OPINI BIKERS: Bensin Full Kok Mogok? Ini Solusinya

Hallo sobat moladin dimana saja berada, pernah gak kalian mengalami motor mogok tetapi bensin di tangki full? Pasti ketika mengalami panik bukan? Nah penyebab motor mogok seperti ini harus diketahui dan juga solusinya. Karena nantinya, pengetahuan ini yang bisa mencegah peristiwa terulang.

Penyebab yang pertama adalah karburator tertutup debu. Ini bisa terjadi, jika bensin yang masuk ke dalamnya tersendat. Sehingga, tidak ada minyak yang bisa membersihkan kotoran tersebut yang semakin lama menumpuk. Solusinya adalah silakan bongkar karburator, lalu bersihkan menggunakan kuas kecil. Setelah itu, cek kembali aliran bensin yang masuk ke dalamnya. Sudah lancar atau belum.

Jika masalah tidak juga selesai, biasanya kepala busi atau cangklong telah aus bahkan karat. Sehingga aliran listrik yang masuk ke dalamnya terhambat karat tersebut, sehingga motor menjadi mati. Solusi untuk masalah ini, adalah mengganti busi dengan yang baru. Maka dari itu, jika ingin berkendara, persiapan stok busi di dalam bagasi jok. Sehingga ketika mogok, tindakan antisipasi bisa dilakukan.

Jika kedua penyebab di atas sudah diselesaikan, tetapi motor masih tetap mogok, bisa jadi yang bermasalah adalah filter atau penyaring kendaraan. Penyebabnya bermacam-macam, salah satunya adalah filter terlalu basah, sehingga respon pada aliran listrik tidak maksimal. Biasanya jika kendaraan mogok karena masalah ini, kendaraan tetap bisa dihidupkan. Namun, ketika akan dijalankan, mesin kembali mati. Kejadian ini akan terus berulang, kecuali filter-nya sudah mengering. Solusinya adalah keringkan dulu filter kendaraan beberapa saat.

Nah, penyebab yang terakhir ketika semua penyebab sudah diperbaiki tetapi tidak juga berhasil, adalah CDI. Sekalipun kasusnya tidak terlalu banyak, tetapi untuk sepeda motor edisi lama, biasanya komponen ini yang menjadi “penyakitnya”. Ciri-cirinya diawal laju kendaraan agak berat dengan suara yang kasar. Jika dibiarkan, kendaraan akan mogok. Karena proses pembakaran energi di dalam mesin tidak berjalan. Solusi masalah ini hanya satu yaitu dibawa ke bengkel. Mungkin di sana juga direkomendasikan untuk membeli komponen yang baru.

Moladin merupakan salah satu media yang menyediakan platform untuk menulis bagi siapa saja yang memiliki hobi menulis. OPINI BIKERS merupakan tulisan murni pendapat pribadi dari penulis dan menjadi tanggung jawab penulis, tidak ada maksud untuk menjatuhkan brand. Ingat Motor! Ingat Moladin!


Baca Juga