OPINI BIKERS: Pengguna Motor Injeksi Wajib Tahu Ini

Hai sobat bikers ,kali ini saya akan memberitahu kalian apa sih ciri ciri kalau aki kalian sudah tekor..ok simak artiker berikut ini ya?? Seperti yang kita ketahui, saat ini semua motor yang ada di pasaran sudah menggunakan teknologi injeksi, baik itu motor bebek, mati dan sport. Tidak hanya harus rutin ganti oli mesin saja, kamu juga harus rajin melakukan pengecekan kondisi aki motor injeksi kamu.

Tujuan melakukan pengecekan aki, supaya kamu tahu apakah aki motor kamu masih bagus atau tidak, karena motor injeksi penggunaan kelistrikannya lebih besar. Buat kamu pengguna motor injeksi, berikut ini cara mengetahui aki motor sudah mulai soak atau belum. Ciri pertama aki mulai tekor, dengan melihat nyala lampu pada pnael indikator apa masih terang apa sudah redup, kalau sudah mulai redup, itu tandanya aki mulai berkurang voltasenya.

Pada sepeda motor injeksi Yamaha, biasanya akan ada tanda berupa kedipan pada check enginenya, kode tersebut berupa angka, kalau aki mulai tekor akan ada kode 46. Owh Ya Sobat Bikers, untuk motor Yamaha kalau akinya sudah soak, untuk menghidupkan mesinnya tidak bisa menggunakan engkol, berbeda dengan motor Honda yang bisa menggunakan kick starter.

Jika sudah mengetahui aki soak, kamu bisa melakukan charge, apabila dalam satu minggu aki tekor lagi, berarti aki sudah tidak bisa digunakan lagi dan harus diganti. Dan kami mempunyai cara yang lebih mudah lagi nih sobat bikers.. Ternyata ada lho cara sederhana untuk mengetahui ciri ciri aki soak pada motor injeksi.

Yup… Berbeda dengan era motor karburator dengan aki basah, sekarang susunan konstruksi mesin dan kelistrikan pada sepeda motor sudah semakin kompleks. Dijaman old, cara untuk mengetahui ciri aki basah soak amatlah gampang, …karena aki basah yang soak tidak akan langsung mati seketika. Dia akan menunjukkan gejala-gejala semisal starter elektrik dan klakson melemah, dan lain-lain.

Berbeda dengan ciri aki sudah soak pada motor injeksi dengan aki kering, dimana jika tidak terdeteksi dari awal, maka dia bakal cukup merepotkan lantaran aki akan langsung mati seketika tanpa menunjukkan gejala-gejala yang terang. Lantas, bagaimana cara mengetahui ciri aki MF soak…?? Om Bro…!! Diantara ciri ciri aki soak di motor injeksi, ada cara yang paling sederhana untuk mengetahuinya, yaitu dengan memperhatikan putaran langsam motor secara seksama.

Benar Om…!! Dijaman now, dengan tujuan standar emisi gas buang dan efisiensi bahan bakar, hampir semua motor telah menggunakan injektor dalam sistem pengabutannya. Nah,…untuk memastikan supaya sensor injeksi dapat bekerja dengan normal dan maksimal, salah satu faktor yang harus terpenuhi ialah suplai arus listrik yang stabil dari aki.

Sementara kita sendiri sebagai pengguna, seringkali abai terhadap status kelaikan aki motor. …yang salah satunya disebabkan oleh ketidaktahuan kita sebagai pemilik motor. Masalahnya ialah karena tidak semua motor dibekali dengan indikator pemantau status aki, khususnya pada motor-motor entry level.

Sedangkan dijaman now, tidak seperti jaman old dimana starter elektrik, klakson dan lain-lain bisa dijadikan patokan indikasi soaknya aki. Dijaman now ini, sistem starter elektrik telah lebih canggih sehingga tidak membutuhkan arus listrik yang besar untuk dapat mengoperasikannya. Sehingga untuk aki yang telah mulai soak pun starter elektrik masih tetap bisa digunakan.

Nah… selanjutnya kembali ke pertanyaan awal, bagaimana caranya untuk mengetahui ciri ciri aki soak pada motor injeksi…?? Naahh… ini… Diciduk dari situs resmi Suzuki, ternyata ada cara sederhana untuk dapat mengetahui kondisi aki dan kelistrikan pada motor injeksi, …yaitu dengan memperhatikan putaran idle alias stasioner alias langsam si mesin motor.

Singkatnya, jika aki dan kelistrikan motor tengah ada pada kondisi normal, maka rpm mesin pada saat langsam akan stabil dan datar. Tidak naik-turun dan endut-endutan. Namun demikian, kondisi langsam yang tidak stabil pun tidak selalu disebabkan oleh aki yang soak. Ada hal lain yang juga bisa menjadi penyebab langsam mesin jadi tersendat, misalnya saja kondisi injektor/saluran bahan bakar yang kotor, klep kotor, ruang bakar bertumpuk kerak, dan lain-lain. Utamanya jika motor Sob Bikers telah berusia 5 tahun atau lebih.

So… jika Sob Bikers belum yakin dengan gejalanya, maka ada baiknya Sob Bikers berkonsultasi dengan teknisi yang berkompetensi tinggi. Ada pepatah mengatakan “Bisa Karena Biasa”. Begitu pun dengan hubungan antara Sob Bikers dengan motor Sob bikers sekalian… Seiring waktu, Sob bikers akan mengenal lebih dalam motor Sob Bikers masing-masing, …sehingga nantinya Sob Bikers bakal lebih peka terhadap gejela-gejala ganjil yang ada pada motor Sob Bikers sekalian Nah sekian dulu ya penjelasan tentang materi ini.

Moladin merupakan salah satu media yang menyediakan platform untuk menulis bagi siapa saja yang memiliki hobi menulis. OPINI BIKERS merupakan tulisan murni pendapat pribadi dari penulis dan menjadi tanggung jawab penulis, tidak ada maksud untuk menjatuhkan brand. Ingat Motor! Ingat Moladin!


Baca Juga