by

Waspada, Ini Sebab Munculnya Karat di Tangki Bensin, Sob!

Selamat menyambut musim hujan, sobat Moladin! Pastikan motor kalian sudah dipersiapkan sebaik-baiknya dalam menyambut musim hujan ya, terutama motor sport. Soalnya tangki bensin motor rawan terhadap karat lho, khususnya motor tipe sport yang letaknya di luar.

Waduh, bagaimana caranya ya supaya tangki motor sport terhindar dari karat? Nah, ini dia beberapa tips supaya tangki bensin motor kesayangan nggak karatan. Yuk simak lebih lanjut.

[product product=”Kawasaki KLX 150″ images=”https://cdn.moladin.com/motor/kawasaki/Kawasaki_KLX_150_9491_88525_large.jpg” url=”hhttps://moladin.com/motor/kawasaki/kawasaki-klx-150bf-sports-air-cooled-4-stroke-single-150cc?utm_source=kawasaki_klx_150&utm_medium=blog_muncul-karat-di-tangki-bensin_button_biru&utm_campaign=utm_name%3Dkawasaki_klx_150″ price=”Rp. 1.347.000,-*” description=”*Angsuran mulai dari” button=”AJUKAN SEKARANG”]

Tips Pertama, Jangan Biarkan Air Hujan Mengering Di Atas Tangki

karat di tangki bensin
Sering Terkena Hujan, Bibir Tangki Bensin Rentan Serangan Karat

Segera siram dengan air bersih dan lap area tangki menggunakan kanebo bersih setelah motor kalian kehujananan. Hal ini dikarenakan air hujan sifatnya asam, sob. Air yang bersifat asam ini adalah salah satu pemicu timbulnya karat di tangki motor kesayangan kalian atau bahkan di bagian-bagian motor yang lain.

Kedua, Usahakan Tangki Bensin Selalu Terisi

tangki bensin unik
Tangki Bensin Unik Yang Terbuat Dari Kaca

Jangan biarkan tangki motor kalian sampai kering kerontang, sob. Kekosongan di ruang tangki ini membuat ada ruang tersisa di tangki yang diisi oleh udara. Nah udara biasanya membawa uap air, dan uap air yang mengembun ini lama-kelamaan bisa membuat dinding tangki motor sport kalian berlubang.

[product product=”JPX X12 Blast Fluorescent Green Doff Black” images=”https://cdn.moladin.com/apparel/helm/X12_Blast_Fluorescent_Green_Doff_Black_25381_86468_large.jpg” url=”https://moladin.com/apparel-motor/helm/jpx-x12-ablast-fluorescent-green-doff-black?” price=”Hanya 500 ribu ” button=”Klik di sini untuk beli”]

Baca juga  3 Pilihan Merek Sokbreker Matik Paling Diburu Biker

Perhatikan Kondisi Karet Penutup Tangki

Karet penutup tangki
Komponen Ini Cukup Sakti Untuk Mencegah Air Masuk Ke Dalam Tangki

Sering kejadian tuh, sob, saat menutup tangki motor seal-nya kurang rapat sehingga air masuk ke dalam tangki dan mengendap di bagian bawah tangki. Lama kelamaan air ini bisa menimbulkan karat dan bisa mengakibatkan kebocoran terhadap tangki bahan bakar. Hal ini dimungkinkan karena massa alias berat jenis air itu lebih berat jika dibandingkan dengan bensin, sob. BIasanya yang mengalami ini motor sport Honda Tiger.

Lakukan Hal Ini Jika Terlanjur Berkarat

Kalau sudah terlanjur berkarat, kalian bisa menghilangkan kerak karat tersebut dengan dengan cara yang murah meriah, yaitu menggunakan cuka. Pertama-tama tangki motor harus dilepaskan dari motor, kemudian kuras tangki motor hingga kosong dan bersih. Setelah itu, isi tangki motor sport kalian dengan air cuka hingga penuh, diamkan seharian. Setelah itu bilas dan kocok tangki motor dengan bensin sampai bersih. Keringkan. Karat di motor kalian dijamin sudah hilang. Cara ini berfungsi untuk karat yang baru ya, bukan karat yang sudah mengerak.

Selama musim hujan ini, Kalian juga harus persiapkan mantel jas hujan untuk proteksi diri, serta lap kanebo bersih untuk mengeringkan motor setelah kehujanan, sob.

[product product=”Kawasaki D-Tracker X” images=”https://cdn.moladin.com/motor/kawasaki/Kawasaki_DTracker_X_9523_52887_large.jpg” url=”https://moladin.com/motor/kawasaki/kawasaki-d-tracker-x-250-sports-4-tak-single-pendingin-cairan-250cc?utm_source=kawasaki_d-_tracker_x&utm_medium=blog_muncul-karat-di-tangki-bensin_button_biru&utm_campaign=utm_name%3Dkawasaki_d-_tracker_x” price=”Rp. 2.684.000,-*” description=”*Angsuran mulai dari” button=”AJUKAN SEKARANG”]

Baca juga  8 Sebab Motor Susah Starter, Ternyata Begini Solusinya

Gimana, sudah jelas kan informasi dan tips dari, Jinny? Selamat menyambut hujan, sob. Stay safe ya, jalanan banyak yang licin soalnya. Jinny pamit dulu. Ingat Motor, Ingat Moladin!

Baca juga artikel lainnya :

Terbaru