by

3 Motor Andalan Kesatria Baja Hitam

Motor Andalan Kesatria Baja Hitam – Kalau kamu termasuk anak generasi 90an, pasti tahu dengan pahlawan pembela kebenaran satu ini. Ksatria Baja Hitam (KBH), atau Kamen Black Rider, adalah tokoh superhero asal Negeri Sakura yang selalu berjuang melawan kejahatan di muka bumi dan menyelamatkan umat manusia.

Selain tokoh utama, ada dua hal yang paling diingat para fans KBH, yaitu mobil dan sepeda motor. Sepeda motor Kotaro Minami (nama asli KBH) selalu mengikuti perubahan karakter. Di awal serial ini ditayangkan, motor yang dipakai adalah produksi Suzuki. Kemungkinan besar memang ada kerja sama dengan Suzuki.

Tanpa banyak kata, berikut deretan motor andalan kesatria baja hitam yang pernah menjadi idola anak – anak.

1. Suzuki GSX-R 250

Motor Andalan Ksatria Baja Hitam Suzuki GSX-R 250

Motor besutan Suzuki ini adalah motor harian Kotaru Minami ketika masih menjadi manusia biasa. Model motor balap dengan full-fairing terlihat sangat keren. Keputusan tim desain menggabungkan warna merah dan hitam menyiratkan kesan garang dan sedikit misterius.

GSX-R 250 yang dipakai KBH diproduksi tahun 1987. Tidak ada perbedaan drastis dengan pendahulunya, GSX 400, hanya tampilan luar saja. Suzuki merilis motor ini demi menyaingi Yamaha FZR 250. Mari kita tengok jeroannya. GSX-R 250 bermesin 4 silinder DOHC dan kubikasi sebesar 248 cc. Dia sanggup menyemburkan tenaga hingga 45 tenaga kuda pada torsi maksimal 14.000 rpm. Di masa itu, spesifikasi seperti ini tentu tergolong mewah.

Baca juga  Mengulik Suzuki Smash FI New, Harganya Terjangkau!

Khusus untuk kepentingan film KBH, GSX-R 250 menggunakan sasis dari baja pilihan. Meskipun demikian, Suzuki menyatakan bahwa kecepatan maksimal bisa mencapai 200 km/jam. Seakan tak cukup membekali GSX-R 250 dengan mesin bertenaga tinggi, Suzuki juga mempersenjatainya dengan sistem pendingin cairan. Asal kamu tahu Sob, teknologi pendingin mesin seperti ini termasuk canggih di zamannya.

Baca Juga :

 

2. Suzuki RH 250 (Robo Raizer dan Mach Jabber)

Motor Andalan Ksatria Baja Hitam Suzuki RH 250

Setelah membahas motor harian, yuk kita beranjak menuju motor KBH selanjutnya. Oh iya Sob, hampir lupa, ada dua serial KBH, yaitu KBH dan KBH RX. Ini dilakukan sebagai penyegaran saja, karena pemeran dan jagoannya tidak berbeda. Dikisahkan, ketika Kotaro Minami berubah menjadi RX Bio dan RX Robo, maka motornya pun mengikuti perubahannya. Di versi KBH RX, dia memakai motor dengan nama Acrobatter. Saat menjadi RX Robo, maka dia menunggangi Roboraizer. Khusus RX Bio, giliran Mach Jabber yang menjadi tumpuan.

Ketiga motor itu didesain berbeda agar cocok dengan karakter masing – masing KBH. Tentu saja, penyesuaian itu terbatas pada warna dan bodi, karena pada dasarnya mereka menggunakan motor yang sama, yaitu Suzuki RH 250. Berikut spesifikasi lengkap Suzuki RH 250:

Baca juga  Modifikasi Satria FU Cafe Racer yang Nekat Melawan Kodrat

Tahun Pembuatan              1985 – 1987

Tipe mesin                            Liquid cooled, 2 tak, silinder tunggal

Kapasitas                              249 cc

Bore x Stroke                        70 mm x 64.8 mm

Karburator                             Mikuni VM 32 SS

Tenaga Maksimum              31 HP 21,7 kW @ 7500 rpm

Torsi Maksimum                   5,9 Nm @ 6500 rpm

Transmisi / Penggerak        6 Kecepatan / rantai

Suspensi Depan                  Oil Telescopic Forks

Suspensi Belakang             Full floater oil shocks – preload adjustable

Rem Depan                          Cakram tunggal

Rem Belakang                     Drum

Ukuran Ban Depan             3.00 – 21

Ukuran Ban Belakang        130/80-17

Berat Kosong                        111 kg

Kapasitas bahan bakar       12 liter

3. Belalang Tempur – Suzuki RA 125

Suzuki RA 125

Motor khas KBH RX yang menjadi ikon utama, Belalang Tempur. Saat Kotaro Minami berubah menjadi KBH, tunggangannya pun ikut bertransformasi. Mencomot desain motor trail, didominasi warna hijau dan merah di bagian “mata”, ditambah beberapa aksesoris tempur, Belalang Tempur menjelma menjadi sahabat KBH yang sangat tangguh ketka mengejar penjahat. Disebut Belalang Tempur karena bentuk kepala sang motor memang dirancang mengikuti serangga lincah itu. Pemasangan dua antena di bagian lampu depan semakin menegaskan kemiripan keduanya.

Baca juga  Pilih Suzuki Nex II atau Honda BeAT? Lihat Dulu Kelebihan Masing-masing

Aslinya, Belalang Tempur merupakan motor keluaran Suzuki, tipe RA 125. Fitur yang paling menonjol di motor ini adalah penerapan sistem full floater pada suspensi belakang. Dirilis pada tahun 1980an, motor ini masih mengandalkan mesin satu silinder, berjenis 2 tak dengan kapasitas 124 cc. Spesifikasi itu mampu menghasilkan daya sekitar  21,4 tenaga kuda dan torsinya mencapai 19,6 Nm. Kehandalan mesin RA 125, ditunjang dengan bobot cukup ringan, 96 kg, membuatnya sering menjadi pilihan di lomba balap trail. Motor ini sudah dilengkapi teknologi pendingin cairan dan rem cakram. Khusus untuk film KBH RX, Suzuki menggunakan RA 125 keluaran tahun 1984. Kamu ingin memilikinya? Duh, sayang sekali Sob, keinginan kamu harus dikubur dalam – dalam karena Suzuki tidak menjualnya secara resmi di Indonesia.

Nah, bertambah lagi pengetahuan kamu tentang tunggangan superhero jaman old. Meskipun sekarang terlihat jadul dan cenderung aneh, setidaknya, kamu tahu bahwa ketiga motor andalan kesatria baja hitam ini pernah menjadi impian jutaan anak Indonesia. Saatnya berubah!

Buat kamu yang tertarik membeli motor Suzuki terbaru dengan DP ringan dan berbagai promo lain, langsung saja klik link ini!

Baca Juga :

Terbaru