OPINI BIKERS: Tips Hemat BBM, Bikin Kantong Aman

Helo bikers bagaimana kabar kalian? Selalu sehat kan yaahh. Sesama pengguna roda dua gue mau berbagi tips nih supaya saat bermotoran tidak bikin kantong jebol, apalagi sekarang ini kan harga BBM terbilang mahal jika dibanding beberapa tahun belakangan.

Seringkali pengguna motor menggunakan motornya dengan cara yang salah, akhirnya bikin konsumsi BBM boros dan bikin pengeluaran membengkak alias bikin kantong jebol, padahal hal ini bisa diminimalisir. Tipsnya mudah kok, cek dan simak ya!

  1. Cara Berkendara, yang pastinya tidak boleh asal menarik dan lepas gas, lalu juga rem. Perhatikan saat mengendalikan motor, kecepatan harus stabil, jangan terlalu ngebut, supaya bahan bakar bisa lebih awet.
  2. Selanjutnya tekanan ban juga mempengaruhi konsumsi bahan bakar sob, kenapa begitu? Karena jika tekanan angin pada ban tidak sesuai, dipastikan motor membutuhkan power lebih untuk mendorong motor agar melaju dengan semestisnya, hal ini tentunya membuat bahan bakar ngucur daripada yang semestinya.
  3. Kualitas oli motor juga diperhatikan ya, sob. Gak boleh asal-asalan dalam memilih oli, karena kualitas oli yang bagus bikin mesin ikutan jadi halus, karena gesekan mesin tidak kasar, satu sisi kalau oli kualitas bagus juga bikin suhu mesin lebih normal dan adem dan konsumsi bahan bakar tentunya jadi lebih hemat.
  4. Jangan malas juga buat cek busi, part kecil ini memang harganya murah tapi ternyata punya peran penting galam hal pembakaran. Busi yang bermasalah bisa jadi sumber borosnya konsumsi BBM. Kalau kondisi busi sudah jelek dan percikan api tak maksimal, maka dipastikan harus ganti dengan yang baru.
  5. Servis rutin janga lupa, jangan pelit kalau urusan merawat motor, kenapa demikian? Karena ini wajib hukumnya, saat melakukan servis rutin perhatikan hal-hal yang sifatnya penting, mulai dari pembersihan karburator atau injeksi (untuk motor fuel injection). Kalau ada part yang musti diganti karena sudah jelek, konsultasikan dengan mekanik baiknya seperti apa.

Oke gimana? Mudah pastinya kan. Tips tadi memang sejatinya tidak akan ampuh 100% untuk menghemat konsumsi BBM sepeda motor, tapi perlu di ingat saat motor dalam kondisi mesin prima, BBM yang dikeluarkan juga bisa di press, bikin kantong gak jebol dan punya uang jajan lebih deh!!!

Moladin merupakan salah satu media yang menyediakan platform untuk menulis bagi siapa saja yang memiliki hobi menulis. OPINI BIKERS merupakan tulisan murni pendapat pribadi dari penulis dan menjadi tanggung jawab penulis, tidak ada maksud untuk menjatuhkan brand. Ingat Motor! Ingat Moladin!


Baca Juga