by

Modifikasi Honda ADV 150 Monoshock Ala X-ADV, Modal Rp6 Jutaan!

Modifikasi Honda ADV 150 Monoshock – Melihatnya sekilas, kamu pasti kebingungan. Apakah motor ini Honda ADV 150 atau sang kakak, X-ADV. Jangan-jangan malah sosok ADV 250 yang bocor ke publik?

Tidak usah bingung, ini merupakan motor modifikasi garapan Ian Juno asal Yogyakarta. Hasilnya memang benar-benar istimewa. Berbasis Honda ADV 150, namun diubahnya jadi semakin gagah menyerupai X-ADV.

Penggantian komponen yang dilakukan tidak tanggung-tanggung. Mulai dari knalpot, setang, lengan ayun, suspensi, hingga pengecatan. Kemudian proses pengerjaannya juga butuh waktu sangat lama, mencapai hampir satu tahun.

Mau tahu detail modifikasi Honda ADV 150 monoshock ala X-ADV yang dilakukan Ian Juno? Berapa biaya yang dihabiskan? Untuk jawabannya, simak bahasan berikut sampai habis:

Wujud Mirip Honda X-ADV 750

honda adv 150 modifikasi
Setang pakai fatbar dari Wilwood dengan raiser custom berbahan aluminium (Foto: Ian Juno)

Kemiripan modifikasi Honda ADV 150 ini dengan X-ADV dapat terlihat dari penggunaan kaki-kaki bongsor. Di depan pakai suspensi upside down dari Equinox, menggantikan teleskopik sebagai standard.

Lalu rodanya juga diganti pakai ukuran lebih besar, sehingga aura motor gede lebih keluar. Di depan mengandalkan 120/70-14 dan belakang 150/70-14.

Pelek mengandalkan punya RCB bergaya palang enam. Sementara Ban yang dipakai adalah Pirelli Diablo Rosso. Padahal standard ban Honda ADV 150 cuma 110/80-14 inci di depan dan 130/70-13 inci di belakang.

Baca juga  Aprilia SXR 160 2020, Rival Nmax yang Harganya Rp 19 Juta

Selanjutnya untuk pewarnaan, Ian juno melakukan modifikasi Honda ADV 150 secara total. Cat diganti menggunakan silver dominan dengan balutan biru.

Area setang juga tidak luput dari revisi. Setang fatbar merek Wilwood hadir. Ditambah dengan raiser custom buatan sendiri. Alhasil posisi setang jadi semakin tinggi dan membuat tangan pengendara lebih rileks.

Tidak ketinggalan di raiser tersebut, tertempel EFI Meter dari Koso. Fungsinya untuk memberitahu berbagai informasi, salah satunya putaran mesin. Informasi tersebut tidak bisa diberikan oleh panel instrumen bawaan dari Honda ADV 150.

Revisi lain di tubuh motor ada di bagian sepatbor. Di depan dan belakang sudah ganti dengan punya Honda CBR250RR. Dengan demikian tampilan Honda ADV 150 modifikasi Ian Juno jadi semakin sportif dan mirip X-ADV.

Modifikasi Honda ADV 150 Paling Istimewa ada di Monoshock dan Swingarm

Honda ADV 150 monoshock ala X-ADV
Arm besar dengan bahan aluminium hadir untuk membuat tampilan Honda ADV 150 modifikasi semakin gagah (Foto: Ian Juno)

Dari semua modifikasi Honda ADV 150 yang dilakukan, paling istimewa adalah bagian kaki-kaki belakang. Terlihat kalau Ian Juno mengganti suspensi ganda dengan monoshock kepunyaan Yamaha Vixion.

Baca juga  5 Kelebihan Suzuki Nex 2 Cross, Wajib Tahu!

Hebatnya lagi, bracket monoshock ADV 150 tersebut dibuatnya sendiri menggunakan bahan aluminium. Proses pengerjaannya cukup rumit dengan bantuan mesin CNC. Alhasil tampilan bracket bisa terlihat rapih.

Lengan ayun atau swingarm juga ikut diubah pakai bentuk yang lebih besar serta padat. Lagi-lagi Ian Juno membuat komponen ini sendiri.

“Kalau harga materialnya saja, keseluruhan bisa habis sekitar Rp5-6 juta, belum termasuk biaya pengerjaan alat dan sebagainya,” kata pria yang pernah jadi juara Customaxi Yamaha seri 7 di Semarang pada 2018 itu saat dihubungi Moladin via pesan singkat, beberapa waktu lalu.

Dengan modifikasi yang dilakukan di lengan ayun Honda ADV 150, efeknya jarak sumbu roda jadi semakin panjang. Maka rasa berkendara motor adventure ini pun sedikit berubah.

Kini diklaim jadi semakin nyaman, terlebih ketika diajak bermanuver di tikungan. Apalagi pakai kombinasi kaki-kaki dengan ukuran ban lebar.

Sistem pengereman Honda ADV 150 modifikasi ini pun dibuat lebih mantap. Komponen master rem dan selangnya pakai RCB. Lalu cakram dibuat lebih besar dengan ukuran 260 mm.

Knalpot tidak luput dari ubahan. Ian Juno menggunakan merek Nobi racing. Maka suara motor terdengar lebih berwibawa.

Baca juga  Spesifikasi Yamaha X-Ride, Skutik Adventure Yamaha 125cc Berfitur Modern

Baca juga:

Monoshock dan Swingarm Honda ADV 150 Modifikasi Ian Juno Bakal Dijual Bebas

ADV 150 Monoshock
Bracket monoshock custom buatan sendiri (Foto: Ian Juno)

Jika kamu tertarik dengan tampilan modifikasi Honda ADV 150 monoshock ala X-ADV tersebut, cara mengaplikasikannya tidak sulit. Pasalnya Ian Juno bakal menjual komponen-komponen itu secara bebas lewat media sosial.

“Setelah semua dipastikan lolos uji coba maka saya akan menerima orderan massal untuk paket monoshok berikut arm juga,” kata dia.

Dengan demikian, konsumen bisa langsung memasangkan bracket tersebut secara plug & play ke motor Honda ADV 150 masing-masing.

Terkait harga, Ian Juno memang belum mau berkomentar. Meski begitu sebagai gambaran, dia pernah menjual bracket monoshock untuk Yamaha Aerox dengan banderol Rp1,5 juta. Kemudian swing arm custom Aerox dijual Rp3,5 juta.

Bagaimana modifikasi Honda ADV 150 monoshock ala Ian Juno? Apakah cukup mantap? Langsung tulis pendapat kamu di kolom komentar ya. 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

Terbaru