OPINI BIKERS: Knalpot Racing Bawa Dampak Jelek

Hai Sobat Moladin, tidak bisa dipungkiri bahwa modifikasi motor paling gampang yang bisa dilakukan ialah mengganti knalpot bawaan pabrik dengan knalpot racing. Modifikasi ini selain membuat suara dan tampilan motor lebih gahar, juga membuat performa motor meningkat jika knalpot yang digunakan tepat.

Sayangnya, beberapa motor terbaru yang ada di pasar tanah air saat ini sudah menggunakan mesin injeksi. Hal ini tentu membuat penggantian knalpot tidak boleh sembarangan seperti mengganti knalpot di motor mesin karburator. Mesin injeksi hadir dengan teknologi terbaru. Mesin tipe ini memiliki sistem pencampuran bahan bakar dengan udara yang lebih baik. Proses pembakaran ini dibantu alah bernama injector.

Dengan pencampuran bahan bakar dan udara yang lebih baik, motor menjadi memiliki pembakaran yang optimal sehingga tenaga yang dihasilkan lebih baik. Maka dalam mengganti knalpot motor injeksi tidak boleh sembarangan. Salah menggunakan knalpot dan salah mengatur settingan injeksi justru bisa merusak motor kesayangan kamu. Biar nggak salah paham berikut ada beberapa efek penggantian knalpot di motor injeksi.

Efek pertama yang dirasakan ialah bahan bakar yang lebih boros. Hal ini disebabkan motor membutuhkan tenaga yang lebih besar dibandingkan menggunakan knalpot bawaan. Campuran bahan bakar dan udara yang semakin banyak. Efek berikutnya ialah mesin motor menjadi cepat panas. Penggantian knalpot racing di motor injeksi akan membuat mesin lebih panas. Ini disebabkan tenaga yang lebih besar dan pembakaran yang lebih keras efek perubahan campuran bahan bakar dan udara.

Efek yang cukup merugikan ialah mesin yang bisa rusak. Penggunaan knalpot yang tidak sesuai dengan setingan injector akan membuat berbagai komponen dalam sistem injeksi lebih cepat rusak karena harus bekerja keras membakar bahan bakar dan udara yang tidak sesuai aturan dari pabrikan. Memang efek ini tidak akan muncul secara cepat namun berkepanjangan.

Hal ini akan sangat merugikan karena harga komponen sistem injeksi cukup mahal. Efek terakhir tentu membuat emisi gas buang yang lebih besar. Motor injeksi sejatinya didesain agar ramah lingkungan dengan sistem pembakaran yang sempurna. Namun, karena ubahan knalpot yang berdampak pada sistem pembakaran membuat emisi gas buang menjadi berbahaya.

Moladin merupakan salah satu media yang menyediakan platform untuk menulis bagi siapa saja yang memiliki hobi menulis. OPINI BIKERS merupakan tulisan murni pendapat pribadi dari penulis dan menjadi tanggung jawab penulis, tidak ada maksud untuk menjatuhkan brand. Ingat Motor! Ingat Moladin!


Baca Juga