Motor Bebek, Sport, Matic, Enak Mana Buat Sehari-hari?

Hai, sobat Moladiners! Jinny mau nanya nih. Kalian masih bingung mau beli motor yang mana untuk dipakai sehari-hari kah? Kalau jawabannya iya, jangan khawatir, Jinny datang membawa petunjuk buat kalian semua.

Yuk simak baik-baik perbedaan motor bebek, sport, dan matic serta plus minusnya dalam penggunaan sehari-hari. Setelah ini dijamin kalian jadi tahu motor buat sehari-hari yang nyaman dipakai untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

motor untuk sehari hari

1. Motor Bebek

Yamaha Vega Force

*DP mulai dari

Motor bebek memiliki bodi yang pendek dan berat yang standar. Posisi tangki bensinnya ada di bawah jok pengendara, jadi kalau mau isi bensin harus buka jok dulu, sama dengan motor matic ya, brosis.

Transmisi kendaraan biasanya manual, jadi sobat Moladin harus terbiasa mengoper gigi sesuai dengan kondisi jalan. Untuk sistem pengereman, motor bebek hampir sama dengan motor sport, tuas rem terletak di stang dan kaki bagian kanan.

Dari segi perawatan, motor bebek bisa dibilang cukup bandel. Kerusakannya lebih mudah diketahui sehingga biaya perbaikannya di bengkel lebih murah dibanding motor matic. Dan ketahanan spare partnya pun mantap, brosis tidak perlu sering ke bengkel untuk perbaikan.

Bicara soal irit, motor bebek ini adalah juaranya. Jika posisi jalan sudah tidak menanjak dan tarikan gasnya tidak kuat, kalian pasti akan memindahkan gigi motor ke posisi yang lebih rendah. Hal ini membuat perputaran gear jadi lancar dan irit konsumsi bahan bakar.

2. Motor Sport

Kawasaki Ninja 250 FI

*Angsuran mulai dari

Pilihan selanjutnya, motor buat sehari-hari adalah tipe sport. Motor sport bodinya lebih besar dan cukup berat jika dibandingkan dengan motor bebek dan matic. Desainnya juga lebih gahar dan macho jika dibandingkan motor matic dan motor bebek. Terlihat pada tangki bensin motor yang terletak di depan jok dan posisinya menonjol. Selain itu kapasitas tangki bensinnya juga lebih besar jika dibandingkan dengan dua jenis motor tersebut, yakni di atas 10 liter.

Dengan bodi yang besar, bukan berarti motor sport mempunyai bagasi yang besar ya, saudara-saudara. Sobat Moladin akan cukup repot jika membawa motor ini untuk berbelanja karena, brosis harus memasang box tambahan terlebih dahulu kalau tidak ingin menenteng semua belanjaan di tangan.

Transmisi motor sport kebanyakan manual. Sobat Moladin harus mengoper gigi sambil mengatur rem kopling di stang bagian kiri supaya perpindahan gear-nya lebih halus. Segi sistem pengereman, motor sport hampir sama dengan motor bebek. Tuas rem terletak di stang dan kaki bagian kanan.

3. Motor Matic

Yamaha Mio S

*DP mulai dari

Motor matic desain bodinya pendek, ramping dan ringan materialnya. Jadi memang sangat direkomendasikan buat orang Indonesia yang tidak terlalu tinggi jika dibandingkan dengan orang Eropa. Selain itu karena bagian depannya datar, motor matic lebih mudah digunakan untuk mengangkut barang karena kapasitasnya yang luas ya, sob.

Posisi tangki bensinnya sama dengan motor bebek, ada di bawah jok pengendara, jadi kalau sobat Moladin ingin isi bensin harus buka joknya terlebih dahulu. Adapun transmisi motor matic menggunakan sistem otomatis, jadi brosis tinggal tarik gas motor dan motor kamu akan langsung melaju. Soal sistem pengereman, motor matic sedikit berbeda dengan motor bebek dan motor sport. Tuas rem motor matic terletak di stang motor bagian kiri dan kanan.

Konsumsi bahan bakar memang motor matic sedikit lebih boros jika dibandingkan dengan motor bebek, terutama pada saat jalan menanjak. Hal ini dikarenakan perpindahan gigi pada motor matic dilakukan secara otomatis, sehingga mau tidak mau mesin ditarik paksa untuk bekerja lebih keras.

Nah, sudah tahu motor buat sehari-hari yang mana yang kalian mau? Segera cek di Moladin spesifikasi dan harga motor idamanmu ya. Langsung klik beli! Kalau motormu sudah sampai, jangan lupa kasih review atau testimoni ya!

Ingat Motor, Ingat Moladin!

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *