OPINI BIKERS: Cara Rawat Bodi Motor Tetap Kinclong

Hello kawan sobat otomotif, pengguna roda dua pastinya. Kali ini gue mau sharing sedikit pengalaman pribadi, mengenai bagaimana cara merawat bodi motor agar tetap kinclong. Pastinya cara ini simpel dan tidak membutuhkan banyak biaya. Berbicara soal cat di bodi motor, terkadang memang perlu perhatian khusus dan perawatannya juga harus hati-hati, karena kalau asal-asalan cat bisa cepat kusam dan terlihat banyak sekali lecet nantinya. 

Agar selalu bersih dan tampak masih seperti baru sebenarnya sangat mudah. Merawat cat motor agar selalu mengkilap hanya butuh perawatan yang harus rutin dilakukan. Namun, meski mudah cukup banyak pemilik motor yang merasa malas untuk merawatnya. Maka dari itu banyak motor yang meski masih beberapa bulan saja tapi nampak kotor dan kusam. Ini adalah cara mudah merawat motor agar selalu bersih dan mengkilap seperti baru;

1. Banyak sekali anak muda jaman sekarang merubah warna motornya menggunakan cat-cat yang banyak mengandung zat kimia padahal sebenarnya kita harus mengindari bahan-bahan yang mengandung zat kimia berbahaya atau zat kimia yang mengandung senyawa asam.

2. Hal ini tidak kalah penting, parkirlah di tempat yang teduh atau jangan memarkir sepeda motor di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung. Cat motor yang kena panas matahari langsung dalam waktu lama akan cepat pudar atau kusam, carilah tempat yang ada pohon atau yang sejuk. Meskipun terlihat sederhana, akan tetapi hal ini tidak bisa dianggap sepele. 

3. Rutin mencuci motor, Dengan mencuci motor setidaknya seminggu sekali, debu dan kotoran bisa lebih mudah dihilangkan. Jika motor sangat jarang dicuci, ada kemungkinan partikel debu dan kotoran melekat pada cat dan susah untuk dihilangkan sehingga cat akan terlihat kusam.

4. Gunakan pengkilap khusus cat motor (waxing) Tahap ini yang biasa kita kenal dengan istilah moles. tujuannya untuk memberikan proteksi terhadap sinar UV di cat motor kita setelah semua tahapan di atas tadi. Cari yang terdapat kandungan pure carnauba dibuat dari bahan alam. Tapi biasanya produk ini tidak dapat bertahan terlalu lama terkena sinar matahari. Ada juga yang berbahan sintesis atau yang biasa dikenal dengan sealent product. Kalau yang ini dari bahan-bahan kimia, sehingga lebih tahan terhadap cuaca. Pengkilap motor ini berfungsi seperti pelembab pada bodi motor. Karena kerap terpapar udara yang panas, cat motor juga tentunya membutuhkan pengkilap motor atau silikon agar selalu tampak cat lebih terang dan cerah.

Moladin merupakan salah satu media yang menyediakan platform untuk menulis bagi siapa saja yang memiliki hobi menulis. OPINI BIKERS merupakan tulisan murni pendapat pribadi dari penulis dan menjadi tanggung jawab penulis, tidak ada maksud untuk menjatuhkan brand. Ingat Motor! Ingat Moladin!


Baca Juga