OPINI BIKERS: Solusi Atasi Mesin Thunder 125 Mati

Salam bikers Moladiners se-Nusantara, masih setia dengan roda dua? Luar biasa. Kali ini gua akan membahas masalah yang sering dialami oleh para pengguna Suzuki Thunder 125. Masalah apa aja? Silahkan baca artikel di bawah.

Siapa yang tidak mengenal Suzuki Thunder 125, motor sport dengan CC rendah dan harga yang relatif murah itu tentu saja mempunyai cukup banyak peminat di Indonesia. Suzuki Thunder 125, memiliki dua varian mesin. Khususnya untuk keluaran pertama, Thunder 125 tidak menyematkan sistem kick starter, namun beberapa tahun setelahnya, pihak Suzuki sudah menambahkan sistem kick starter pada setiap seri Suzuki Thunder 125 terbarunya.

Beberapa pengguna Thunder 125, kerap mengeluhkan soal hilangnya pengapian pada mesin kendaraan mereka, khususnya bagi pengguna Thunder 125 tanpa kick starter. Tentu saja itu sangat merepotkan. Komentar yang kerap didengar dari para pengguna Thunder 125 iyalah:

1. Mesin yang tiba-tiba mati

Jika kalian mengalami kejadian tersebut, jangan panik dulu. Coba periksa bagian skring pengapian yang terhubung ke Aki/ batrai. Biasanya hal itu terjadi karena skring-nya putus. Namun, jika kalian menyambungkan langsung pengapiannya, kemungkinan disebabkan oleh busi. Mula-mula periksa dulu busi mesin motor kalian. Buka dan lihat, apakah businya basah karena bensin yang tidak sempat terbakar. Jika ia, berarti dekselnya banjir. Penyebabnya bisa jadi karena seting karburator yang tidak sesuai. Untuk mengatasinya, kalian cuma perlu bersikan ujung busi tersebut, (gunakan amplas jika ada) lalu tes dengan men-start mesin motor, jika terlihat ada percikan api, berarti pengapiannya bagus. Jangan lupa untuk men-seting kembali karburator. Namun, jika dirasa percikan api dari busi sangatlah kecil, atau malah tidak ada sama sekali, artinya busi motor kalian harus diganti.

2. Mesin motor tidak mau menyala.

Masalah ini sungguh sangat banyak dialami oleh pengguna Thunder 125, parahnya mereka langsung meng-klaim bahwa mesin motor mereka itu rusak. Menurut gua itu salah besar. Khusus untuk Suzuki Thunder 125 tanpa kick starter, jika mengalami kendala susah menyala, biasanya itu disebabkan oleh Aki/ batrai yang sudah soak/ lemah. Tapi, jika Aki/ batrai motor kalian dirasa baru namun masih mengalami masalah tersebut, berarti masalahnya ada pada payung klep. Banyak pengguna Thunder 125 tidak tahu dengan penyakit yang kerap menimpa mesin motor mereka. Perlu diketahui, payung klep Thunder 125 sangatlah sensitif, jika kalian sering kali menarik gas kencang dengan tempo yang relatif cepat, orang-orang biasa menyebutnya; mengocok-ngocok gas. Dan orang bengkel biasa menyebutnya (overlap) untuk mesin motor yang mengalami masalah pada payung klep. Kalau kalian merasa pernah melakukan itu, sudah dipastikan mesin Thunder 125 Anda akan mati mendadak dan tidak mau menyala lagi. Penyebabnya tentu saja payung klep yang bengkok, karena bertabrakan dengan piston. Solusinya, kalian harus mengganti payung klep mesin motor tersebut. Kalian bisa menggantinya sendiri kalau paham cara buka dan memasangnya. Tapi, kalau tidak paham sama sekali, lebih baik menggunakan jasa service di bengkel terdekat. Gua jamin, Suzuki Thunder 125 kesayangan Anda bisa kembali temani aktivitas sehari-hari Anda lagi. Itulah beberapa kendala dan solusi untuk Suzuki Thunder 125. Semoga artikel di atas bermanfaat bagi yang membaca, khususnya untuk pengguna Suzuki Thunder 125. Salam bikers.

Moladin merupakan salah satu media yang menyediakan platform untuk menulis bagi siapa saja yang memiliki hobi menulis. OPINI BIKERS merupakan tulisan murni pendapat pribadi dari penulis dan menjadi tanggung jawab penulis, tidak ada maksud untuk menjatuhkan brand. Ingat Motor! Ingat Moladin!


Baca Juga