Pakai Mesin Nmax, Motor Matik Yamaha Terbaru Diuji Jalan!

Motor matik Yamaha terbaru sedang melakukan uji jalan di Taiwan. Dari tampilannya, kuda besi ini punya desain seperti Mio. Hanya saja bodi lebih gemuk dan suspensi belakang pakai konfigurasi ganda.

Blogger asal jepang, kojintekibikematome menduga motor matik Yamaha terbaru tersebut adalah Cygnus X versi 2020. Perubahan yang tampak ada di sektor desain lebih segar. Sektor mesin juga sepertinya mendpat revisi.

Sekilas desain mesinnya mirip Nmax 155 terbaru yang dijual di Indonesia. mau tahu detailnya? Simak bahasan berikut:

Pakai Mesin Nmax 125 cc

Motor matik Yamaha terbaru ini disebut-sebut pakai mesin Nmax tapi kapasitasnya 125 cc (Sumber: Twitter @hades801231)

Buat kamu yang belum tahu Yamaha Cygnus X, motor ini ada di kelas matik entry level 125 cc untuk pasar Jepang. Cygnus punya tampilan unik. Pakai ban 12 inci, namun bodinya memiliki garis tajam seperti Mio.

Dari informasi Kojintekibikematome, kemungkinan besar Cygnus X bakal mengalami revisi besar pada tahun ini. Tidak hanya desain, fitur, dan mesin ikut kena revisi.

Jika melihat gambar, tampak kemiripan mesin Cygnus X terbaru dengan jantung mekanis Nmax. Kesamaan tampak komponen filter udara. Desainnya dibuat memanjang dan agak seperti bulan sabit.

Jika benar, maka motor matik entry level ini memperoleh teknologi katup variabel (VVA). Guna VVA untuk memaksimalkan performa di berbagai rentang putaran mesin. Walau demikian, soal kapasitas sepertinya tetap pakai 125 cc.

Menariknya lagi, di Indonesia sebenarnya sudah ada mesin 125 cc dengan VVA. Jantung mekanis itu punya Yamaha Lexi. Hanya saja, mesin 125 cc VVA Cygnus X terbaru sepertinya bukan pakai milik Lexi.

Bisa jadi inilah mesin 125 cc VVA generasi terbaru yang berbasis mesin Nmax 155. Dengan demikian, ada pula kemungkinan Yamaha Lexi bakal mendapat mesin anyar tersebut di kemudian hari!

Baca juga:

Fitur Motor Matik Yamaha Terbaru yang Diuji Jalan!

Desain Yamaha Cygnus X lama yang dijual di Jepang

Selain mesin, Yamaha Cygnus X disebut-sebut memperoleh berbagai fitur modern. Sebut saja sistem keyless. Fitur ini memudahkan pengaktifan mesin.

Keyless juga berguna mencegah maling, lantaran sudah dilengkapi immobilizer yang sulit dibobol. Ada pula suspensi belakang jenis tabung. Komponen ini pastinya dapat menjdikan bantingan lebih berkualitas.

Sisanya kurang lebih sama seperti Cygnus X versi lama. Ada panel instrumen full digital, sistem pencahayaan LED, dan rem cakram di kedua roda.

Terkait bagasi, motor Yamaha terbaru ini juga dikenal cukup andal dalam menyimpan barang. Di bawah joknya ada kompartemen luas yang muat helm full face.

Share this!

Baghendra Lodra

Jurnalis otomotif sejak 2012. Spesialisasinya sebagai reviewer motor dan mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *