Kamis, Maret 28, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Bedanya Oli Sintetis, Oli Semi Sintetis, dan Oli Mineral?

by Jinny
OLI SINTETIS MOTOR

Oli, bagian penting dari  kehidupan bikers. Tanpanya mesin motor terasa hampa. Bisa dibilang oli merupakan elemen penting untuk memberi kehidupan buat motor agar terus enak dibawa bepergian kemana aja, apalagi buat yang sering touring bro!

Ngomong-ngomong soal oli nih, ada salah satu bikers asal Tangerang bertanya tentang:

“Bedanya oli sintetis dengan oli non sintetis?”

Bikers bernama Ryu nanya lewat FORUM MOLADIN yang ada di aplikasi MOLADIN bro!

[product product=”KTM RC 200″ images=”https://cdn.moladin.com/motor/ktm/KTM_RC_200_10012_81785_large.jpg” url=”https://moladin.com/motor/ktm/ktm-ktm-rc-200-2017-sports-four-stroke-200cc?utm_source=ktm_rc_200&utm_medium=blog_bedanyaolisintetis_button_biru&utm_campaign=utm_name%3Dktm_rc_200″ price=”Rp. 1.668.000,-*” description=”*Angsuran mulai dari” button=”AJUKAN SEKARANG”]

Nah, Ryu dapat jawaban dari bikers yang aktif di MOLADIN, jawabannya gini bro:

“Oli mineral (non sintetis) berbahan dasar olahan minyak bumi asli aditif khusus oli, mau gress atau daur ulang minyak. Sintetis sama, berbahan dasar minyak + kimia sintetis + aditif. Oli sintetis unggul dalam ketahanan durasi kerja saja”.

Terima  kasih atas jawabannya bro Hadi, pengurus Benelli User. Bro Hadi menjawa lewat fitur FORUM MOLADIN.

Nah, biar nggak salah paham tentang jenis-jenis oli, Jinny berbaik hati  memberi penjelasan lebih lengkap tentang oli sintetis dan non sintetis. Cekidot!

Berdasarkan bahan dasarnya, ada dua tipe oli, yakni sintetis dan mineral (non sintetis)

Oli Non Sintetis Motor (Oli Mineral)

34007278363 c356fcec69 h

Oli mineral itu dibuat dari ekstrak minyak mentah bro! Bahannya benar-benar diambil dari pengolahan minyak bumi. Lalu bahan mineral ini ditambah zat aditif agar bisa bekerja dengan baik. Tapi sayangnya, saat ini kinerjanya belum secanggih oli sintetis bro! Daya tahannya masih kurang karena mengandung kotoran yang masih cukup tinggi. Jadi, nggak disarankan menggunakan oli ini untuk motor zaman sekarang.

Baca juga  4 Jenis Oli Motor yang Ada di Indonesia, Mana Pilihanmu?

Oli Sintetis Motor 

oli wipolymers

Oli ini yang biasanya banyak dipakai oleh kita, para bikers dan paling banyak dijual di bengkel-bengkel. Oli ini sebenarnya juga dibuat dari bahan oli mineral. Tapi, yang ngebedain itu campurannya dengan bahan kimia lain. Campuran bahan kimia ini bro yang membuat oli sintetik punya kekentalan yang jauh lebih stabil. Soal, harga rata-rata oli sintetis lebih mahal dibanding oli mineral.

Pembuatannya oli sintetis diolah secara kimiawi dan bukan seratus persen hasil dari penyulingan minyak bumi. Seperti yang Bro Hadi bilang, bahwa oli sintetis menggunakan zat additive. Zat ini berguna untuk membuat daya lumasnya lebih baik bro. Selain itu, oli sintetis ini mencegah mesin aus dan tidak membuat kerak pada mesin sehingga kinerja mesin tetap optimal.

Oli sintetis juga biasa digunakan pada motor-motor balap, tapi khusus yang 100% full sintetis bro! Dikarenakan, nilai SAE yang rendah, oli ini tak disaraninuntuk mesin motor model lama.

Oli Semi Sintetis

oli carlube

Selain oli mineral dan oli sintetis motor, sebenernya ada lagi bro jenis oli lain, namanya oli semi sintetis. Oli jenis ini merupakan perpaduan antara oli mineral dan sintetis. Umumnya, kadar oli sintetis pada oli semi-sintetis ini 10-25 persen.

Pilihan Oli Terbaik dari Bikers di Moladin

oli shelloman

Bro, bingung pilih oli apa yang terbaik buat mesin motor lo? Nggak usah bingung lah! Soalnya di Moladin banyak banget referensi pilihan oli motor yang pas buat motor lo, bro! Nggak cuma menampilkan daftar motor doang, kerennya di Moladin adalah adanya ulasan produk oli langsung dari bikers yang udah pernah pakai. Mantap kan bro?

Baca juga  4 Seri Oli Balmerol Meluncur, Apa Istimewanya?

Menurut ulasan dari bikers di menu PRODUK MOTOR Moladin, saat ini ada 5 nih bro oli terbaik buat motor, entah itu buat jenis motor matic atau sport bro! Oli sintetis motor terbaik menurut bikers bisa dilihat dari bintang yang diberikan. Pilihan olinya antara lain:

1.Yamalube Super Sport (Rating 4,2)

Khusus untuk perawatan motor 4 tak Yamaha tipe sport. Material full sintetis, dapat melumasi hingga ke celah-celah tersempit sekalipun. Selain itu, oli ini juga dapat memaksimalkan power mesin. Cocok untuk YZF-R25 dan MT-25

Bikers memberikan rating bintang 4,2 pada oli ini.

2.Yamalube Matic Motor Oil. (Rating 3,7)

Diformulasikan untuk mesin motor  4 tak Yamaha.  Mengandung Molydenum yang memberikan gesekan sangat rendah. Cocok untuk motor Fino, Mio, Mio GT, X Ride.

Bikers memberikan rating  bintang 3,7 pada oli ini.

[product product=”KTM Duke 200″ images=”https://cdn.moladin.com/motor/ktm/KTM_Duke_200_9969_81790_large.jpg” url=”https://moladin.com/motor/ktm/ktm-ktm-duke-200-2017-naked-4-stroke-engine-200cc?utm_source=ktm_duke_200&utm_medium=blog_bedanyaolisintetis_button_biru&utm_campaign=utm_name%3Dktm_duke_200″ price=”Rp. 1.458.000,-*” description=”*Angsuran mulai dari” button=”AJUKAN SEKARANG”]

3.Yamalube Power Matic Oil (Rating 4.0)

Oli yang lebih ramah lingkungan. Meningkatkan performa motor matic dan mengandung molydenum. Cocok untuk motor Soul  GT, All New Soul GT, Mio M3, Xeon RC, Aerox 125.

Bikers memberikan rating bintang 4.0 pada oli ini.

4.Federal Oil Matic30 4T 10W-30 (Rating 3,5)

Baca juga  4 Jenis Oli Motor yang Ada di Indonesia, Mana Pilihanmu?

Oli yang berbahan dasar Synthetic Base Oil dengan formula spesial. Meningkatkan akselerasi dan ketahanan mesin. Membersihkan kotoran pada seluruh permukaan komponen mesin. Cocok untuk motor Honda PCX Series, Honda Vario, Honda Beat, Honda Beat FI, Honda SPACY, dan varian Honda matic lainnya

Bikers memberikan rating bintang 3,5 pada oli ini.

5. Yamalube Gold Motor Oil (Rating 3,3)

Dibuat khusus buat motor Yamaha tipe moped (underbone) dan tipe sport yang mana butuh pelumasan untuk terus bekerja lebih baik. Dispersan mampu bekerja pada temperatur rendah. Melindungi mesin dari karat dan korosi. Cocok buat motor Jupiter Z1, MX MX King, Vixion, Xabre, Byson, dan YZF R15

Bikers memberikan rating bintang 3,3 pada oli ini.  

Bro n sis juga bisa bertanya seputar masalah motor di FORUM MOLADIN lho! Caranya gampang banget! Daftar aja langsung di aplikasi Moladin, download dulu ya aplikasinya dimari https://goo.gl/ZVQqkU. Setelah daftar, langsung aja deh join di forum, kalo punya pertanyaan seputar motor nggak usah malu-malu nanya bro! Hari gini nanya ke grup aja masih malu-malu, gimanamau nanya isi hati dia bro? 😀

[product product=”KTM RC 250″ images=”https://cdn.moladin.com/motor/ktm/KTM_RC_250_10008_88505_large.jpg” url=”https://moladin.com/motor/ktm/ktm-ktm-rc-250-2017-sports-4-stroke-4-valve-dohc-250cc?utm_source=ktm_rc_250&utm_medium=blog_bedanyaolisintetis_button_biru&utm_campaign=utm_name%3Dktm_rc_250″ price=”Rp. 2.052.000,-*” description=”*Angsuran mulai dari” button=”AJUKAN SEKARANG”]

Abis baca perbedaan oli mineral dan oli sintetis motor, mungkin bro tertarik sama artikel lain di bawah ini:

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika