OPINI BIKERS: Motoran Aman Ala Perempuan

Hello sobat otomotif, gimana kabarnya? Pastinya baik-baik saja kan. Sekarang ini sedang ngetren banget kalau perempuan naik motor wara-wiri berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Karena, motor jadi alat transportasi yang murah meriah, dan paling bisa diandalkan saat ini bila dibandingkan dengan menggunakan mobil. 

Akan tetapi perempuan adalah pengendara motor yang paling sering melakukan kesalahan. Terbukti dengan banyaknya kasus kecelakaan hanya karena kelalaian yang sepele. Nah, aku mau kasih sedikit tips nih buat sahabat semua khususnya para perempuan yang memang hobinya motoran. Simak baik-baik ya, semoga bermanfaat. 

  1. Pertama coba pastikan memakai baju yang pas buat berkendara motor. Pastikan apa yang kamu pakai sama sekali tidak mengganggu kamu saat riding. Banyak daripada mereka yang menggunakan pakaian yang ribet saat bermotoran, seperti rok yang menjuntai, hal ini karena ditakutkan rok akan masuk ke roda.
  2. Hal yang kedua perlu diperhatikan adalah jenis motor yang digunakan, sebaiknya si buat perempuan lebih baik menggunakan motor matic. Sah-sah saja bila perempuan bisa menggunakan motorsport atau moge, tetapi seperti kurang aman saja karena kondisi motor yang punya kapasitas mesin besar ditambah berat motor yang memang tidak bisa. Jelas, matic paling aman selain didesain memudahkan pengguna perempuan, penggunaannya juga lebih mudah. Tinggal tarik gas tanpa perlu perseneling dan sebagainya. Dan lagi, bentuk motor matic juga membuat kamu tetep terlihat anggun meski naik motor sendiri.
  3. Hindari untuk mengambil momens saat berkendara, nih yang sering dilakukan para perempuan. Seringkali perempuan suka selfie saat riding. Jelas, perlu kamu ingat kalau jalan raya bukanlah lokasi yang cocok buat melakukan foto-foto narsis. Kenapa? Tentu saja karena bahaya. 
  4. Hal terakhir yang tidak kalah penting ya, perhatikan segala macam rambu lalu lintas yang berlaku di jalan raya. Saat lampu merah ya berhenti, kalau sudah hijau barulah jalan. Kemudian saat menikung, gunakan selalu lampu sein, jangan justru "nyelonong" gitu saja. Ingat, saat berada di tikungan, Andalah yang jadi penentu keputusan kendaraan yang berada di persis di belakang. Waktu berkendara, kamu harus ingat kalau di saat berada di jalan raya, kita bukan cuma pegang tanggung jawab atas keselamatan diri sendiri, namun juga orang lain. Tetap santai dan fokuslah saat pegang kemudi.

Hal tersebut harus dilakukan dimana saja dan kapan saja ya, ini tentunya akan jadi syarat aman berkendara di jalan raya. Perempuan harus selalu berhati-hati saat bermotoran. Karena, banyak sekali daripada pengendara di jalan raya yang kurang awas dengan keselematannya sendiri bahkan dengan sesama pengguna jalan raya.

Moladin merupakan salah satu media yang menyediakan platform untuk menulis bagi siapa saja yang memiliki hobi menulis. OPINI BIKERS merupakan tulisan murni pendapat pribadi dari penulis dan menjadi tanggung jawab penulis, tidak ada maksud untuk menjatuhkan brand. Ingat Motor! Ingat Moladin!


Baca Juga