OPINI: Cara Rawat Honda Supra Fit 2007 yang Simpel

Saya sudah lama merawat motor Hond Supra Fit 2007 dari saya membeli tahun 2009 sampai sekarang masih mulus, kalau pengen motor semulus ini diusahakan setiap bulan kita harus ganti oil, bersihkan dalaman nya dari debu. kali ini ada teman saya yang bertanya bagaimana cara merawat motor hingga mulus dan sampai saat ini masih layak digunakan.

Dia mengatakan jika starter elektrik miliknya tidak berfungsi, lalu ada temannya yang mengatakan jika ACCU/Akinya telah rusak, namun sepertinya dia juga tidak paham maksudnya.Yang lebih mengherankan adalah jika motornya masih baru berusia 10 bulannya dan KM menunjukkan 4.000, dan dia rutin melakukan service ke bengkel resmi Honda.

Setiap harinya dia hanya menggunakan sejauh sekitar 4 km saja, ya hanya digunakan untuk ke tempat kerja dia saja.Kondisi lampu indikator pun juga masih berfungsi baik. Berikut jawaban saya atas kasus kawan tersebut. Hal ini diakibatkan karena aki mengalami undercharge atau aki drop, karena melemahnya kekuatan aki/tidak terisinya aki dengan baik. Penyebab dari aki yang mengalami undercharge ini adalah bukan ciri-ciri rusaknya kiprok atau umur aki.

Karena umur aki yang bertipe MF/aki kering bisa berumur lebih dari 2 tahun, sedangkan motornya baru berusia 10 Bulan Penyebab utamanya adalah pola atau kebiasaan dari pengendara yang selalu menggunakan motor dengan kondisi kecepatan rendah namun perseneling / roda gigi berada pada posisi yang rendah. G

enerator motor baru akan bekerja pada kisaran disekitar 5.000 RPM karena pada kecepatan rendah dan perseneling tinggi akan menyebabkan pengisian aki kurang. Apabila aki telah diganti namun masih sulit untuk menggunakan starter listrik / klakson, maka dapat dipastikan ada yang tidak normal dengan sistem kelistrikannya. Oke saya langsung kasih tipsnya biar Honda Supra Fit Moladiners tetap prima dan terawat nih.

  1. Urusan oli saya percayakan sama Anda, karena itu selera masing-masing.
  2. BBM pake Premium aja gak usah Pertamax, sia2 bro. Orang Compresi Rationya kecil nggak nyampe 10.
  3. Ganti oli tiap 2000 km, wajib jangan telat.
  4. Kasih suplemen pembersih carburator dan ruang bakar (ane pake Yamalube carbon cleaner) tiap 4000 km.
  5. Ganti busi (yg Denso) tiap 4000 atau 5000 km, wajib.

Hasilnya sampai sekarang km di odometer udah sampai 80.000 kman mesin masih alus dan nggak ngebul. Hampir tiap lebaran dipakai mudik. segitu saja mungkin tips dari saya terima kasih.

Moladin merupakan salah satu media yang menyediakan platform untuk menulis bagi siapa saja yang memiliki hobi menulis. OPINI BIKERS merupakan tulisan murni pendapat pribadi dari penulis dan menjadi tanggung jawab penulis, tidak ada maksud untuk menjatuhkan brand. Ingat Motor! Ingat Moladin!


Baca Juga