OPINI BIKERS: Pengalaman Pakai Oli Bawaan Pabrik

Sobat Moladin pasti pernah mengalami ganti oli motor di bengkel resmi kemudian ditawari untuk menggunakan oli resmi pabrikan. Oli resmi yang dimaksud seperti Yamalube milik Yamaha atau AHM Oil milik Honda tergantung merk motor yang akan diganti oli. Hal ini tentu menimbulkan pertanyaan karena diluar sana sudah beredar berbagai merk Oli yang menawarkan kualitas dan performa tersendiri. Lalu, seperti apa sih pengalaman menggunakan oli pelums resmi seperti Yamalube dan AHM Oil.

Saya sendiri memiliki motor Megapro. Motor ini awalnya menggunakan oli bawaan pabrikan yakni AHM Oil selama masa servis gratis di awal motor masih baru. Menurut yang tertera di iklan, AHM Oil diklaim mampu menghemat bahan bakar, menghemat biaya perawatan, memaksimalkan kinerja mesin, hingga ramah lingkungan. Berdasarkan keunggulan tersebut dan harga oli yang lebih terjangkau daripada merk oli lainnya, saya mencoba menggunakan oli resmi ini beberapa bulan di megapro kesayangan. Apalagi, AHM mengklaim bahwa oli ini bisa dipakai hingg lebih dari 4000km tanpa kendala. Hasilnya, ternyata tidak semulus yang dibayangkan.

Menurut saya, suara mesin menjadi lebih kasar dan performanya biasa saja. Hal ini bisa saja terjadi karena oli resmi memiliki kekentalan yang lebih encer. Bahkan ketika saya coba cek saat masih jarak tempuh 1000km, warna oli sudah hitam. Dari pengalaman inilah saya tidak lagi menggunakan oli resmi pabrikan. Menariknya, kasus oli resmi pabrikan yang kurang optimal tidak hanya dirasakan oleh beberapa biker saja. Bahkan dibeberapa forum biker di internet juga dibahas.

Ternyata setelah ditelusuri memang oli resmi seperti AHM Oil hingga Yamalube hanya cocok digunakan untuk motor keluaran atau produksi terbaru. Maka dari itu, untuk memilih oli motor yang bagus jangan melihat merk saja, tetapi melihat spesifikasi dan peruntukan pelumas tersebut. Cek kekentalan oli apakah sesuai dengan kondisi mesin. Misal mesin motor baru memang membutuhkan oli yang encer karena komponen mesin masih mulus. Sedangkan mesin motor lawas membutuhkan oli yang kental agar komponen yang sudah usang dapat terlumasi lebih baik. Tidak lupa, ganti oli motor secara rutin dan tepat berdasarkan jarak tempuh bukan berdasarkan waktu.

Moladin merupakan salah satu media yang menyediakan platform untuk menulis bagi siapa saja yang memiliki hobi menulis. OPINI BIKERS merupakan tulisan murni pendapat pribadi dari penulis dan menjadi tanggung jawab penulis, tidak ada maksud untuk menjatuhkan brand. Ingat Motor! Ingat Moladin!


Baca Juga