Kamis, Maret 28, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Pakai Mesin Dua Silinder, Harga Yamaha R7 Murah Banget

by Baghendra Lodra
harga yamaha r7

Akhirnya harga Yamaha R7 terungkap saat peluncuran global, Selasa (18/5). Banderol motor sport ini sangat terjangkau, bahkan jauh lebih murah dari Yamaha R6 selaku saudaranya.

Tidak percaya? Di Amerika Serikat, Yamaha R7 dijual $8.999 atau setara Rp 128 jutaan. Sementara R6 tembus $12,199, setara Rp 174 jutaan.

Padahal dari sisi mesin, R7 memiliki kubikasi yang lebih besar mencapai 689 cc. Bandingkan dengan R6 yang cuma 599 cc.

Lalu apa yang membuat harga Yamaha R7 jadi murah? Penyebab utama adalah penggunaan mesin CP2 dengan konfigurasi dua silinder.

Walau kubikasinya besar, namun jumlah silinder yang diberi pabrikan garpu tala sedikit. Cek saja R6, motor sport tersebut menggunakan empat silinder.

Sebagai informasi, mesin R7 adalah hasil adopsi dari MT-07. Jadi soal pengembangannya tidak perlu makan banyak biaya. Jadilah harga jual motor sport full fairing terbaru ini bisa ditekan.

Hanya saja kalau kamu menginginkan performa mantap di putaran mesin atas, jangan terlalu berharap banyak. Mesin Yamaha R7 cuma bisa melontarkan torsi 67 Nm pada 6.500 rpm dan tenaga 73,4 PS pada 8.750 rpm.

Baca juga  Yamaha Aerox 155 Vs Honda Vario 150, Mana Lebih Baik?

Bandingkan dengan motor Yamaha R6 yang bisa mengeluarkan torsi 61,7 Nm pada 10.500 rpm dan tenaga maksimal 118,4 PS pada 14.500 rpm. Cukup jauh kan bedanya?

Kelebihan Yamaha R7

harga yamaha r7

Yamaha R7 memiliki bobot ringan dan fitur-fitur modern

Walau dari sisi performa kurang mantap, namun kelebihan Yamaha R7 bukan berarti tidak ada. Sebut saja teknologi yang dihadirkan cukup modern, seperti assist & slipper clutch.

Guna assist clutch meringkankan tuas kopling. Sementara slipper clutch mencegah roda belakang selip saat menurunkan gigi terlalu cepat. Tidak ketinggalan ada opsi quich shift system untuk perpindahan gigi naik yang mudah, tidak perlu menekan kopling.

Hadir fitur suspensi depan upside down dari KYB dengan diameter 41 mm. Suspensi ini dapat diatur sepenuhnya mulai dari preload, rebound, dan compression.

Kemudian untuk pengereman cukup mumpuni. Ada radial mount 4-pot di roda depan yang dikombinasikan dual cakram berukuran 298 mm. Yamaha juga memberi R7 radial master cylinder dari Brembo.

Yamaha R7 juga menarik, karena bobotnya ringan cuma 188 Kg. Hal ini dikarenakan penggunaan rangka ringkas dan jumlah silinder yang sedikit. Berat tersebut lebih ringan 2 Kg dibanding R6.

Baca juga  Kawasaki Ninja ZX-25R Versi Racing Resmi Diperkenalkan!

Lalu dengan segala kelebihan Yamaha R7 tersebut, apakah kamu tertarik meminangnya?

Tentu ketika masuk ke Indonesia nanti, harga Yamaha R7 tidak bakal semurah di Amerika atau Eropa. Kemungkinan banderolnya jauh lebih mahal. Walau tidak semahal R6 yang dijual Rp 270 juta.

Sebagai gambaran, Yamaha MT-07 di Tanah Air dijual Rp 243 jutaan. Maka harga Yamaha R7 kalau masuk sini, sekitar Rp 250 jutaan. Tetap menarik?

Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif, pantau Moladin!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika