Serba-Serbi Motor Matic, Si Unik dengan Segudang Keistimewaan

Moladin – Perkembangan zaman memang nyata membawa dampak yang begitu signifikan di berbagai segi kehidupan. Tidak hanya internet yang semakin canggih atau infrastruktur yang semakin memadai, jenis-jenis kendaraan yang hadir menghiasi jalanan pun semakin beragam.

Dahulu, hanya ada kendaraan berjenis manual transmission baik roda empat maupun roda dua. Kini, demi memudahkan mobilitas Anda, hadirlah mobil dan motor dengan transmisi otomatis atau lebih dikenal dengan istilah matic.

Yamaha Lexi DoffJadi pilihan sebagian besar orang karena mudah dikendarai

Berbicara tentang motor, kendaraan satu ini memang tak pernah sepi peminat. Anda bisa melihat, setiap hari berganti mungkin jumlah pengguna motor kian meningkat. Terlebih dengan kondisi jalanan yang semakin padat.

Ya, dibandingkan dengan mobil, motor memang lebih diminati karena harganya yang jauh lebih murah, perawatannya yang jauh lebih mudah, dan bentuknya yang terbilang kecil, sehingga mudah menyalip di celah sempit.

 

Keunggulan Motor Matic Dibandingkan dengan Manual

Bagasi Yamaha LexiMotor jenis ini memiliki kapasitas bagasi besar

Faktanya, motor jenis matic jauh lebih diminati dibandingkan dengan motor manual. Memang, sejak kemunculannya, motor ini langsung mendapatkan tempat terbaik di hati masyarakat. Penjualannya tidak pernah menurun, bahkan semakin meningkat kian waktu daripada motor manual. Sebenarnya, apa sih keunggulan dari motor matic ini?

Ukuran Bagasi yang Lebih Besar

Bagi beberapa pengguna motor, kehadiran bagasi jelas menjadi fitur yang masuk dalam pertimbangan utama kala memilih kendaraan. Faktanya, ukuran bagasi jauh lebih besar dari motor manual, karena mesin motor matic yang memang dibuat lebih compact.

Artinya, Anda bisa menyimpan lebih banyak barang, bahkan beberapa jenis motor matic memiliki bagasi yang bisa digunakan untuk menyimpan helm.

Mudah Dioperasikan

Selain manual dan matic, beberapa motor juga dilengkapi dengan fitur kopling seperti mobil. Jika digunakan untuk berkendara di jalanan yang padat, ini membuat Anda cepat lelah, karena harus berpindah transmisi setiap saat dan menarik kopling setiap waktu. Nah, kehadiran motor matic jelas lebih memudahkan, karena Anda tak perlu lagi memindah transmisi atau selalu menarik kopling. Cukup tarik gas saja.

Motor Semua Kalangan

Mulanya, desain motor dengan transmisi otomatis menyasar pasar wanita, baik remaja, dewasa muda, dan ibu rumah tangga. Tak heran, karena motor manual memang lebih sulit dioperasikan, terutama bagi wanita.

Namun, seiring berjalannya waktu, laki-laki pun memilih motor matic sebagai kendaraan untuk beraktivitas sehari-hari. Lagi-lagi, mudah dioperasikan dan tidak membuat lelah di perjalanan menjadi alasan utamanya.

 

Yamaha Lexi

*DP mulai dari

 

Bensin Lebih Irit?

Benarkah demikian? Memang, irit atau tidaknya bahan bakar motor bergantung pada bagaimana Anda mengendarainya setiap hari. Jika digunakan dalam keadaan konstan, tentu saja bensin akan lebih irit.

Meski begitu, bahan bakar pada motor ini terbilang lebih irit dibandingkan dengan motor manual. Inilah yang membuat orang-orang semakin meminati jenis kendaraan satu ini.

Baca juga;

 

Jangan Asal,  Punya Cara Perawatan Sendiri

Selalu rutin cek aki

Sayangnya, belum banyak yang mengerti bagaimana cara rawat motor matic yang benar. Perawatan yang kurang tepat bikin performa motor cepat alami penurunan, kerusakan pun mudah terjadi. Anda pasti tidak ingin hal tersebut terjadi, bukan? Jadi, simak tips perawatan berikut ini ya!

Panaskan Mesin Sebelum Dipakai

Performa motor akan lebih maksimal jika Anda memanaskan mesinnya lebih dulu sebelum menggunakannya. Bukan tanpa alasan, memanaskan mesin membuat oli yang berada di dalamnya siap untuk melumasi semua komponen mesin dengan sempurna, panaskan mesin setidaknya 10-15 menit, dan gunakan kick starter untuk hindari pemborosan aki.

Jangan Asal Tarik Ulur Gas

Sering kali, pengguna motor matic mengemudi sesuka hati, seperti menarik gas tiba-tiba ketika kecepatan sedang rendah atau menurunkannya mendadak saat dalam kecepatan tinggi. Anda harus tahu bahwa hal ini bisa memperpendek umur mesin dan masa pakai van belt.

Servis Rutin Itu Perlu

Memang benar, dan ini tidak hanya berlaku untuk motor matic, tetapi juga semua jenis kendaraan bermotor. Perawatan atau servis wajib untuk motor matic adalah mengganti olinya, terlebih jika jarak tempuh sudah mencapai 1000 kilometer, sementara untuk oli gardan, penggantiannya disarankan ketika sudah mencapai jarak tempuh 5000 kilometer.

Jangan Lupakan Masa Guna Aki

Tidak hanya itu, memperhatikan masa guna aki juga tidak boleh luput dari perhatian. Memang, cukup sulit melakukan cek akinya, biasanya tanda aki sudah mulai perlu diperbaiki adalah hand starter yang tidak berfungsi dan lampu mulai meredup. Pastinya merepotkan, terlebih kalau harus dihidupkan dengan kick starter.

 

Yamaha Mio S

*DP mulai dari

 

Dengan segala keunggulan dan kemudahannya dalam pengoperasian serta perawatannya, tidak jarang memang jika motor jenis ini lebih diminati ketimbang manual atau kopling. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mengganti motor manual lama dengan motor matic?

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *