by

10 Motor Paling Nyaman untuk Jarak Jauh Versi Murah!

Bicara motor paling nyaman untuk jarak jauh, tidak melulu harganya harus mahal. Versi murah pun banyak bertebaran di pasar otomotif Indonesia.

Motor yang nyaman kuncinya cuma dua yaitu posisi berkendara rileks dan performa mesin mantap. Jadi motor sport full fairing perlu minggir dulu. Pasalnya meski punya kompetensi mesin istimewa, tapi pengendara harus menunduk kalau menungganginya. Tentu ini mengurangi kenyamanan ketika berkendara jarak jauh.

Kemudian motor berkapasitas mesin di bawah 150 cc juga perlu menepi. Hal ini lantaran dengan kubikasi 110 cc atau 125 cc, performanya kurang mumpuni. Apalagi dalam perjalanan jarak jauh, barang bawaan pasti banyak dan medan yang dilewati beragam. Mesin 150 cc ke atas dianggap yang paling pas untuk beban tersebut.

Lalu soal jenisnya, motor paling nyaman untuk jarak jauh bisa bermacam-macam. Misal di kelas motor matik ada Yamaha Nmax dan Honda Forza 250. Kemudian di segmen cruiser ada Benelli Patagonian 250 EFI, SM Sport V16. Keduanya paling pas untuk melibas dominasi jalanan aspal.

Kalau rute perjalanan kamu kombinasi aspal dan non-aspal bisa pilih motor khusus touring seperti Kawasaki Versys-X250, Benelli TRK 251, Viar Vortex 250, dan lain-lain. Salah satu keunggulan motor touring adalah penggunaan ban dual purpose yang bisa melewati berbagai medan jalan. Kemudian kaki-kaki jenjang sehingga ground clearance tinggi, sehingga bodi bawah tidak mudah bersinggungan dengan jalan.

Ingin tahu lebih detail soal pilihan motor paling nyaman untuk jarak jauh dan murah? Simak rekomendasi produknya berikut ini:

1. Yamaha Nmax

motor paling nyaman untuk jarak jauh
Salah satu kelebihan Nmax varian tertinggi, suspensi belakang bisa diatur tingkat kekerasannya.

Siapa tidak kenal Yamaha Nmax? Kuda besi pabrikan garpu tala ini begitu populer di Indonesia, sekaligus menjadikannya salah satu motor paling nyaman untuk jarak jauh.

Kelebihan Nmax 155 salah satunya ada di pijakan yang luas. Hal ini menjadikan kaki kamu bisa meregang sehingga posisi berkendara jadi sangat rileks. Dengan jarak sumbu roda panjang dan ban lebar, Nmax begitu nyaman ketika dipakai bermanuver di tikungan.

Soal performa mesin tidak perlu diragukan. Pabrikan garputala memberinya kubikasi 155 cc berteknologi VVA dan pendingin cairan. Sanggup menghasilkan tenaga maksimal mencapai 15,15 hp/8.000 rpm dan torsi puncak 13,9Nm/6.500 rpm.

Nmax juga memiliki bagasi di bawah jok yang sangat luas, di dalamnya kamu bisa menyimpan berbagai barang bawaan saat touring. Ditambah lagi kini sudah tersedia power charger di kompartemen depan. Fitur tersebut bisa kamu gunakan untuk mengisi daya smartphone saat berkendara, sekaligus sebagai sumber tenaga untuk peranti navigasi.

Baca juga  Spesifikasi Suzuki Saluto 125, Skutik Retro Rival Honda Scoopy

Terkait harga, Yamaha Nmax dijual sekitar Rp 30 jutaan. Murah bukan?

2. Honda ADV 150

motor paling nyaman untuk jarak jauh
Motor ini mengombinasikan gaya motor matik dan adventure jadi satu.

Motor paling nyaman untuk jarak jauh selanjutnya adalah Honda ADV 150. Keunggulannya punya ban dual purpose dan kaki-kaki jenjang. Dengan begitu, kamu tidak perlu ragu saat melewati medan jalan yang beragam.

Fitur-fiturnya juga tidak beda jauh dari Nmax. Ada power charger dan bagasi luas yang sangat mendukung touring. Kemudian soal performa mesin, memang tidak sebuas Nmax, namun cukup. Di atas kertas jantung mekanis 150 cc Honda ADV 150 bisa mengeluarkan tenaga 14,5 PS pada 8.500 rpm dan torsi puncak 13,8 Nm pada 6.500 rpm.

3. Benelli Patagonian 250 EFI

motor paling nyaman untuk jarak jauh
Kuda besi bergaya cruiser punya posisi berkendara yang nyaman.

Motor cruiser memang diciptakan untuk berkendara jarak jauh. Bagaimana tidak? Hal ini tampak dari posisi berkendara yang begitu rileks.

Pijakan kaki agak ke depan, jok rendah, dan setang tinggi jadi ciri khas. Di tambah lagi Benelli Patagonian 250 EFI memiliki kubikasi mesin 250 cc. Tentunya soal performa tidak perlu diragukan.

Kelebihannya juga dapat dilihat dari tampilan. Sosoknya benar-benar klasik dengan pengunaan pelek jari-jari, lampu bulat, dan bodi telanjang.

Soal banderol tidak perlu takut mahal. Benelli Patagonian 250 EFI sebagai salah satu motor paling nyaman untuk jarak jauh cuma dijual Rp 40 jutaan.

4. SM Sport V16

motor paling nyaman untuk jarak jauh
Motor SM Sport V16 punya tampilan yang sungguh mirip Harley-Davidson.

Motor paling nyaman untuk jarak jauh berikutnya adalah SM Sport V16. Kuda besi ini punya spesifikasi mirip dengan Benelli patagonian Eagle. Bedanya konfigurasi mesin mirip huruf V, jadilah tampilannya seperti Harley Davidson.

Padahal SM Sport V16 merupakan motor blasteran Cina dan Malaysia. Soal kelebihannya, sudah ada fitur modern seperti anti-lock braking system (ABS), panel instrumen digital, dan lampu depan proyektor.

Oleh karena itu, harganya lebih mahal dari Benelli Patagonian 250 EFI. Banderol SM Sport V16 mencapai Rp 50 jutaan.

5. Viar Vortex 250

motor paling nyaman untuk jarak jauh
Desainnya begitu gagah dan harganya cukup terjangkau, inilah kelebihan Viar Vortex 250.

Buat kamu yang belum tahu Viar, ini merupakan merek motor lokal. Produksinya dilakukan di dalam negeri. Walau demikian, Viar kerap pula melakukan rebranding dari motor Cina.

Contohnya adalah Viar Vortex 250 selaku salah satu motor paling nyaman untuk jarak jauh. Kuda besi ini di Cina dikenal dengan nama Zongshen RX3. Hanya saja ketika dipasarkan di Indonesia, namanya diubah oleh Viar.

Salah satu keunggulannya sebagai motor touring, sudah dilengkapi berbagai aksesori. Ada hand guard, engine guard, dan winshield. Viar juga memberi tambahan boks samping, tentunya aksesori tersebut sangat penting untuk bisa meletakkan berbagai barang bawaan saat melakukan perjalanan jarak jauh. Soal harga, Vortex 250 dijual Rp 50 jutaan.

Baca juga  Kejutan Yamaha 15 April 2020, Peluncuran Mio Terbaru?

Ketangguhan Viar Vortex juga pernah diuji oleh salah satu petualang asal Indonesia, Gunadi dengan menembus 15 ribu Km dari Jakarta ke Himalaya. Istimewa bukan?

6. Kawasaki Versys-X250

motor adventure
Versys-X250 pakai konfigurasi mesin dua silinder.

Pelopor motor touring 250 cc di Indonesia, tidak lain adalah Kawasaki Versys-X250. Bicara soal kelebihannya, kuda besi ini telah dijajal langsung oleh petualang Tanah Air bernama Stephen Langitan dari Jakarta ke London. Alhasil kemampuannya tidak perlu diragukan lagi sebagai motor paling nyaman untuk jarak jauh.

Keunggulan lain dari Versys-X250 adalah dilengkapi boks samping di kanan dan kiri jok. Fungsi boks tersebut untuk meletakkan berbagai barang bawaan selama bertualang. Ada pula engine guard, hand guard, dan DC outlet.

Jika kamu tertarik, harga Kawasaki Versys-X250 mencapai Rp 67 jutaan.

7. Benelli TRK 251

Benelli TRK 251
Kelebihan Benelli TRK 251 punya banyak fitur modern dibanding rival.

Pabrikan blasteran Italia dan Cina juga punya motor paling nyaman untuk jarak jauh yaitu TRK 251. Ini merupakan rival dari Kawasaki Versys-X250 dan Viar Vortex 250. Harganya mencapai Rp 50 jutaan.

Ada beberapa keunggulan yang dipunya motor Benelli dibanding kompetitor. Salah satunya dalam hal fitur modern. Kuda besi ini punya panel instrumen full digital, mampu hadirkan visual yang jernih mengenai segala hal tentang motor. Ada pula sistem pencahayaan lampu depan dengan LED proyektor. Di samping hemat daya, LED proyektor juga sanggup memberi pendaran cahaya yang lebih fokus ke tujuan tertentu.

Bukan cuma itu, Benelli TRK 251 punya port USB dan anti-lock braking system (ABS). Guna port USB memudahkan pengendara bila ingin mengisi daya smartphone, bisa juga menjadi sumber daya buat peranti navigasi. Sementara ABS sanggup mencegah roda terkunci saat pengendara melakukan pengereman mendadak. Dengan ABS diharapkan pengendara masih bisa mengendalikan motor dan terhindar dari potensi kecelakaan di depan.

8. Honda PCX 150

motor paling nyaman untuk jarak jauh
Rival Yamaha Nmax ini juga nyaman untuk berkendara jarak jauh.

Sesungguhnya Honda PCX 150 merupakan salah satu pilihan motor paling nyaman untuk jarak jauh. Alasannya jelas, skutik ini punya posisi berkendara nyaman dengan pijakan kaki luas untuk meregang, persis Nmax.

Di samping motor matik punya cara berkendara yang sangat sederhana. Cukup buka selongsong gas, maka motor bisa melaju. Beda dengan motor kopling yang perlu tekan tuas dan ganti gigi. Tentunya ini membuat pengendara lebih santai.

Baca juga  Honda Africa Twin Terbaru Dapat Banyak Ubahan, Cek Nih!

Kelebihan lain, bagasi Honda PCX 150 cukup besar sehingga mampu menampung berbagai barang bawaan selama bertualang.  Soal mesin juga tidak perlu diragukan, pakai kapasitas 150 cc dengan pendingin cairan yang irit dan juga mumpuni untuk melewati berbagai medan jalan.

9. Yamaha Xmax 250

motor paling nyaman untuk jarak jauh
Xmax merupakan kakak dari Nmax dengan mesin 250 cc.

Bila Yamaha Nmax dirasa kurang nyaman, kamu bisa jajal sang kakak yaitu Xmax 250. Skuter ini juga masuk ke rekomendasi motor paling nyaman untuk jarak jauh. Di samping punyar posisi berkendara nyaman. Jantung mekanisnya juga pakai kubikasi 250 cc yang otomatis lebih bertenaga.

Kapasitas bagasi Xmax 250 pun lebih besar lagi, bisa memuat dua helm full face. Lalu untuk windshied, bisa diatur ketinggiannya secara manual oleh pengendara. Dengan semua kelebihan tersebut, Yamaha menjual Xmax 250 dengan harga Rp 61 jutaan.

10. Honda Forza 250

honda forza 250
Harga Forza lebih mahal dari Xmax karena masih impor

Ada Yamaha Xmax, tentu ada Honda Forza 250. Wajar saja karena ini merupakan rival abadi. Spesifikasi keduanya pun mirip. Pakai mesin 250 cc, punya fitur kendali traksi, pencahayaan LED, keyless, hingga bagasi yang muat dua helm full face. Maka wajar kalau juga masuk ke dalam rekomendasi motor paling nyaman untuk jarak jauh.

Ada satu keunggulan Honda Forza 250 dibanding kompetitornya. Motor berlogo sayap ini sudah full elektrik untuk mengatur ketinggian windshield. Alhasil terasa lebih premium. 

Walau demikian, harga Forza 250 jauh di atas Xmax. Motor Honda ini dipasarkan Rp 83 juta. Kenapa mahal? Salah satu alasannya karena masih diimpor dari Thailand. Sementara Xmax merupakan rakitan lokal.

Motor Paling Nyaman untuk Jarak Jauh Versi Mahal

motor paling nyaman untuk jarak jauh
Tmax merupakan salah satu motor paling nyaman untuk jarak jauh versi mahal, banderolnya tembus Rp 300 jutaan.

Kalau bicara untuk bujet terbatas, tentu rekomendasi di atas sudah cukup bila kamu ingin membeli motor paling nyaman untuk jarak jauh. Hanya saja kalau dirasa kamu ingin yang lebih mewah lagi, sesungguhnya pasar otomotif Indonesia juga menyediakannya.

Versi mahal dari motor adventure sangatlah beragam. Ada BMW R1200GS, Honda CRF1000L Africa Twin, dan Triumph Tiger 900 Rally.  Lalu untuk segmen matik, pilihannya pun banyak. Tersedia BMW C650GT, Yamaha Tmax DX, Jika kamu tertarik dengan versi cruiser, tersedia Honda Goldwing, BMW K1600B, dan berbagai produk Harley-Davidson.

Hanya saja memang soal harga, motor-motor tersebut ada di atas Rp 300 jutaan. Siapkan kocek kamu, sebelum membelinya ya!

Comment

Leave a Reply

Terbaru