oleh

Nissan Fairlady Z Gen VII Siap Meluncur, Berapa Harganya?

Nissan Fairlady Z Gen VII siap meluncur di pasar Jepang. Sports car tersebut rencananya akan resmi dirilis pada bulan Juli 2022.

Mobil yang satu ini dikabarkan akan hadir dengan mesin V6 3.0 turbo liter. Diklaim mampu mengeluarkan tenaga hingga 400 hp dengan kombinasi transmisi 6-speed manual atau 9-speed otomatis.

Seperti dikutip dari carscoops, harga mobil varian entry level Nissan Fairlady Z Gen VII ada dikisaran  5.241.500 Yen atau setara Rp 589,36 jutaan. Kemudian untuk varian tertingginya yaitu Fairlady Z Version ST automatic dibanderol 6.462.500 Yen atau setara Rp 727.50 jutaan.

Jika dibandingkan dengan rivalnya Toyota GR Supra RZ yang mengusung mesin 6-silinder, harga dari Nissan Fairlady Z Gen VII lebih murah Rp 9,6 jutaan. Sebagai informasi, harga dari Toyota GR Supra RZ adalah 7.313.000 Yen atau setara Rp 823,57 jutaan.

Menarik bukan? Apalagi kalau nanti Nissan Farilady Z terbaru ini hadir di Indonesia. Pasti laris manis diburu kolektor. Maklum desainnya istimewa, juga performanya mantap.

Sekilas Perjalanan Nissan Fairlady Z

Nissan Fairlady Z Gen VII
Nissan Fairlady Z

Fairlady adalah nama julukan yang begitu melegenda dari sebuah Varian produksi Nissan, sebuah pabrikan asal Jepang yang dahulu menggunakan nama, Nissan-Datsun sebagai nama brand mereka.

Baca juga  Akhirnya Ada Nissan March Facelift, Ini Wujudnya!

Kisah Nissan Fairlady Z ini berawal pada tahun 1969 ketika Nissan-Datsun pertama kali memproduksi tipe Z mereka, yang diberi nama 240Z. Di negeri asal mereka, Jepang, mobil sport ini cepat menjadi mashur dan langsung mendapat julukan Fairlady Z. Dan nama inilah yang menjadi cikal bakal julukan Fairlady yang melegenda.

Mesin V8 yang sejak lama diusung pun juga menjadi sebuah alasan kenapa Fairlady begitu dicari. Sebab, jenis mesin ini memang telah lama disukai oleh para penggila kecepatan, karena dianggap memiliki karakter performa yang memuaskan.

Sepak terjang Fairlady pun berlanjut dengan hadirnya 280ZX pada tahun 1979. Versi ini mendapat sambutan yang cukup baik dari para pecinta otomotif dunia. Masih belum puas, Nissan kemudian kembali merilis seri 300ZX .

Fairlady seri terbaru ini tampilannya mewah serta performa mesin yang mumpuni. Bahkan kombinasi kemewahan tampilan dan performa mesinnya sempat disejajarkan dengan sebuah kapal pesiar yang berjalan di daratan.

Memasuki era Millenium, Nissan kembali menghadirkan sebuah kendaraan yang ditujukan untuk bernostagia terhadap legendanya. Mobil tersebut lahir dengan nama 350Z. Sambutan yang didapat pun ternyata masih juga tidak surut.

Baca juga  Daftar Harga Nissan Serena Bekas, Mulai Rp 35 Juta

Tak lama kemudian, Nissan juga kembali merilis Fairlady 370Z. Sports car ini mengadopsi mesin 3.7L VQ37VHR V6 yang dikombinasikan dengan transmisi 7-speed otomatis atau 6-speed manual yang dapat menyemburkan tenaga maksimum 332 hp.

Untuk bagian kaki-kaki, Fairlady 370Z menyematkan Fine-Tune Double Wishbone dan Stabilizer Bar pada sisi depan serta Multilink pada suspensi belakang. Nissan mengklaim bahwa racikan suspensi ini memiliki performa yang lebih empuk dan responsif dibanding generasi sebelumnya.

Tak lupa, Viscous Limited Slip juga dihadirkan yang memastikan tenaga dari mesin dapat tersalurkan dengan baik ke arah roda.

Moladiners, itulah ulasan mengenai Nissan Fairlady Z Gen VII siap meluncur di Juli 2022. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Terbaru