OPINI BIKERS: Risiko Besar Beli Motor STNK Only!

Salam bikers Moladiners se-Nusantara, masih setia dengan roda dua? Luar biasa. Pada kesempatan kali ini gua akan berbagi sedikit pengalaman kurang mengenakan yang dialami oleh beberapa kerabat saya. Silahkan dibaca tulisan di bawah. Di Era digital saat ini, tentu saja kita dimudahkan dengan berbagai fitur berbasis online yang menyediakan wadah untuk siapa saja yang hendak membeli atau menjual barang.

Namun, ada saja beberapa oknum nakal yang memanfaatkan itu untuk menjual produk tidak legal. Contohnya seperti menjual sepeda motor STNK Only, atau surat-surat kendaraan tidak lengkap, hanya ada STNK tanpa BPKB. Perlu diketahui, ada beberapa resiko bagi yang berani beli motor STNK Only. Berikut beberapa peristiwa yang pernah terjadi bagi pengguna kendaraan STNK Only, seperti keterangan dari beberapa sumber yang sengaja gua tanya.

Tidak bisa "Balik Nama" bagi kalian yang membeli sepeda motor yang hanya ada STNK saja, jelas tidak bisa diurus untuk balik nama. Sebab peraturannya harus menyertakan STNK dan BPKB serta fotocopy kartu identitas pemilik kendaraan seperti yang tertera pada surat tanda nama kendaraan. Distop Orang Di Jalan Kasus ini kerap kali terjadi pada penguna sepeda motor yang hanya dibekali STNK saja.

Bahkan, terkadang sepeda motor mereka direbut paksa dengan menunjukkan berkas keterangan kendaraan tersebut. Sepeda motor yang tidak lengkap surat-menyurat pastilah memiliki kisahnya sendiri. Bisa saja sepeda motor itu masih dalam masa kredit. Atau mungkin hasil penggelapan, dan yang terparah adalah hasil pencurian.

Tentu saja kalian tidak mau kan, dituntut dengan kasus penadahan? Sulit Mengurus Pajak Untuk membayar pajak kendaraan biasanya kita diminta untuk menyertakan fotocopy kartu identitas sesuai dengan yang tertera pada surat kendaraan. Jika tidak, Anda takkan bisa membayar pajak. Itulah beberapa resiko yang patut dipertimbangkan jika hendak membeli sepeda motor STNK Only. Jangan mudah tergoda dengan harga murah. Ada baiknya membeli kendaraan dengan surat-surat yang lengkap, untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan. Semoga artikel di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang berniat membeli motor bekas. Salam bikers.

Moladin merupakan salah satu media yang menyediakan platform untuk menulis bagi siapa saja yang memiliki hobi menulis. OPINI BIKERS merupakan tulisan murni pendapat pribadi dari penulis dan menjadi tanggung jawab penulis, tidak ada maksud untuk menjatuhkan brand. Ingat Motor! Ingat Moladin!


Baca Juga