by

3 Modifikasi Vespa Matic agar Tampil Keren!

Modifikasi Vespa matic sah-sah saja dilakukan, terutama buat kamu yang ingin tampil beda. Ubahannya pun boleh sesuai selera dan bujet.

Ambil contoh, kalau bujet kamu terbatas bisa mengganti beberapa komponen saja dengan merek aftermarket. Dapat pula menambahkan aksesori seperti boks, windshield, dan lampu kabut, supaya terlihat lebih unik.

Jika dana yang kamu punya cukup banyak, maka bisa mengubah Vespa matic secara keseluruhan. Mulai dari rombak mesin, potong rangka, sampai dengan menggunakan komponen ala sultan seperti Ohlins, Brembo, dan lain-lain.

Secara garis besar ada tiga aliran modifikasi Vespa matic: racing, klasik, dan touring. Buat kamu yang ingin mencari inspirasi, berikut bahasan detailnya:

1. Gaya Racing

modifikasi vespa sprint
Vespa sprint memang paling cocok untuk dimodifikasi dengan gaya racing

Modifikasi Vespa matic yang banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia, salah satunya gaya racing. Apa bisa Vespa dengan kesan retro mendapat sentuhan motor balap? Jawabannya sangat memungkinkan.

Beberapa motor Vespa bahkan terlahir dengan aura sportif yang cukup kental. Ambil contoh Vespa Sprint, Vespa S, dan Vespa GTS. Hal ini ditandai dengan penggunaan warna hitam lebih dominan, khususnya di sector pelek. Vespa S bahkan punya kesan racing cukup kuat, lantaran penggunan jok bergaya single seater layaknya motor balap.

Penerapan modifikasi Vespa matic gaya racing sesungguhnya bisa dilakukan dalam beberapa macam. Kalau sekedar racing look yang paling sederhana dan asik untuk harian, bisa tambahkan aksen hitam di beberapa komponen. Misalnya saja ganti spion, lis bodi, dank over lampu dengan warna hitam atau warna gelap.

Lalu khusus spion, kamu bisa ubah posisinya ke ujung setang atau bar end. Tidak ketinggalan, agar aura racing semakin kental coba ganti knalpot dengan versi aftermarket. Kemudian sepatbor belakang juga bisa dicopot, termasuk behel jok. Bodi motor pun bisa dicat ulang dengan warna matte.

Baca juga  Motoplex Antasari, Diler Vespa Terbesar di Jakarta

Jika kamu mau modifikasi Vespa matic bukan cuma tampilannya saja yang racing, tapi juga performa berkendaranya berubah. Lakukankanlah bore up sehingga kapasitas mesinnya meningkat.

Contoh bore up mesin Vespa Sprint yang tadinya cuma 150 cc jadi 200 cc. Komponen yang perlu diganti seperti Piston dapat gunakan Shark 66 mm. Klep juga diubah lebih besar menggunakan 23 mm untuk in dan 25 mm untuk out.

Kalau tenaga sudah lebih baik, maka komponen pengereman dan suspensi pun perlu mendapat revisi. Hal ini dilakukan untuk mengimbangi performa mesin. Karet bundar juga dapat diubah dengan ukuran yang lebih lebar.

Sebagai gambaran, Vespa Sprint standar menggunakan ukuran ban 110/70-12 inci dan 120/70-12 inci. Kalau mau diubah, kamu bisa upgrade ke ukuran 120/70-12 inci di depan dan 130/70-12 inci di belakang. Penggantian ban lebih lebar juga membuat rasa berkendara lebih stabil, terutama saat melaju di kecepatan tinggi.

2. Aura Klasik

Vespa Primavera modifikasi klasik
Ini merupakan salah satu contoh Vespa Primavera dengan aura klasik lebih kuat, 70th Anniversary

Modifikasi Vespa matic dengan aura klasik sebenarnya gampang-gampang susah. Pasalnya desain motor Vespa memang sudah sangat kental aura klasik. Bila salah modifikasi, bisa-bisa justru membuat tampilannya jadi kurang pas.

Walau begitu, kamu tidak perlu takut dalam memodifikasi motor Vespa. Lakukan langkah-langkah berikut, dijamin hasilnya bakal sangat klasik.

Pertama-tama, kamu bisa memilih model Vespa yang ingin dimodifikasi. Bocoran buat kamu, Vespa LX dan Primavera merupakan model dengan aura klasik paling kental. Hal ini didukung penggunaan lampu depan bulat.

Kemudian lakukan modifikasi Vespa matic di bagian pelek. Kamu bisa mengganti dengan model monoblok. Pilihannya beragam, salah satu yang bisa dicoba adalah pelek monoblok dari HD Corse. Hanya saja dari sisi harga cukup tinggi, sekitar Rp 25 jutaan sepasang. Ciri khas pelek gaya monoblok adalah minim celah, sehingga mirip dengan pelek Vespa klasik.

Baca juga  Modifikasi Jupiter Z, Ini 6 Referensinya

Hal berikutnya yang dapat dilakukan agar Vespa matic terkesan semakin retro adalah aksesori. Kamu bisa pasang ban serep atau ban cadangan di belakang jok. Lalu jok pun boleh diubah menjadi terpisah antara pengendara dan pembonceng.

Pilhan warna bodi bisa kamu sesuaikan dengan cat yang sering digunakan oleh Vespa zaman dulu. Misalnya penggunaan warna biru telur asin, seperti di Vespa edisi spesial 70th Anniversary. Dengan berbagai ubahan tersebut, dijamin Vespa Primavera dan LX milik kamu jadi semakin klasik.

3. Modifikasi Touring

modifikasi vespa matic gts
Buat gaya touring, aksesori yang diperlukan adalah boks belakang, crash bar, dan windshield

Gaya modifikasi Vespa matic selanjutnya yang dapat kamu terapkan adalah touring. Paling cocok untuk model GTS 150 dan GTS 300. Kenapa? Dua skuter Vespa tersebut sudah dilengkapi dengan mesin berpendingin cairan. Alhasil performanya mantap untuk penggunaan jarak jauh sekalipun.

Di samping punya jantung mekanis mantap, Vespa GTS juga punya bodi bongsor. Alhasil lebih nyaman untuk pengendara dan pembonceng saat berkendara dalam waktu lama.

Soal modifikasi Vespa matic touring, sebenarnya tidak terlalu rumit. Kamu cuma perlu maksimalkan penggunaan berbagai aksesori. Salah satu yang wajib adalah penggunaan boks belakang. Fungsinya untuk meningkatkan kapasitas bagasi selain di bawah jok. Hal ini penting untuk menyimpan berbagai barang bawaan selama touring, mulai dari pakaian ganti, makanan, dan lain-lain.

Dalam memilih boks, pastikan kualitasnya baik dan tahan air. Tersedia pula boks belakang dengan bantalan punggung supaya pembonceng bisa bersandar dengan nyaman. Harga boks untuk Vespa GTS bermacam-macam, namun kisarannya Rp 5 jutaan.

Kemudian kamu juga dapat menambahkan aksesori berupa windshield untuk penghalau angin. Fungsi aksesori tersebut sangatlah penting, terutama membuat tubuh tidak langsung terkena terpaan angin depan saat touring. Ketika memilih windshield, sebaiknya pastikan kualitasnya mantap dan dimensinya tidak terlalu tinggi. Hal tersebut lantaran semakin tinggi windshield, maka semakin sulit motor melaju.

Baca juga  Modifikasi Motor Byson Ala Cafe Racer, Tampil Menarik!

Merek windshield yang dapat kamu beli untuk Vespa GTS antara lain UNIK, Vigano, dan lain-lain. Soal harga, ada dikisaran Rp 3 jutaan.

Aksesori terakhir untuk modifikasi Vespa matic gaya touring adalah crash bar. Penggunaannya penting dalam mencegah bodi motor rusak terlalu parah saat kecelakaan di perjalanan. Dengan crash bar, efek buruk bisa minimalkan dan diharapkan setelah kecelakaan, kamu masih bisa melajutkan touring sampai selesai.

Tips Modifikasi Vespa Matic

modifikasi vespa matic
Dalam memodifikasi motor Vespa, kamu tidak boleh asal, perlu dahulukan aspek keselamatan dan kenyamanan berkendara

Percayalah bahwa modifikasi Vespa matic memang bisa membuat tampilan motor jadi lebih keren. Hanya saja ubahannya jangan terlalu berlebihan. Kenapa?

Desain skuter Vespa, pada dasarnya sudah sangat istimewa. Bokong besar dan minim sudut menjadi ciri khas. Ingat, salah satu alasan orang tertarik membeli Vespa adalah desain yang tidak lekang dimakan waktu tersebut. Jadi tipsnya, sebisa mungkin jangan mengubah identitas motor kamu sebagai sebuah Vespa.

Lampu boleh diganti, suspensi boleh dirombak, mesin bisa dioprek. Namun sekali lagi, pastikan kalau kuda besi itu tetap terlihat selayaknya Vespa. Pasalnya Vespa bukan cuma soal merek, tapi jug acara untuk bernostalgia.

Tips modifikasi Vespa Matic selanjutnya, tetap perhatikan aspek keselamatan dan kenyamanan. Jangan sampai karena ingin tampil beda, motor jadi tidak nyaman ditunggangi. Hal ini penting karena buat apa motor dimodifikasi kalau cuma untuk dilihat, tapi tidak dapat dipakai membonceng kekasih hati?

Ingat, esensi dari sebuah motor yaitu alat transportasi. Maka usahakan modifikasi yang kamu lakukan ke Vespa matic justru bisa menambah kenyamanan berkendara.

Terbaru