Keunggulan Motor Matik, Apa Lebih Baik Dari Motor Bebek?

Moladin – Sama seperti beberapa tahun terakhir, penjualan motor matik pada semester pertama 2019 jauh melebihi motor bebek. Motor matik mulai digandrungi sejak 2003, yaitu ketika Yamaha Mio diluncurkan di pasaran.

Membawa jargon “ringan dan mudah dipakai”, motor matik semakin populer, bukan hanya di kalangan pengendara wanita, tetapi juga pria. Tak ayal, motor bebek dan motor sport tidak lagi merajai, khususnya di Indonesia.

Di samping tren yang melanda saat ini, segmen motor matik secara kualitas disebut-sebut memang lebih unggul daripada motor bebek. Apakah klaim ini benar? Jika keduanya dibandingkan, mana yang sebenarnya memiliki performa terbaik? Simak ulasannya berikut ini.

 

Perbandingan dari Segi Teknis

Ada sejumlah faktor yang mendorong sebagian besar orang lebih memilih untuk membeli motor matik daripada motor bebek. Salah satunya, dari segi teknis. Secara umum, mesin motor yang menggunakan teknologi matik maupun manual sebenarnya hampir sama.

Supaya piston bergerak, harus ada “ledakan” di ruang bakar. Ledakan terjadi apabila busi, yang disertai dengan bahan bakar dan udara, berfungsi dengan baik.

 

SYM Cruisym

*Angsuran mulai dari

 

Nah, yang membedakan motor matik dan motor bebek adalah transmisinya. Ini merupakan komponen yang berfungsi untuk mengalirkan tenaga ke roda atau penggerak akhir. Pada transmisi manual, komponennya saling terhubung satu dengan yang lain. Akibatnya, ketika motor dalam posisi netral, tenaga tidak disalurkan.

Ketika motor melakukan “oper gigi”, tenaga baru mulai mengalir. Gigi akan berputar pada poros masing-masing. Semakin naik, putaran akan semakin cepat, tetapi power rendah. Inilah sebabnya tenaga motor akan maksimal saat baru mulai berputar.

Nah, proses inilah yang tidak terjadi pada transmisi matik. Tenaga mesin langsung dialirkan ke drive pulley, V-Belt, unit kopling centrifugal, baru kemudian roda.

Perpindahan pada transmisi terjadi terus-menerus secara otomatis bergantung pada kondisi tarikan gas. Hal inilah yang membuat motor matik lebih praktis saat dikendarai. Pengendara tidak perlu repot untuk mengoper gigi, hanya perlu menancap gas. Tak heran jika motor matik sangat disukai oleh pengemudi yang baru belajar mengendarai motor.

 

Fitur yang Lebih Lengkap

Honda ADV 150Honda ADV 150 kaya akan fitur yang manjakan pengendaranya

Keunggulan lain motor matik adalah dari segi fiturnya yang lebih lengkap. Didesain untuk pengguna yang tinggal di perkotaan dengan mobilitas tinggi, motor matik memiliki fungsi serbaguna.

Sejumlah jenis motor matik ditawarkan dengan bagasi yang super lapang di bagian bawah jok. Bagian depan motor pun terbilang lebih lebar sehingga sangat memungkinkan untuk membawa barang, mulai dari tas belanja hingga keperluan lain.

Teknologi terbaru yang diterapkan pada motor matik pun semakin canggih. Untuk memenuhi kebutuhan pengendara yang aktif menggunakan gawai, kini ada beberapa motor matik yang memiliki fitur untuk mengisi daya. Sembari berkendara, gawai akan terisi penuh.

 

Tampilan dan Kenyamanan Matik Lebih Diunggulkan Dari Motor Bebek

Dari segi tampilan, motor matik sangat cocok digunakan oleh wanita. Kesan feminin terasa jauh lebih kental saat mengendarai motor matik dibandingkan motor bebek.

Meskipun demikian, sejumlah motor matik juga mengusung kesan sporty yang lincah. Jadi, para pria pun tidak segan untuk memilih motor matik sebagai kendaraan sehari-hari.

Bagi para wanita, motor matik sangat mudah dikendarai. Bukan hanya karena metode transmisi yang otomatis, tetapi juga dari bentuk motor yang mudah dinaiki. Menggunakan bawahan rok pun bukan lagi menjadi masalah besar. Sebagian motor matik juga terbilang lebih ringan dan tidak terlalu tinggi.

 

Matik Lebih Berikan Pilihan Beragam Ketimbang Motor Bebek

Honda SpacyHonda Spacy bisa jadi pilihan di kelas matik

Semakin lama, motor matik semakin diminati. Seiring dengan itu, variasinya pun semakin banyak. Ada pilihan beragam bagi Anda yang ingin memilih matik sebagai kendaraan pribadi, mulai dari entry level, medium, hingga premium level. Selain berkaitan dengan fitur yang tersedia, hal ini terutama berhubungan dengan harga yang ditawarkan.

Khusus entry level saat ini masih menjadi primadona. Penjualannya dari tahun ke tahun terus menanjak. Kelompok ini digemari oleh berbagai kalangan. Meskipun demikian, kategori premium juga tidak kalah maju. Motor dengan fitur lengkap dan tampilan mewah seperti Maxi series semakin banyak diminati.

 

Akankah Motor Bebek Tersingkir?

Honda Supra X 125

Meskipun tren penjualan terbilang menurun, motor bebek dianggap masih memiliki penggemar tersendiri. Apalagi karena dari segi performa mesin dan penggunaan bahan bakar, keduanya tidak jauh berbeda. Motor bebek juga dianggap lebih tangguh saat dikendarai di medan yang lebih sulit. Itulah sebabnya, pasar motor bebek masih cukup besar di daerah-daerah.

 

Honda Supra X 125 Fi

*Angsuran mulai dari

 

Bukan hanya itu, produsen motor bebek juga terus melakukan inovasi, baik dari segi teknis maupun tampilan sehingga calon pembeli lebih tertarik. Dengan karakter yang khas, motor bebek mencoba untuk bangkit kembali. Nah, apakah Anda lebih memilih motor matik atau motor bebek? Pertimbangkan dengan cermat kelebihan masing-masing supaya berkendara lebih nyaman.

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *