OPINI BIKERS: R15 2015 Kelistrikan Sering Masalah

Sobat Moladin pasti sudah tidak asing lagi dengan varian motor sport Yamaha. Pasalnya, Yamaha memang memiliki beberapa varian motor sport yang cukup menggoda dari sisi desain dan performa. Nah, salah satu motor sport Yamaha yang cukup menarik untuk dimiliki ialah Yamaha R15. Motor ini hadir dalam berbagai versi termasuk versi terakhir yang menggunakan mesin VVA.

Sayangnya, diantara sekian varian R15, varian dari motorsport 150cc rakitan tahun 2015 dan 2016 termasuk yang sering bermasalah. Beberapa pemilik Yamaha R15 2015 curhat di forum dunia maya bahwa motor sport miliknya sering mengalami mati mendadak ketika dikendarai. Tidak hanya itu, beberapa pemilik R15 juga menyebutkan bahwa mesin motor 150cc ini tiba-tiba brebet.

Kondisi mesin yang mbrebet ini menariknya terjadi saat kondisi mesin masih dingin hingga kondisi mesin sudah panas. Yang membuat tambah panik pemilik motor sport ini ialah menyalanya lampu indikator MIL atau Malfunction Indicator lamp yang berwarna orange di speedometer. Setelah dilakukan penelusuran ke beberapa bengkel, didapati bahwa beberapa motor Yamaha R15 bekas tahun 2015 dan 2016 mengalami aki yang lemah. Kala di cek, aki motor dalam kondisi bagus. Namun, ketika mesin digas aki langsung drop.

Sementara itu, kala dilakukan pengecekan penyebab menyalanya lampu MIL, didapati adanya ketidak stabilan didalam sistem pengisian aki yang bermasalah. Setelah semua komponen kelistrikan dicek ternyata sumber masalah ada di kiprok. Kiprok Yamaha R15 ini ternyata mengisi berlebih sehingga membuat komponen lain error. Kiprok bermasalah ini juga membuat tegangan listrik di motor tidak optimal sehingga mempengaruhi performa motor.

Nah, solusi dari masalah pada Motor sport Yamaha ini tentu saja mengganti aki dan kiprok. Kamu dapat mengganti aki motor Yamaha dan kiprok R15 dengan spek sesuai pabrikan. Nah, jika kedua komponen tersebut sudah diganti dan motor Yamaha R15 2015 masih kurang nyaman, bisa jadi masalah ada di Fuel Pump. Maka agar tidak semakin melebar, segera cek motor Yamaha R15 kamu produksi 2015 dan 2016 ke bengkel resmi Yamaha terdekat.

Moladin merupakan salah satu media yang menyediakan platform untuk menulis bagi siapa saja yang memiliki hobi menulis. OPINI BIKERS merupakan tulisan murni pendapat pribadi dari penulis dan menjadi tanggung jawab penulis, tidak ada maksud untuk menjatuhkan brand. Ingat Motor! Ingat Moladin!


Baca Juga