OPINI BIKERS: Efek Ban Kurang Angin, Bahaya Sob!

Mungkin sebagian Sobat Moladin yang memiliki kendaraan sering mengabaikan kondisi tekanan angin di ban. Padahal, ban merupakan komponen yang penting dalam sepeda motor. Ban yang kempes atau kurang angin memang tampak sepele namun bisa membuat banyak efek pada motor.

Maka dari itu, setiap jenis kendaraan memiliki patokan tekanan angin pada ban agar berkendara dapat lebih optimal dan nyaman. Nah, untuk kamu yang jarang mengecek tekanan ban, bahkan terkadang tetap nekad berkendara dengan ban yang kempes, berikut ini beberapa efek buruk ban kurang angin pada motor.

  1. Efek yang pertama yang dirasakan tentu membuat performa motor menurun. Tarikan gas motor terasa berat saat ban kurang angin. Hal ini disebabkan putaran roda yang tidak sempurna sehingga tarikan motor terasa berat. Bila motor dengan ban kempes tetap dipaksa digunakan, mesin motor bisa rusak secara perlahan karena kinerja mesin yang terlalu berat.
  2. Efek lain ban kempes ialah permukaan ban yang menjadi tidak rata. Ban yang kempes membuat permukaan ban yang menyentuh aspal menjadi lebih lebar. Hal ini membuat permukaan ban bagian tengah cepat terkikis dibanding bagian samping ban. Tidak hanya itu, karena ban bagian samping tidak kuat menahan beban motor, membuat bagian samping ban cepat rusak dan muncul benjolan pada bagian samping ban.
  3. Efek ban motor yang kurang angin berikutnya ialah membuat motor lebih boros. Karena ban yang kempes, tapak atau permukaan ban yang menempel ke aspal semakin lebar sehingga gesekan ban dan motor lebih banyak. Ini membuat motor mengeluarkan tenaga yang besar untuk bergerak maju. Karena itulah mesin bekerja keras dan membuat motor lebih boros bahan bakar.
  4. Efek terakhir yang cukup membahayakan dari kurangnya tekanan ban pada motor ialah ban yang bisa dengan mudah meletus. Ban dengan tekanan angin yang minim tentu harus menahan berat beban kendaraan dan pengemudinya. Tidak hanya itu, kondisi ban juga cenderung tipis karena digunakan terus dan tidak ditambah angin. Kedua hal ini membuat kondisi benang kawat pada ban lama kelamaan bisa tidak kuat dan membuat ban bisa mudah meletus. Maka untuk mencegah efek diatas, ada baiknya selalu cek tekanan ban motormu sebelum berkendara.

Moladin merupakan salah satu media yang menyediakan platform untuk menulis bagi siapa saja yang memiliki hobi menulis. OPINI BIKERS merupakan tulisan murni pendapat pribadi dari penulis dan menjadi tanggung jawab penulis, tidak ada maksud untuk menjatuhkan brand. Ingat Motor! Ingat Moladin!


Baca Juga