oleh

MPV 7-Seater Kia KY Uji Jalan, Siap Lawan Xpander!

Pasar MPV memang cukup menggiurkan, terutama di Indonesia. Oleh karenanya pabrikan asal Korea Selatan melirik segmen tersebut. Sebelumnya ada Hyundai dengan Stargazer. Kini giliran MPV 7-Seater Kia yang ketahuan diuji jalan.

“Mobil ini punya kode nama KY yang dikembangkan oleh Kia Motors. Bodinya tidak terlalu besar, tapi dikatakan memiliki tiga baris bangku dengan tujuh jok di dalamnya,” seperti dikutip dari laman autospy.net.

Kemunculan produk dari Kia ini ditengarai sebagai kembaran dari Hyundai Stargazer. Dua mobil tersebut memiliki platform sama, tapi hadir dengan merek yang berbeda. Kurang lebih seperti Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza atau Mitsubishi Xpander dan Nissan Livina.

Walau begitu, melihat tampilan MPV 7-Seater Kia sepertinya tidak bakal terlalu mirip Hyundai Stargazer. Aura SUV sepertinya lebih dominan di sini.

Terbukti dari penggunaan roof rail yang merupakan ciri dari sebuah SUV. Lalu bodi mobil Kia juga dibuat lebih mengotak, sehingga ada kesan kekar.

Sosok MPV yang punya rasa SUV memang cukup menarik di pasar otomotif Tanah Air. Terbukti dari kemunculan Mitsubishi Xpander yang benar-benar bisa mendobrak dominasi dari Toyota Avanza.

Baca juga  Suzuki Ertiga dan XL7 Hybrid Siap Hadir di Indonesia

Fitur-Fitur di MPV Kia KY

mpv 7-seater kia ky
Kia KY disebut-sebut sebagai kembaran dari Hyundai Stargazer

MPV 7-Seater Kia juga ramai dibicarakan oleh media di India. Mereka bahkan sudah bisa memprediksi kemunculan Kia KY sekitar awal 2022.

Kemudian untuk mesin yang bakal digunakan, wartawan otomotif dari Negeri Bollywood memperkirakan ada dua opsi: 1.5-liter turbo diesel dan 1.5-liter bensin. Padanannya adalah transmsisi 6-percepatan manual atau 6-percepatan otomatis.

Bicara fitur-fitur mobil MPV 7-Seater Kia ini, dari gambar spyshot tampak bahwa ada penggunaan lampu daytime running light. Lalu di atap tersedia sunroof yang notabene ciri khas dari mobil-mobil Kia.

Jika benar Kia KY akan muncul di Indonesia, tentunya dari sisi fitur harus diperhatikan oleh pabrikan asal Korea Selatan. Pasalnya jangan sampai memunculkan mobil LMPV yang terkesan murahan.

Apalagi para kompetitor seperti Mitsubishi Xpander dan Toyota Avanza terus berbenah. Sebut saja bocoran yang kami terima, keduanya siap memperoleh mesin hybrid pada masa yang akan datang.

Jadi kalau MPV 7-Seater Kia bakal hadir, harusnya opsi untuk menjadi kendaraan elektrifikasi perlu untuk dicanangkan sejak dini. Alhasil nati pada saat meluncur, tidak jadi kendaraan yang justru ketinggalan zaman dibanding para rival.

Baca juga  Beda 3 Varian Wuling Cortez CT, Mana yang Layak Beli?

Satu lagi yang perlu diperhatikan oleh Kia adalah harga jual. Masuk ke segmen LMPV, tentu harus bisa menghadirkan kendaraan keluarga yang benar-benar nyaman tapi di sisi lain banderolnya harus ditekan.

Apalagi para petahana di kelas ini terbukti mampu menyajikan mobil dengan harga murah. Salah satunya adalah Wuling dengan Confero S. Oleh karenanya, supaya harga MPV 7-Seater Kia KY bisa benar-benar ditekan, mobil tersebut perlu diproduksi di Tanah Air. Kalau masuk melalui jalur impor, tentu akan mahal harganya.

Terbaru