by

5 Motor Custom Terbaik Indonesia yang Mendunia

Indonesia merupakan surga motor custom terbaik. Buktinya, banyak kuda besi garapan builder lokal yang mendapat pengakuan dunia. Entah itu menjadi juara, atau sekadar dipajang di pameran luar negeri.

Sebut saja Skutt buatan Queen Lekha Chopper dan The Stone dari Krom Works. Keduanya sukses masuk 8 besar The King of Motor Bike Expo (MBE) 2018 yang berlangsung di Italia.

Ada pula RCG 545 Chopper karya Ndra King dan The Falcon hasil kerja keras Queen Lekha Chopper. Dua kuda besi itu, berhasil mendapat penghargaan di Yokohama Hot Rod Custom Show 2018 di Jepang.

Tidak hanya itu, motor T-005 Cross produksi Thrive Motorcycle juga mampu mejeng di The Petersen Automotive Museum, Amerika Serikat dari 2018 hingga 2019.

Sebenarnya masih banyak lagi motor custom lain yang mejeng di media-media luar negeri. Hanya saja inilah lima produk hasil pilihan Moladin.

Ingin tahu detail kisah dari kelima motor custom terbaik Indonesia tersebut? Untuk jawabannya, simak bahasan berikut:

1. Skutt – Queen Lekha Chopper

motor custom terbaik
Basisnya Harley-Davidson Shovelhead 1979, sukses masuk posisi 8 besar The King of MBE

Sebagai awal, kami akan bahas Skutt dari Queen Lekha Chopper sebagai motor custom terbaik pertama. Kuda besi berbasis Harley-Davidson Shovelhead 1979 tersebut, awalnya berhasil meraih gelar Best of The Best region Surabaya untuk ajang Suryanation Motorland 2017.

Baca juga  5 Konsep Modifikasi Supra X-125, Mana Pilihanmu?

Kemudian terpilih lagi menjadi The Greatest Bike Suryanation Motorland 2017 alias tingkat nasional. Sebagai pemenang, maka ada kesempatan selanjutnya untuk ikut ajang MBE 2018 di Verona Italia. Di sana, motor ini masuk 8 besar The King of MBE.

Di MBE, Skutt meraih peringkat delapan besar motor custom terbaik hasil penilaian juri. Motor rakitan Yogyakarta tersebut punya keunggulan di tampilan unik. Terutama dengan pelek depan besar ukuran 23 inci serta dikombinasikan ban semi offroad. Ciri khas lain, penggunaan warna hijau yang dominan di bodi motor.

2. The Stone – Krom Works

motor custom terbaik
Tampilannya sungguh menarik karena terbuat dari material full stainless steel

Bukan cuma Skutt yang sukses di MBE 2018, tapi juga The Stone buatan Krom Works. Motor full chrome ini bahkan mendapat juara tiga di kelas Custom Chrome Special Champion Class.

Sebelumnya, The Stone menjadi juara Kustomfest 2017. Basis motor tersebut adlah Harley-Davidson Softail Evolution 1.800 cc keluaran 1995. Keistimewaan datang dari penggunaan material berbahan stainless steel di rangka dan berbagai komponen lain.

Baca juga  7 Modifikasi Yamaha Vixion yang Paling Digemari

“Motor dengan bahan stainless steel terbilang sangat sulit untuk dibentuk. Inilah yang membuat juri kepincut dengan motor asal Jakarta ini,” beber Director Kustomfest, Lulut Wahyudi.

3. T-005 Cross, Motor Custom Terbaik Karya Thrive Motorcycle

t-005 cross motor custom terbaik thrive
Desain yang sangat sederhana, justru jadi kelebihan T-005 Cross garapan rumah modifikasi asal Jakarta

Basisnya adalah Yamaha Scorpio lansiran 2008, hanya saja sudah dirombak total sehingga tidak lagi terlihat wujudnya. Tangan kreatif Indra Pratama dan Barata Dwiputra, menjadikan motor ini begitu berbeda.

Desainnya dibuat kotak-kotak, sangat minimalis. Kemudian untuk area kaki dibuat ala motor trail dengan ban semi pacul dan kaki-kaki jenjang. Proyek T-005 Cross dari Thrive Motorcyle sangat menarik perhatian dunia. Pada 2015 pernah diminta untuk tampil di Jerman, tapi sayang tidak jadi diterbangkan ke sana.

Barulah pada 2018, motor ini resmi mendunia setelah dipamerkan di The Petersen Automotive Museum, Los Angeles, California.

Di Indonesia sendiri, Yamaha Scorpio memang sering dijadikan bahan modifikasi. Kelebihan mesin motor pabrikan garputala ini punya performa yang mantap, sekaligus bandel.

4. RCG 545 Chopper – Ndra King

rcg 545 chopper ndra king
Di bodi motor custom ini ada motif songket khas Palembang

Motor Custom terbaik buatan builder Indonesia selanjutnya adalah RCG 545 Chopper. Kuda besi ini karya Ndra King asal bandung. Sukses mendapatkan penghargaan Yokohama Hot Rod Custom Show 2018 dengan meraih Mooneyes Cool Pick Award.

Baca juga  Smoked Garage Rilis Custom Kit Motor Royal Enfield

Keunggulan motor Chopper tersebut, mengangkat cat berorak songket Palembang untuk menambah cita rasa Nusantara. Sementara untuk dominasi warna, pakai kelir ungu yang sangat menyolok mata.

5. Garuda – Queen Lekha Chopper

motor custom terbaik garuda queen lekha chopper
Tema yang diangkat adalah Garuda, sangat merepresentasikan Indonesia

Queen Lekha Chopper memang rumah custom yang istimewa. Berkali-kali sukses menciptakan motor yang sukses membuat decak kagum masyarakat dunia. Di samping Skutt, mereka juga memiliki Garuda.

Motor custom terbaik bertajuk Garuda ini berhasil memperoleh tiga penghargaan sekaligus di Annual Yokohama Hot Rod Custom Show 2019, Jepang. Penghargaan tersebut antara lain The Boog Zales Pick, Tom Heavy’s Pick, dan FKC Mooneyes Spain Pick.

Sesuai namanya, motor berbasis Harley-Davidson Panhead FL 1952 itu memiliki bentuk mirip burung garuda. Ditambah lagi ada tema batik yang diangkat di sekujur bodinya.

Itulah tadi lima motor custom terbaik di Indonesia yang pernah membuat decak kagum dunia. Dari kelimanya, adakah yang menarik perhatian kamu? Bolehlah jadikan salah satunya inspirasi untuk membuat modifikasi motor kamu sendiri! (LDR)

Terbaru