil SUV modern yang dibekali dengan teknologi keselamatan terbaru.

Apa lagi saat ini Honda CR-V terbaru berbekal konfigurasi 7 seater, panoramic sun roof dan fitur kenyamanan andalan Honda Sensing. Yang disokong dengan mesin turbo berkapaitas 1.500 cc, dengan tanaga 190 PS.

Jika kamu berminat memboyong mobil ini Honda New CR-V dibanderol dengan harga termurah Rp 515 juta sampai yang tertinggi Rp 651 juta.  Atau bisa ambil bekasnya yang saat ini berkisar mulai dari Rp 60 jutaan.

Demikian ulasan tentang mobil untuk road trip. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika