Jumat, Maret 29, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

New Honda Civic Type R, Mobil Resmi Tim Formula 1

by Tigor Sihombing
New Honda Civic Type R

New Honda Civic Type R menjadi kendaraan resmi tim balap Formula 1. Adalah Red Bull Racing dan Scuderia AlphaTauri,  yang jadi tempat mengabdi New Honda Civic Type R selama beberapa musim.

Nantinya mobil New Honda Civic Type R bakal digunakan untuk mendukung aktivitas tim balap andalan Honda tersebut.

Honda melalui keterangan resminya Kamis, (5/8/2021) mengatakan tim balap asal Italia, Scuderia AlphaTauri bahkan sudah menggunakan New Honda Civic Type R sebagai official car mereka sejak tahun 2020 lalu.

Tim Scuderia AlphaTauri sendiri adalah metamorfosa dari pendahulunya yaitu tim Scuderia Toro Rosso yang membalap di F1 mulai dari tahun 2006 hingga tahun 2019. 

Sementara tim Scuderia Toro Rosso sendiri sudah memulai kerjasama eksklusif dengan Honda sejak tahun 2018. Kerjasama tersebut berlanjut pada tahun 2020 hingga kini.

Pada tahun 2021, tim Scuderia AlphaTauri diperkuat oleh duet pembalapnya; Pierre Gasly dan Yuki Tsunoda.

“Sementara bagi tim Red Bull Racing, tahun 2021 ini merupakan pertama kalinya tim Red Bull Racing menggunakan official car dari Honda, salah satunya New Honda Civic Type R ini,” tulis Honda

Baca juga  Komunitas Mobil Honda Berikan Fasilitas Cuci Tangan ke Monas

Tim Red Bull Racing sudah menggunakan mesin balap Honda pada mobil  F1 sejak tahun 2019 dan pada musim balap 2021 ini diperkuat oleh duet pembalapnya; Max Verstappen dan Sergio Perez.

Performa New Honda Civic Type R

New Honda Civic Type R

Seperti diketahui, sedan New Honda Civic Type R  yang dipilih sebagai official car kedua tim tersebut telah membuktikan kemampuannya dengan menjadi mobil berpenggerak roda depan tercepat di sirkuit Nurburgring, Jerman.

Catatan waktunya 7 menit 43,80 detik pada tahun 2017 lalu dan dilanjutkan di sirkuit Suzuka, Jepang pada tahun 2020 lalu dengan catatan waktu 2 menit, 23,933 detik.

New Honda Civic Type R menggunakan mesin 2.0 liter VTEC Turbo dengan tenaga maksimal 310 PS pada 6.500 rpm dan torsi maksimal 400 Nm pada 2.500 – 4.500 rpm.

Tenaga ini disalurkan melalui transmisi manual 6 percepatan yang telah disempurnakan oleh rev match system yang memungkinkan mobil mempertahankan tenaga maksimumnya saat perpindahan gigi.

New Honda Civic Type R juga dilengkapi sasis, suspensi, dan kemudi yang lebih responsif dan juga stabilitas kecepatan tinggi yang telah ditingkatkan.

Baca juga  7 Keunggulan Honda BR-V, Calon Konsumen Wajib Tahu!

New Honda Civic Type R di Indonesia

Di Indonenesia. New Honda Civic Type R di dipasarkan secara resmi oleh  PT Honda Prospect Motor (HPM). Model ini meluncur pada 7 Mei 2021 lalu.

New Honda Civic type R hadir dengan desain lebih sporty dan agresif di banding pendahulunya. Selain itu ada juga beberapa perubahan pada bagian eksterior dan interior.

Di Indonesia, harga New Honda Civic Type R ditawarkan Rp 1,177 miliar on the road.  Mobil tersebut hadir dalam 3 pilihan warna yaitu Rallye Red, Brilliant Sporty Blue Metallic, dan Championship White. 

Demikian ulasan terkait New Honda Civic Type R yang menjadi kendaraan resmi tim balap mobil F1. Simak terus Moladin.com untuk mendapatkan update konten seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika