OPINI BIKERS: Cara Rawat Rem Tromol, Jaminan Mudah

Hai sobat Moladin, mungkin sebagian dari kamu memahami sebuah candaan yang mengatakan bahwa motor yang kencang berasal dari rem yang pakem. Walaupun candaan, hal ini memang ada benarnya. Pasalnya, rem motor memiliki peran yang vital untuk menghentikan laju motor. Maka dari itu, kamu harus pandai dalam merawat sistem pengereman sepeda motor kesayangan.

Nah, meski teknologi pengereman motor baru saat ini sudah cakram, tidak ada salahnya kamu juga memahami cara perawatan pada rem tromol khususnya di motor-motor keluaran lama. Apalagi, beberapa motor terbaru saat ini masih ada yang menggunakan sistem pengereman tromol dibagian belakang. Cara perawatan yang perlu diperhatikan pada sistem rem tromol sebetulnya tidaklah rumit.

Langkah pertama dalam merawat rem tromol motor ialah mengecek apakah kampas rem sudah habis atau belum. Cara mengeceknya, kamu cukup memperhatiak tanda pada tuas rem di tromol. Kamu juga bisa mencoba menekan rem, jika terlalu dalam, maka sebaiknya ganti kampas rem. Jika kampas rem masih baik, kamu perlu membongkar tromol untuk membersihkan rem dari debu. Buka tromol dibagian depan atau belakang. Setelah itu, lepas bagian kampas rem.

Bersihkan bagian dalam tromol menggunakan kuas dengan bensin atau cleaner. Setelah bersih, semprot menggunakan kompresor. Bila bagian tromol luar dan dalam sudah bersih, Kamu juga bisa mencopot kampas rem dari dudukan. Kamu bisa merendam kampas rem di air bersih. Bersihkan kampas rem dengan baik menggunakan kuas atau amplas serta sabun colek.

Setelah dirasa bersih, jemur kampas rem hingga kering. Setelah kampas rem tromol kering, Anda bisa juga mengamplas kampas rem dengan kampas kasar agar permukaan kampas rem lebih menggigit. Kalau diperlukan, kamu bisa membuat ulir atau motif di permukaan kampas menggunakan gergaji. Hal ini bertujuan agar rem lebih pakem.

Pasang kembali kampas rem dan pasang tromol seperti semula. Sebelum memasang, kamu bisa memberikan gemuk atau sedikit oli pada tuas rem dan as roda agar tidak muncul bunyi-bunyian ketika motor di rem. Yang terpenting dalam merawat rem tromol ialah segera ganti kampas rem jika sudah habis atau tipis. Selamat mencoba.

Moladin merupakan salah satu media yang menyediakan platform untuk menulis bagi siapa saja yang memiliki hobi menulis. OPINI BIKERS merupakan tulisan murni pendapat pribadi dari penulis dan menjadi tanggung jawab penulis, tidak ada maksud untuk menjatuhkan brand. Ingat Motor! Ingat Moladin!


Baca Juga