Jumat, Maret 29, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Motor Mogok Saat Musim Hujan, Begini Cara Mengatasinya!

by Baghendra Lodra
motor mogok saat musim hujan

Motor Mogok Saat Musim Hujan – Di antara kalian ada nggak yang pernah ngalamin kondisi dimana lagi buru-buru, motor malah “ngambek”? Rasanya ngeselin banget kan, terutama saat musim hujan kayak gini. Nah untuk itu sengaja Jinny buatin artikel gimana caranya mengatasi motor mogok saat musim hujan biar sang kuda besi nggak rewel lagi. Simak baik-baik ya, sob!

Pertama-tama kalian pastikan beberapa poin di bawah ini sudah dalam daftar checklist dan periksa beberapa bagian ini jika motor mogok akibat kehujanan :

1. Periksa Kelistrikan Apabila Motor Mogok

motor mogok saat hujan

Cek Indikator pada Speedometer

Dalam berbagai kejadian, motor mogok saat musim hujan seperti ini biasanya disebabkan oleh kelistrikan yang tidak berfungsi normal sebagaimana mestinya. Apabila tidak menyala meskipun kunci kontak di posisi ON, kalian bisa cek di bagian aki, sob. Biasanya kutub positif dan negatif aki mengalami penumpukan deposit atau kerak putih yang menyebabkan aliran listrik tidak tersalur dengan baik. Peristiwa ini disebabkan oleh air hujan yang masuk melalui celah-celah dan membentuk butiran garam pada kutub aki.

Baca juga  Ketahui Kelemahan Sistem Keyless Pada Motor

[product product=”Honda Vario 150 eSP” images=”https://cdn.moladin.com/motor/honda/Honda_Vario_150_eSP_2087_69907_large.jpg” url=”https://moladin.com/motor/honda/honda-vario-150-esp-matic-4-langkah-sohc-150cc?utm_source=honda_vario_150_esp&utm_medium=blog_motor-mogok-saat-musim-hujan_button_biru&utm_campaign=utm_name%3Dhonda_vario_150_esp” price=”Rp. 1.038.000,-*” description=”*Angsuran mulai dari” button=”AJUKAN SEKARANG”]

Jika kejadian tersebut kalian alami, tinggal kalian copot baut yang berada di kutub aki lalu bersihkan dengan sikat gigi bekas. Dan jangan lupa pasang kembali ke posisi semula dengan mengoleskan gemuk pada masing-masing kutub aki agar tidak terjadi lagi hal seperti di atas.

Baca juga:

2. Cek Tangki Bensin

cek tangki bensin

Air Hujan Bisa Masuk Kedalam Tangki Bensin Menyebabkan Motor Mogok

Kalian pasti sudah tahu jika bensin merupakan hal terpenting yang dibutuhkan oleh mesin, tanpa bensin mesin tidak akan bisa bekerja. Oleh sebab itu sebelum membawa motor kalian ke bengkel, sebaiknya cek dulu apakah pasokan bensin kalian mencukupi. Pastikan indikator bensin pada speedometer kalian berfungsi ya. Atau kalian bisa lihat langsung ke tangkinya dan pastikan tidak ada campuran air di dalam tangki bensin.

Baca juga  Servis Radiator Motor Itu Perlu, Biar Mesin Nggak Overheat

Bagaimana jika ternyata bensin masih cukup banyak tapi motor belum bisa nyala? Bisa jadi tangki bensin kamu kemasukan air. Maka kuraslah dulu bensin yang ada, kemudian isi dengan bensin baru.

3.Busi Mati Sebabkan Motor Mogok Saat Musim Hujan

cek keadaan busi

Busi Motor yang Mati Juga Menjadi Penyebab Motor Mogok Saat Musim Hujan

Nah yang terakhir, kalian bisa beralih pada bagian busi. Bagian ini juga kerap bikin motor mogok saat musim hujan gini sob. Busi yang longgar membuat ruang bakar kemasukan air, sehingga campuran bahan bakar tidak meledak secara sempurna. Cara terbaik adalah dengan memeriksa ujung busi, perhatikan apabila terdapat bekas air segera lap dengan tisu atau kain kering. Lalu cobalah starter motor kalian dengan kondisi busi yang masih dilepas beberapa saat. Kemudian barulah pasang kembali busi ke posisi semula dan pastikan terpasang dengan pas dan kencang.

[product product=”Honda Vario 125 eSP” images=”https://cdn.moladin.com/motor/honda/Honda_Vario_125_eSP_2086_86454_large.jpg” url=”https://moladin.com/motor/honda/honda-vario-125-esp-matic-4-langkah-sohc-silinder-tunggal-125cc?utm_source=honda_vario_125_esp&utm_medium=blog_motor-mogok-saat-musim-hujan_button_biru&utm_campaign=utm_name%3honda_vario_125_esp” price=”Rp. 876.000,-*” description=”*Angsuran mulai dari” button=”AJUKAN SEKARANG”]

Busi udah terpasang tapi kok tetep nggak bisa nyala? Bisa jadi busi kalian udah mati sob. Cara ceknya gampang, lepas busi dari mesin lalu tancapkan pada cop busi. Kalo udah, tempelkan busi pada bodi motor kemudian nyalakan kunci kontak ke posisi “ON” lalu pencet tombol starter. Apabila busi tidak mengeluarkan percikan api sama sekali bisa jadi busi kalian mati. Namun, cek juga kabel busi atau kabel koil pastikan tidak ada yang terlepas atau putus. Jika motor tetap tidak mau menyala berarti motor kalian harus ditangani oleh orang yang lebih berpengalaman (baca : bengkel).

Baca juga  Supaya Safety Saat Riding Sebaiknya Jangan Gunakan GPS

Baca juga :

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika