OPINI BIKERS: Ganti Oli yang Pas Menurut Ane

Berkendara dengan aman dan selamat adalah hal yang diharapkan oleh semua pengendara, apalagi jika harus menempuh perjalanan jauh. persiapan seperti pemeriksaan kondisi motor sangatlah penting untuk menghindari adanya hambatan di perjalanan, terutama mengenai penggantian oli pada motor. Umumnya orang akan mengganti oli kendaraan ketika motor telah mencapai 2000 - 3000 KM jarak tempuh atau rutin 2 bulan sekali.

Hal itu mungkin benar jika perjalanan anda selama ini lancar dan tanpa hambatan seperti kemacetan. Justru masalah akan timbul saat anda meremehkan hal ini, sebab menurut pengalaman saya pribadi, terkadang walaupun belum mencapai 2000 KM atau 2 bulan, tiba2 motor menjadi bermasalah. Saat diperiksa keseluruhan ternyata penyebabnya oli yang sudah nyaris mengering dengan warna hitam pekat. Oleh sebab itu pentingnya untuk memeriksa keadaan oli motor. Hal yang perlu anda perhatikan antara lain:

  1. Periksa kedalaman atau volume oli menggunakan lidi atau cotton bud untuk memeriksa seberapa dalam oli motor anda serta perhatikan warna kepekatan oli motor anda. Jika pada lidi terlihat bekas oli hanya di ujung atau warna yang tampak adalah hitam pekat segeralah untuk segera mengganti dan mengisi dengan oli baru.
  2. Jangan pernah mencampur oli motor yang berbeda merk pada motor anda, sebab kandungan zat aditif pada setiap merk oli motor berbeda antara satu dengan yang lainnya.
  3. Gunakan oli yang sesuai dengan rutinitas harian anda dan pilih yang berkualitas serta masih baru. Jangan pernah menggunakan oli bekas walaupun belum pernah digunakan demi keamanan kendaraan anda
  4. Jangan mengisi oli terlalu banyak atau terlalu sedikit. Volume ketinggian oli harus diperhatikan antara batas minimum dan maksimumnya yang bisa diperiksa dengan menggunakan dipstick atau ikuti anjuran pabrik.
  5. Selalu ingat untuk mengganti ring oli motor setiap membuka pembuangan oli untuk menghindari kebocoran disaat pemasangan kembali baut oli. Selalu ingat dan perhatikanlah keadaan oli motor. Walau terlihat sepele namun sangat berpengaruh dalam kelancaran berkendara. Semoga pengalaman ini bisa bermanfaat.

Moladin merupakan salah satu media yang menyediakan platform untuk menulis bagi siapa saja yang memiliki hobi menulis. OPINI BIKERS merupakan tulisan murni pendapat pribadi dari penulis dan menjadi tanggung jawab penulis, tidak ada maksud untuk menjatuhkan brand. Ingat Motor! Ingat Moladin!


Baca Juga