OPINI BIKERS: Gas Mbrebet, Fuel Pump Ente Kotor

Helo para pecinta otomotif roda dua, pastinya sehat ya? Masih ngomongin soal motor dan teman-temannya nih. Nah, kali ini Ane mau ngebahas soal kondisi motor matic yang terkadang tak bisa ditebak Sering merasakan kalau motor matic mbrebet saat di gas? Masalah ini sebenernya terlihat sepele tapi ternyata hal ini melibatkan salah satu komponen yang perannya tidak sembarangan alias penting.

Tapi buat kalian semua gak perlu khawatir, mendeteksinya mudah. Kalao kondisi ini sudah menghinggapi motor kalian, berarti dipastikan fuel pump mengalami masalah. Ada yang bingung atau sudah mengerti semua nih? Oke sekarang sedikit Ane jelasin pada motor-motor injeksi biasanya menggunakan fuel pump yang fungsinya untuk memompa bahan bakar yang ada di tangki ke injektor.

Atau kalo diumpamakan seperti halnya tubuh manusia, ini berarti untuk memompa darah supaya alirannya lancar dan manusia bisa beraktivitas sebagaimana mestinya. Lanjut nih, kalau kondisi fuel pump kotor atau minimal bermasalah, tentu membuat motor jadi abnormal alias berfungsi tidak seperti semestinya. Salah satu permasalahannya yaitu jadi mbrebet atau berat saat sedang di gas.

Kotornya fuel pump ini karena kualitas BBM yang kurang baik, makanya kalau memakai bahan bakar pilih yang baik atau memiliki oktan yang bagus. Tapi bisa juga disebabkan karena kemasukan air, saat mungkin sedang di cuci motornya. Sehingga, kotoran tersebut menghambat semburan bensin yang akan disalurkan ke injektor.

Kalau sudah mengalami kondisi seperti ini, caranya simpel. Bongkar saja bagian fuel pumpnya nih. Nah, terdapat part yang seharusnya berwarna putih, tapi kalau warnanya berubah menjadi coklat, berarti kondisinya kotor dan wajib dibersihkan supaya semuanya normal kembali. Kalau sudah terlihat kotor bersihkan saja sampai bersih hingga berwarna putih kembali.

Tapi kalau sudah dibersihkan motor masih brebet, itu bisa jadi ada kegagalan komponen sehingga harus diganti. Sekarang kalau semua hal di atas sudah dilakukan tapi gak ngefek, itu berarti bukan karena fuel pump kotor ya, ada sebab lain yang bikin gas jadi mbrebet. Solusinya? Datang ke bengkel resmi dan konsultasi ke mekanik apa yang dirasakan.

Jangan sembarang jika hal yang sudah disebutkan tidak sama sekali berpengaruh alias masih saja mbrebet. Selamat mencoba teman-teman bikers. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati saat berada di jalan. Keep safety first dan patuh seluruh rambu lalu lintas yang berlaku!

Moladin merupakan salah satu media yang menyediakan platform untuk menulis bagi siapa saja yang memiliki hobi menulis. OPINI BIKERS merupakan tulisan murni pendapat pribadi dari penulis dan menjadi tanggung jawab penulis, tidak ada maksud untuk menjatuhkan brand. Ingat Motor! Ingat Moladin!


Baca Juga