OPINI BIKERS: Merasakan Pakai Michelin Pilot Street

Hello sobat pecinta otomotif roda dua, pastinya sehat selalu ya. Kali ini gue bakal blak-blakan soal ban tubeless yang gue pakai, yakni Michelin Pilot Street yang harganya agak mahal tapi kualitasnya bukan kaleng-kaleng. Ban tubeless memang sudah jadi pilihan buat para pengguna sepeda motor, setelah ban tube type (alias tipe pakai ban dalem) mulai ditinggalkan, bahkan lansiran yang baru dari pabrikan hampir semuanya sudah pakai ban tubeless.

Alasannya kenapa? Gue pribadi tidak bisa menjawab, tapi menurut gue pribadi karena memang ban tubeless praktis, selain itu punya daya tahan yang lebih lama ketimbang tube type, terakhir tubeless punya tipikal karet yang lebih tebal sehingga minim bocor bahkan mungkin sangat jarang bocor. Kebetulan gue merupakan pengguna Honda Spacy yang tiap hari wara-wiri di jalanan, mau panas atau hujan, mau jalan rusak atau mulus, motor ini selalu gue pake.

Soal ban depan dan belakangnya gue percayakan sama Michelin Pilot Street, yang sudah gue pake sejak Juli 2018 dan sudah menempuh jarak kurang lebih sejauh 17rbkm. Nah, ban ini punya sisi positif bentuk kembang yang bikin air itu turun gak dan mengalir kebawah, sehingga kalao hujan dan jalanan becek, gue tetep safety karena ban sendiri gak bikin licin saat dikendarai.

Selanjutnya, Michelin Pilot Street ini punya kelebihan menggigit ke aspal, dulu pernah pakai merek ban lain, walau jalan aspal tapi entah kenapa selalu always licin jadi agak sedikit bahaya. Tapi dari sekian sisi positif, tetep ada masa jayanya juga masa terpuruknya alias sisi jeleknya nih. Michelin Pilot Street setelah dipakai hampir lebih dari satu tahun, dari sisi kualitasnya menurun jauh.

Ban yang tadinya tidak pernah mengalami bocor, jadi mudah tertusuk benda-benda semacam paku, plat besi, dsb. Sehingga bikin hampir setiap minggu kudu ditambah Nitrogen secara berkala, karena kalau tidak dijamin posisinya bikin tarikan motor ngeden. Kemudian selanjutnya, bentuk ban jadi agak menonjol, seperti ada benjolan sehingga tidak rata. Hal ini membuat saat dikendarai di kondisi trek yang licin, berbahaya puoolll!!! Agak gimana gitu. Tapi mungkin semua ini dikarenakan sudah saatnya ganti ban ya sobat, lah wong sudah lama dipakai tapi tidak diganti jadi wajar saja.

Tapi overall gue sangat merekomendasikan Michelin Pilot Street ini dipasang matic kalian semua, memang si dari harganya agak mahal, tapi kualitas yang diberikan dijamin bikin puas deh. Beneran dijamin. Oke, ini hanya pendapat gue pribadi soal ban yang jadi partner MotoGP ya. Buat yang sepakat terima kasih, kalaupun tidak jangan saling menghujat ya sobat. Salam pecinta otomotif roda dua.

Moladin merupakan salah satu media yang menyediakan platform untuk menulis bagi siapa saja yang memiliki hobi menulis. OPINI BIKERS merupakan tulisan murni pendapat pribadi dari penulis dan menjadi tanggung jawab penulis, tidak ada maksud untuk menjatuhkan brand. Ingat Motor! Ingat Moladin!


Baca Juga