by

Panduan Modifikasi Mobil Avanza, Jangan Berlebihan!

Mungkin saat ini kamu sedang mencari referensi terkait modifikasi mobil Avanza. Sebagai salah satu kendaraan terlaris di Indonesia, tentulah tidak sulit untuk menemukan hal-hal terkait modifikasi kendaraan tersebut.

Termasuk dalam pemilihan part aftermarket pendukungnya, seperti pelek, audio, body kit, pastinya berlimpah di pasaran. Mengenai aliran modifikasi mobil Toyota Avanza kebanyakan, biasanya didominasi konsep elegan dan sporty.

Jadi walau pun banyak komponen berlebihan di pasaran. Harganya pun murah-murah. Kunci dalam modifikasi mobil Avanza adalah tidak berlebihan. Pasalnya kendaraan ini berjenis MPV, plus lebih dominan dipakai untuk kendaraan keluarga. Tenut tidak memerlukan ubahan ekstrim.

Cerita sedikit mengenai kiprah Toyota Avanza, pertama kali diluncurkan pada tahun 2003. Waktu itu Toyota Avanza hadir dalam dua dua model dalam versi transmisi manual saja yakni 1.3 E dan 1.3 G.

Lanjut generasi VVT-i pertamannya rilis di tahun 2004. 2011 muncul All New Avanza (Veloz) dan Versi facelift kedua dari Avanza yang rilis di tahun 2019.

Nah, sedemikian panjangnya perjalanan Toyota Avanza, mungkin banyak pemilik yang sudah jenuh dengan tampilan standarnya. Maka dari itu modifikasi bisa jadi solusi untuk mengatasi hal tersebut.

Modifikasi mobil Avanza sekali lagi, tidak bicara merombak dengan skala besar-besaran. Karena modifikasi sah-sah saja hanya dilakukan dengan mengganti atau menambahkan fitur atau parts terbaru ke dalam kommponen kendaraan agar tampilannya sedkit lebih manis.

Umumnya, untuk Toyota Avanza ada beberapa komponen bagian yang di upgrade supaya Avanza lawas terlihat jadi lebih segar. Misalnya dengan mengganti pelek, menembahkan sentuhan body kit, atau melapisi jok dengan bahan kulit berkualitas.

Baca juga  Toyota Harrier Terbaru Meluncur Juni 2020, Ini Daftar Ubahannya!

Nah dari pada penasaran, yuk kita bedah satu-satu komponen-komponen yang biasa diubah untuk mendongkrak penampilan Avanza lawas.

Ragam Model Pelek

Modifikasi mobil Avanza
Pakai pelek ring 16 atau 17 inci membuat Avanza semakin manis

Saat melakukan modifikasi mobil Avanza, pelek merupakan komponen paling mudah untuk dilakukan substitusi. Terlebih untuk Toyota Avanza, pilihan pelek aftermarketnya berlimpah-limpah di pasaran.

Meski begitu kamu tidak boleh sembarangan dalam memilih pelek. Jangan sampai penyesuaian ukuran pada pelek ini mengorbankan keamanan serta kenyamanan dalam berkendara.

“Sebaiknya jangan mengorbankan kenyamanan hanya karena tampilan mobil terlihat lebih keren. Harus diperhitungkan fungsionalitas kendaraan tetap terjaga, pilihan pelek untuk Avanza banyak, pasti banyak model yang memenuhi kritreria ini,” kata Odry, salah satu pemilik Toyota Avanza yang gemar modifikikasi di bilangan Jakarta Timur.

Untuk ukuran ideal, disarankan mengganti pelek dengan diameter maksimal berjarak 2 inci dari ukuran standar. Misalnya kalau pelek standar pakai ring 14, biasanya di Avanza lama. Bisa kamu ganti dengan menggunakan velg ukuran R15, atau maksimal R16. Jika Avanza standar telah menggunakan pelek ukuran standar ring 15, maka bisa menggunakan velg dengan ukuran maksimal ring 17 inci.

Pilihannya bisa menggunakan pelek buatan lokal HSR Wheels Arrow berukuran 16 inci dengan lebar 7 inci dan ET 45. Pelek jenis ini cocok dengan mobil Avanza yang mengusung aliran sporty dan elegan.

Baca juga  Spesifikasi Toyota Fortuner Facelift, Pajero Sport Lewat?

Atau bisa juga menggunakan HSR Shijuku dengan desain model jari-jari. Perbedaanya terletak pada jumlah spoke dan tingkat ketebalan jari-jari, sementara warnanya terbilang mirip yakni hitam dof.

Kesan sporty terasa kuat meskipun ini merupakan pelek jari-jari karena desain spoke yang cukup kekar. Pelek ini dibekali ukuran ring 17 inci dengan lebar depan 7,5 inci dan belakang 9 inci, untuk off set berada di 38 dan 28.

Sama seperti tipe sebelumnya, pelek ini mempunyai double PCD yakni Ada 4×100 mm sama 5×114,3 mm. Harganya dibanderol pada Rp 6,1 juta untuk satu set pelek.

Terakhir kamu bisa gunakan model HSR Tendon, brand lokal ini satu ini bisa dibilang paling sporty di antara 3 pilihan yang direkomendasikan. HSR Tendon dirancang dengan spoke berpalang 5 sehingga kesar kekar dan sporty sangat terasa, cocok untuk bergaya street racing.

Ukurannya ring 17 inci dengan lebar 7, 5 inci dan ET 42 dengan double PCD 4×100 mm dan 4×114,3 mm. Harganya berada di angka Rp 5,7 juta untuk satu set pelek.

Body Kit Terjangkau

modifikasi mobil Avanza

Nah sama dengan komponen pelek, produk body kit untuk Toyota Avanza pun tersedia berlimpah di pasaran. Harga mulai Rp 1-2 jutaan.

Kamu bisa mengubah tampilan Avanza keluaran pertama sakali pun jadi bergaya modern dengan sentuhan body kit luxury yang tersedia di pasaran. 

Cara pemasangannya pun mudah dengan cara plug and play alias tanpa mengubah dudukan bumper standar atau tanpa merusak. Misalnya, dalam modifikasi mobil Avanza menggunakan body kit aftermarket harga yang ditawarkan oleh bengjel spesialis body kit RCM Workshop, mulai Rp 1,1 juta untuk upgrade ke Toyota Avanza Luxury.

Baca juga  Diskon Toyota Innova dan Fortuner Tembus Rp100 Juta, Kok Bisa?

Harga tersebut sudah sudah termasuk bumper depan dan belakang, bodi samping kiri dan kanan, dan termasuk cat epoxy. untuk bahan terbuat dari plasik ABS.

Interior Bisa Kustom

Modifikasi mobil avanza

Selanjutnya modifikasi mobil Avanza bisa berlanjut merambah sektor interior, kamu bisa bikin rapih sektor ini agar mobil tampil segar dan bikin betah pengemudinya.

Karena modifikasi interior ini tidak melulu untuk keperluan kontes namun untuk harian yang membuat tampilan interior lebih nyaman kadang juga diperlukan.

Untuk memudahkan kamu modifikasi mobil Avanza, bisa datang langsung ke sentra onderdil mobil. Biasanya disana sudah ada toko spesialis interior untuk Toyota Avanza.

Harga yang ditawarkan beragam, dari Rp 3 jutaan hingga puluhan juta sesuai kebutuhan dan bahan kulit yang digunakan. Merek-merek jok kulit ternama seperti MBTech, Lederlux, dan lain-lain.

Biasanya ubahan yang dilakukan hanya pada jok dan door trim. Tetapi jika ingin lebih dari itu harganya bisa lebih tinggi. Kamu juga bisa melakukan kustom sesuai selera, baik dari penggunaan bahan, desain dan warnanya.

Demikian ulasan terkait modifikasi mobil Avanza. Simak terus Moladin.com untuk mendapatkan update terbaru berita otomotif.

Terbaru