by

4 Tips Beli Suzuki GSX-S150 Bekas Agar Dapat Barang Berkualitas

Suzuki GSX-S150 Bekas – Sebagai salah satu pemain besar dalam bisnis sepeda motor di Indonesia, Suzuki memiliki layanan purna jual yang sangat bagus. Jaringan dealer dan ketersediaan suku cadang juga sudah sangat baik di seluruh Indonesia. Dengan kata lain, harga motor bekas Suzuki harusnya tidak akan terlalu jauh melorot dibanding harga barunya.

Akan tetapi masalahnya, harga motor bekas tidak hanya bergantung pada kualitas yang disajikan pabrikan, melainkan persepsi masyarakat. Contohnya saja Honda, pabrikan berlogo kepak saya ini punya citra positif karena banyak orang menilai onderdilnya murah juga perawatannya mudah. Masyarakat juga percaya bahwa motor bekas Honda layak dihargai mahal. Branding itulah yang menentukan harga motor bekas di pasaran.

Menurut pengakuan beberapa pemilik dealer motor bekas, Suzuki tidak memiliki branding sekuat Honda. Alhasil, harga jual kembali motor bekas Suzuki pun mengalami penurunan yang sangat tajam dibanding harga barunya. Depresiasi besar ini tentu bukan hal yang diinginkan Suzuki, sehingga mereka terus berusaha menaikkan brand awareness mereka.

Tapi di lapangan, harga motor bekas Suzuki memang relatif rendah jika dibandingkan dengan merek Jepang lainnya. GSX series adalah salah satu motor dengan depresiasi harga yang sangat besar dari motor baru ke motor bekas. Suzuki GSX-S150 merupakan salah satu motor yang paling parah penurunannya.

Baca juga  All New Satria F150, Motor Ayam Jago yang Doyan Ngebut

Sebagai contoh, Suzuki GSX-S150 bekas tahun 2017 kini dihargai di kisaran Rp 15 – 16 jutaan. Berikut ini adalah beberapa tips yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan untuk membeli motor Suzuki GSX-S150 bekas.

 

1. Survey Harga Pasaran

panduan-lengkap-membeli-gsx-s150-bekas-berkualitas
Survey harga bisa dilakukan melalui pasar online

Harga motor bisa berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya. Pastikan Anda melakukan riset harga duku sebelum memutuskan untuk membeli motor ini. Pelajari berapa range harga untuk GSX-S150 bekas dari tahun tertentu. Tujuannya adalah agar Anda tidak membayar terlalu mahal untuk motor bekas ini walaupun memang masih sangat berkualitas.

Survey harga bisa dilakukan dengan mendatangi berbagai dealer motor bekas atau pasar online. Ketahui juga apakah harga yang tertera di listing itu masih bisa ditawar atau harga pasti. Dengan demikian, Anda akan memiliki gambaran besar tentang harga motor ini secara keseluruhan. Anda akan tahu, misalnya, harga Suzuki GSX-S150 tahun 2018 itu pasarannya berapa.

 

2. Beli di Penjual Terpercaya

panduan-lengkap-membeli-gsx-s150-bekas-berkualitas
Beli di dealer motor bekas yang sudah terpercaya

Jangan mudah tergoda dengan harga murah, terutama jika Anda membeli secara online. Selalu ada orang jahat yang punya niat menipu untuk mendapatkan uang Anda. Kalau membeli secara online, pastikan Anda melakukannya di platform yang sudah terpercaya seperti Moladin. Pastikan uang Anda aman dan tak dibawa kabur oleh penjual.

Baca juga  Bikin Ganteng Yamaha MT-15? Tiru Modifikasi Berikut Ini

Jika, Anda memilih membeli secara langsung di dealer motor bekas, Anda akan punya kesempatan untuk mengecek secara langsung kondisi Suzuki GSX-S150 yang akan Anda beli. Anda juga bisa leluasa untuk melakukan negosiasi dengan penjual secara verbal. Ini bisa jadi penting jika Anda adalah orang yang piawai melakukan negosiasi harga.

Daftar Harga Suzuki GSX-S150

Produk Kelebihan Harga

Suzuki GSX-S150 (Standar)

Harga terjangkau di kelas naked bike 150cc Cek Harga Promo di Sini
Suzuki GSX-S150 (Keyless) Sudah tidak pakai anak kunci dan dilengkapi fitur modern Cek Harga Promo di Sini

 

3. Cek Kondisi Motor

Cek Rantai Motor 1 e1529920056335
Cek kondisi motor, salah satunya di rantai

Saat membeli motor bekas, Anda memiliki risiko untuk mendapatkan barang yang sudah rusak. Kadang kerusakan itu tak terlihat tetapi memiliki imbas besar terhadap kinerja motor. Karena itu sangat penting bagi calon pembeli motor bekas untuk memastikan semua onderdil motor masih dalam kondisi yang bagus.

Periksa bagian olinya, fungsi speedometer, bentuk bodi apakah lecet atau sudah mengalami modifikasi, dan lain sebagainya. Karena Suzuki GSX-S150 adalah motor naked, pemeriksaannya akan sedikit lebih mudah.

Anda bisa mengujinya bukan cuma dengan cara melihat kondisi fisik motor saja, tetapi juga mencobanya secara langsung. Jika Anda merasakan ada masalah, maka Anda bisa memilih unit lain. Dengan memilih sendiri, Anda akan bisa memastikan telah mendapatkan unit terbaik dengan harga yang paling kompetitif.

Baca juga  Berpaling Dari Otomotif, Suzuki Akan Produksi Alat Kesehatan

 

4. Teliti Kelengkapan Surat-Surat

Resmi Begini Cara Urus BPKB Kendaraan Secara Online 3
Cek kelengkapan STNK dan BPKB

Yang tak kalah penting dari kondisi motor adalah  kelengkapan dokumennya. Pastikan surat-suratnya lengkap, mulai dari STNK hingga BPKB. Cek juga apakah nomor rangka dan nomor mesin yang tertera di dokumen itu sudah sesuai dengan nomor rangka dan mesin yang ada di GSX-S150 yang akan Anda beli.

Terkadang, ada orang yang menjual motornya dalam kondisi pajak yang sudah mati (terlambat dibayar). Dalam hal ini, pastikan Anda mengetahui berapa denda yang harus Anda bayar untuk melunasi pajak tersebut agar motor GSX-S150 yang Anda beli bisa segera dikendarai di jalanan.

Semoga tips tadi bisa bermanfaat buat Anda, sebelum memutuskan untuk beli Suzuki GSX-S150 bekas. Tertarik untuk membelinya? Caranya mudah dan tidak perlu ribet. Kini melakukan pembelian dengan cara online ataupun kredit jadi lebih mudah. Caranya cukup dengan melakukan klik link ini! Dapatkan penawaran cicilan ringan dengan promo DP rendah dan harga terbaik Suzuki GSX-S150.

Baca juga:

Terbaru