Jumat, April 19, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Sudah Tahu? Ternyata Oli Bekas Punya Dampak Buruk Buat Rantai Motor

by Baghendra Lodra
bersihkan Bagian Rantai

Hai, Sobat Moladin! Apa kabar, mudah-mudahan sehat sehat selalu walaupun panas terik sering melanda di musim kemarau ini. Kalau kamu aja bisa merasa kekeringan di musim kemarau, demikian juga dengan rantai motor kalian, sob. Rantai motor bisa terasa kering kalau terus-terusan dipakai.

Solusinya, kalian harus segera memberikan pelumas saat rantai motor terlihat kering, karena rantai yang kering bisa menimbulkan karat. Nah jangan sampai menggunakan oli bekas untuk melumuri rantai kalian ya.

[product product=”Yamaha Xmax 250″ images=”https://cdn.moladin.com/motor/yamaha/Yamaha_Xmax_250_9907_79511_large.jpg” url=”https://moladin.com/motor/yamaha/yamaha-xmax-250-premium-matic-4-stroke-sohc?utm_source=yamaha_xmax_250&utm_medium=blog_oli-bekas_button_biru&utm_campaign=utm_name%3Dyamaha_xmax_250″ price=”Rp. 4.500.000,-*” description=”*DP mulai dari” button=”AJUKAN SEKARANG”]

Oli bekas sangat tidak dianjurkan untuk dijadikan pelumas buat rantai motor kalian, sob. Kenapa? Karena oli bekas mengandung banyak kotoran dan logam sisa pembakaran yang bisa berdampak buruk rantai motor kalian di kemudian hari.

BELI BERBAGAI MACAM OLI UNTUK PERAWATAN SEHARI-HARI DI SINI

Logam yang terdapat pada oli bekas dikhawatirkan dapat masuk ke sela-sela dalam rantai dan mengakibatkan rantai cepat aus dan kendor. Selain itu oli bekas justru akan membuat kotoran makin menempel erat di rantai motor, tidak enak kan dilihat mata, dan tentunya menurunkan kinerja rantai motor. Rantai kalian pun umurnya jadi lebih pendek. Kalian pasti tidak mau hal ini terjadi kan?

Baca juga  Merawat Motor Lebih Mudah Bersama Moladin

Saat Tidak Ada Pelumas Rantai, Baiknya Pakai Apa?

Baiknya gunakan chain lube alias pelumas rantai yang memang khusus dibuat untuk melumasi rantai yang sudah selesai dibersihkan. Nah bagaimana kalau pelumas rantai sedang habis padahal rantai udah kering banget? Ada alternatif darurat, sob. Kalian pergi ke dapur dan cari minyak goreng buat melumasi rantai kalian. Ingat pakai minyak yang masih baru, jangan pakai minyak jelantah yang sudah hitam warnanya.

Selain warnanya yang bening dan membuat rantai kalian terlihat bersih, minyak goreng mudah didapatkan. Tapi daya tahan minyak goreng tidak sekuat pelumas rantai. Jadi kalian memang hanya bisa melakukan trik ini saat kepepet saja ya. Minyak goreng bisa mengobati rantai kering di situasi yang benar-benar darurat.

[product product=”Suzuki GSX S 150″ images=”https://cdn.moladin.com/motor/suzuki/Suzuki_GSX_S_150_2102_70719_large.jpg” url=”https://moladin.com/motor/suzuki/suzuki-gsx-s-150-sports-dohc-4-valve-water-cooled-4-stroke-150cc?utm_source=suzuki_gsx_s&utm_medium=blog_oli-bekas_buttonbiru&utm_campaign=utm_name%3Dsuzuki_gsx_s” price=”Rp. 900.000,-*” description=”*DP mulai dari” button=”AJUKAN SEKARANG!”]

Nah, supaya gak terjebak di situasi darurat, kalian harus sering-sering mengecek kondisi rantai motor kalian, sob. Kalau memang minyak pelumas rantai sudah mulai habis, buruan langsung beli di Moladin saja. Kalian tinggal ke fitur perawatan dan dapatkan oli buat rantai kamu di sana.

Baca juga  Servis Radiator Motor Itu Perlu, Biar Mesin Nggak Overheat

Oke, segitu dulu informasi dari Jinny ya. Ketemu lagi di informasi seru lainnya. Ingat motor, ingat Moladin ya, sob!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika