OPINI BIKERS: Pentingnya Pahami Rambu Lalin

Hallooo sobat otomotif? Kali ini gue mau share pengalaman berkendara dengan motor yang akhir-akhir ini di jalanan Jakarta yang semakin macet, pengendara motor makin semrawut. Walaaahh kacau!!! Just share ya temen-temen tadi ada maksud untuk mengucilkan orang-orang yang melakukan hal ini, hanya saja menurut gue perlu diluruskan supaya tidak menjadi habbit yang buruk saat berkendara.

Hal yang pertama, meresahkan banget buat orang-orang yang sering melawan arus saat kondisi macet. Alasannya pasti ingin cepat sampai alias gak mau lama stuck di jalan. Ini sering banget gue alamin di sepanjang jalan stasiun Cakung. Padahal hal kayak gini bisa menyebabkan kecelakaan, karena kendaraan yang datang dari arah berlawanan dipastikan tidak dalam keadaan yang pelan. Kalau sampai kejadian kecelakaan siapa yang salah?

Kedua menerobos lampu merah dan berhenti di depan garis putih. Oke, ini yang paling sering terjadi di setiap lampu merah di jalanan Jakarta. Memang kadang lampu merah yang merahnya lama itu menyebalkan, tapi ingat menerobos lampu merah juga tidak dibenarkan. Saat berkendara, bijaknya ya patuhi lampu lalin. Kalau merah berhenti, kalao hijau baru jalan. Hal ini menurut gue si langkah antisipasi untuk hindari kecelekaan. Karena jelas ya temen-temen, banyak kendaraan dari arah lain yang ketika lampu hijau langsung tancap gas, jadi salah-salah kalau kita terobos lampu merah kecelakaan jelas jadinya.

Ketiga, berjalan dengan melewati trotoar. Juga gak kalah banyaknya yang seperti ini. Gue kebetulan setiap harinya melewati jalur Tebet, nah setiap pagi sudah dipastikan macet kalao jam-jam berangkat kantor. Banyak pengendara motor yang berdalih kalau lewat trotoar bakal lancar dan hindari macet. Jelas salah dong. Hal begini bisa jadi malah bikin tambah macet juga mengambil hak orang pejalan kaki. Mengingat saat motor trobis trotoar, jelas pejalan kaki tidak punya ruang untuk berjalan. Nah, hal lain kalao kalau sampai trobos trotoar adalah bikin kondisi trotoar sudah pasti rusak.

Itu tadi tiga hal yang wajib kamu hindari ya. Oke? Karena sesama pengguna jalan juga harus saling menghormati. Jangan justru malah egois. Mudah-mudahan tulisan ini bikin kalian tergerak untuk tidak melanggar lalin. Itulah kunci keselamatan saat berkendara. Keep safety first ya bro sekalian, kunci keselamatan berkendara ada di tangan kita sendiri.

Moladin merupakan salah satu media yang menyediakan platform untuk menulis bagi siapa saja yang memiliki hobi menulis. OPINI BIKERS merupakan tulisan murni pendapat pribadi dari penulis dan menjadi tanggung jawab penulis, tidak ada maksud untuk menjatuhkan brand. Ingat Motor! Ingat Moladin!


Baca Juga