OPINI BIKERS: Tips Rawat Knalpot Gledek (Proliner)

Halo sobat bikers apa apa kabar kalian semua? Semoga sehat sehat selalu. Ok di kesempatan kali ini gua akan coba mereview sebuah knalpot yang katanya dapat julukan knalpot gledek. Apakah itu benar? Mari kita simak. Nah, sobat bikers kali ini saya akan mencoba mereview knalpot PROLINER TR1 R, tapi sebelum itu saya akan menjelaskan sedikit tentang knalpot ini.

Knalpot proliner adalah produk asli indonesia yang tidak kalah dengan produk impor baik dari kualitas atau pun bentuknya, untuk knalpot proliner tr 1 r ini ad dua tipe yaitu yang berbahan stenlees steel dengan sanblast titanium yang membuat knalpot terlihat lebih elegan yang di jual kisaran harga 750rb (tergantung cc motor) dan untuk versi carbon di jual kisaran 1,2jt keatas. Untuk yang punya budget pas-pasan seperti saya knalpot ini sangat saya rekomendasikan daripada membeli knalpot kw alias yang abal-abal dipasaran, yang tentu kualitasnya jauh di bawah. Nah, itu sedikit penjelasan tentang Knalpot Proliner Tr1 R.

Sekarang review nya. ini menurut pandangan saya, saya kurang lebih menggunakan Knalpot Proliner Tr1 R ini hampir enam bulan. dan saya sudah merasakan speknya. saya akan bahas dari segi suara. suarnya nya gahar karena knalpot ini di bekali silincer 18cm, pas di tarikan awal sampai tarikan tengahnya suaranya agak mirip kaya motor 2 silinder tapi ketika tarikan atas suaranya pecah seperti jeritan untuk tarikan yang saya rasakan agak sedikit ngempos atau agak berat pas di tarikan tengah tapi setlah tarikan atas di situ agak ngisi, namun hanya sedikit.

Mungkin karena saya tidak barengi dengan penggantian ecu dan busi. Tetapi untuk harian itu tidak masalah, terkecuali untuk race. nah itu tadi sedikit review dari saya selama menggunakan Knalpot Proliner Tr1 R short ini untuk lebih jelasnya, mungkin sobat bikers bisa liat video di youtube.

Sekarang saya akan berikan sedikit tips perawatan knalpot ini, dan juga tips pemasangan. Tips perawatan sangat mudah sama seperti knalpot pada umumnya di cuci menggunakan sabun tapi untuk membersihkan warna merah di moncong knalpot itu. Saya sarankan cukup pakai deterjen caranya;

  1. Ambil lap kain basahkan
  2. Tambhkan deterjen bubuk ke dalam lap
  3. Basahi sedikit moncongnya tapi jangan di siram langsung, nanti glaswolnya akan basah dan suara knalpotnya jadi tambah gahar
  4. Gosok-gosok perlahan moncong knalpot tadi menggunakan lap yang sudah terisi deterjen
  5. Lalu bilas moncong knalpot tadi menggunakan lap basah agar sisa busa deterjen hilang, dijamin moncong kanlpot yang tadinya hitam akan kembali bersih dan warna merah \nya Kembali seperti baru. Ini selalu saya lakukan setiap mencucinya.

Tips pemasangannya untuk motor Honda CBR 150R sama seperti pemasanagan knalpot pada umunya namun yang perlu di perhatikan adalah dimana Honda CBR 150R ini sensor O2 terletak di header knalpot, jadi saat pemasangan sensor O2 tetap harus di pasang dan jangan sampai kendor murnya karena jika murnya kendor saat di pakai nanti suaranya seperti meledak-ledak, kabel masa, juga harus dipasang jika tidak nanti di takutkan berpengaruh pada motor.

Nah, itulah kenapa saya sarankan sobat biker memakai knalpot original di banding knalpot palsu karena dari beberapa banyak knalpot kw yang tidak dilengkapi dengan sensor O2 dan kabel masa. Oke, sobat bikers itulah sedkit review, tips dan trick dari saya tentang Knalpot Proliner Tr1 R short. semoga bermanfaat bagi sobat biker di manapun berada, saya mohon maaf apabila ada hal yang kurang karena, ini real opini saya. Salam sobat bikers diseluruh Indonesia tetap jaga kekompakan dan utamakan keselamatan berlalulintas di jalan raya, dan sopan santun berkendara. Salam hormat dari saya, riders Sulawesi Tengah.

Moladin merupakan salah satu media yang menyediakan platform untuk menulis bagi siapa saja yang memiliki hobi menulis. OPINI BIKERS merupakan tulisan murni pendapat pribadi dari penulis dan menjadi tanggung jawab penulis, tidak ada maksud untuk menjatuhkan brand. Ingat Motor! Ingat Moladin!


Baca Juga