Kamis, Maret 28, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Naik Motor Tanpa Aki? Kenali Efek Negatifnya Nih!

by Baghendra Lodra
ciri-ciri spul motor lemah

Moladin – Peran aki di sepeda motor sangatlah vital, khususnya di motor karburator. Aki punya fungsi menyediakan listrik, sementara untuk kelistrikan sepeda motor sudah disuplai oleh spul. Jadi kebayang dong kalao motor tanpa aki itu gimana?

Meskipun pada dasarnya kalau motor masih akan menyala saat kondisi tanpa aki, tapi ingat ada beberapa efek negatifnya lhooo, jadi kenali dulu efeknya ya!

 

[product product=”TVS Apache RR 310″ images=”https://cdn.moladin.com/motor/tvs/TVS_Apache_RR_310_24999_85724_large.jpg” url=”https://moladin.com/motor/tvs/tvs-apache-rr-310″ price=”Rp. 2.082.000,-*” description=”*Angsuran mulai dari” button=”AJUKAN SEKARANG”]

 

Sulit Hidupkan Mesin

Salah satu risiko yang pengendara motor alami itu adalah sulit untuk menghidupkan mesin. Biasanya jika menggunakan aki, menghidupkan mesin jadi perkara mudah ya, Moladiners. Karena menggunakan elektrik starter.

Tapi kalau ujung-ujungnya nekat gak pakai aki, apa jadinya? Pastinya harus menghidupkan mesin dengan menggunakan kick starter, yang bikin capek. Sebab elektrik starter ini memerlukan tenaga listrik dan yang menyediakan listrik ketika mesin mati cuma aki.

sulit hidupkan motorSulit hidupkan mesin motor | Foto: liputan6

 

Baca juga  Ingin Kredit Motor Yamaha? Simak Tipsnya dari Moladin!

Lampu Sein Tidak Berkedip

Nah, ada hal lain yang bisa membahayakan kalau Moladiners nekat menggunakan motor tanpa aki. Kondisi ini bisa sebabkan sein tidak mau berkedip, padahal ini merupakan penanda saat hendak menikung.

lampu sein tidak berkedipLampu sein jadi tidak berkedip | Foto: Moladin

Kondisi lampu sein yang gak mau berkedip dikarekan kurangnya tegangan listrik sehingga kinerja flasher jadi tidak maksimal. Lalu kok bisa tegangan listrik berkurang? Disebabkan karena RPM mesin rendah, jadi tegangan listrik yang dihasilkan spul juga ikut-ikutan rendah sob.

 

[product product=”TVS Callisto” images=”https://cdn.moladin.com/motor/tvs/TVS_Callisto_24997_85679_large.jpg” url=”https://moladin.com/motor/tvs/tvs-tvs-callisto” price=”Rp. 668.000,-*” description=”*Angsuran mulai dari” button=”AJUKAN SEKARANG”]

 

Lampu Motor Redup

Sama seperti efek negatif sebelumnya, posisi mesin dalam keadaan RPM rendah, listrik yang dihasilkan juga minim, sehingga kelistrikan motor jadi tidak maksimal. Hal ini mengakibatkan lampu motor jadi redup dan hanya terang saat motor kita gas.

lampu motor redupTanpa aki lampu motor jadi redup | Foto: Moladin

Bagaimana Moladiners? Sudah kebayang kan gimana bahayanya kalau memaksakan motor tanpa aki. Pastinya motor yang menggunakan aki saat dijalankan sudah paling nyaman dan aman ya…

Baca juga  Klakson Mati Jangan Langsung Diganti, Cek Dulu Komponen Ini

Baca juga;

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika