by

Panduan Modifikasi Terios Bergaya Adventure

Bicara modifikasi, tentu semua mobil bisa dipermak tampilannya. Jika kamu mau modifikasi Terios, berikut ada beberapa informasi yang akan kami sampaikan untuk kamu.

Tentunya, dalam melakukan modifikasi, tidak memandang apakah itu mobil baru atau mobil lama. Salah satu tujuan modifikasi adalah membuat tampilan mobil tersebut menjadi lebih sedap dipandang dengan konsep yang baru.

Dalam hal ini, kesesuaian tema juga perlu agar modifikasi yang dihasilkan, tidak begitu melenceng jauh dari apa yang kamu inginkan. Ada beberapa aliran modifikasi, seperti adventure, atau modifkasi terios alto.

Memang kebanyakan, pemilihan tema untuk modifikasi Daihatsu Terios memilih adventure lantaran karakter bodi yang ditampilkan sudah sangat mumpuni. Meski demikian, untuk aliran lain juga ada namun tidak mendominasi.

Modifikasi Terios lama biasanya memilih gaya ini lantaran body style yang kekar dan kotak, sehingga sudah mumpuni untuk bergaya adventure. Sama seperti yang diutarakan oleh Robby, modification enthusiast di Jakarta.

“Kebanyakan sih yang saya tahu memang kaya gitu. Jadi SUV bermain dengan gaya adventure. Dalam artian, adventure hanya sebatas styling ya, bukan yang benar-benar jadi mobil adventure,” jelasnya.

Untuk menopang tampilan yang mumpuni, ubahan yang terbilang vital adalah melakukan penggantian pada sektor kaki-kaki. Modifikasi velg Terios, menjadi kunci yang bisa merepresentasikan gaya modifikasi tersebut.

Baca juga  Inspirasi Modifikasi Xpander Bergaya Elegan, Bisa Dicoba

Pemilihan velg dengan karakter yang kuat dan agresif, membuat mobil ini cukup mudah meningkatkan stylingnya. Namun, untuk beberapa komponen yang sering dimainkan memang dari sisi eksterior, terutama penggunaan bumper, velg, serta penambahan beberapa aksesoris lainnya.

Kalau Mau Modifikasi Daihatsu Terios, Harus Perhatikan Hal-Hal Kecil

Modifikasi Terios dengan gaya adventure
Modifikasi Terios bergaya Alto

Penggunaan lampu tersebut juga harus sesuai. Terlebih jika mengambil tema adventure, biasanya pengaplikasian sektor penerangan menjadi kunci setelah perubahan dari sektor kaki-kaki tadi.

“Lampu juga harus diperhatikan. Banyak juga kan modifikasi yang tidak mengubah lampu, memang terkesan minor, tapi ini akan memperkuat aura gaya modifikasi pada mobil tersebut,” tambah Robby.

Modifikasi lampu Terios dalam pemilihan gaya adventure, juga memengaruhi totalitas dalam mengubah tampilan. Pasalnya, untuk pemilihan modifikasi gaya ini selalu dihiasi dengan lampu yang besar dan ditempatkan di beberapa titik.

Sebut saja pada bumper depan dan di atas roof, penggunaan lampu dengan dimensi yang lebih besar dan biasanya berwarna kuning, menjadi penggunaan yang wajib dilakukan. Tidak hanya pada bagian depan, tetapi modifikasi lampu belakang Terios juga menyelaraskan tema adventure yang dipilih.

Baca juga  6 Tips Merawat Mobil untuk Pemula, Sederhana dan Mudah!

Beberapa penggunaan lampu besar, bisa sangat mudah didapatkan. Untuk perangkat aksesoris, bisa didapatkan di beberapa toko terdekat, terlebih untuk wilayah Jakarta bisa manyambangi pasar otomotif di MGK Kemayoran, Jakarta Pusat.

Sedangkan bicara mengenai harga yang harus dikeluarkan, dalam memodifikasi menjadi gaya adventure, biasanya kisarannya berada di angka Rp 50 juta sampai Rp 150 juta untuk tampilan yang lebih macho lagi.

Modifikasi Terios Gaya Alto (All Light Terrain Off-road)

Modifikasi Terios dengan gaya adventure
Modifikasi Terios dengan penggunaan roof box

Kalau kamu mau lebih ekstrem lagi, modifikasi Terios bisa pakai gaya Alto atau all light terrain off-road. Di mana, pada modifikasi ini, perubahan terletak pada sektor luar dan lebih tampil agresif dari versi adventure biasa.

Mengenai ubahan yang dilakukan, pada modifikasi Terios gaya Alto, salah satu yang paling ketara adalah penggunaan komponen ban yang berdesain offroad. Ban pacul dengan dimensi besar, serta ditopang dengan velg dan bodikit, membuat ciri khas tersendiri.

Tidak hanya sampai di situ, tetapi untuk guard atau tambahan pelindung bumper, juga sering kali dipasangkan dengan alasan menambah gaya ekstrem. Tidak hanya di depan, melainkan di sektor bumper belakang juga dipasangkan pelindung yang sama.

Baca juga  Konsumsi BBM Daihatsu Rocky, Versi 1.200 cc Paling Irit

Demi menambah kenyamanan dalam penggunaannya, sektor suspensi juga kerap diganti dengan menggunakan komponen yang lebih rigid. Dalam artian, bantingan yang dihasilkan bisa lebih mumpuni ketika diajak melintas jalan semi offroad.

Untuk menambah gaya yang lebih offroad, pemilik Terios juga sering menambah komponen roofbox atau sportbar. Penggunaan komponen ini, dimaksudkan untuk memberikan kepraktisan dalam membawa barang ketika berpergian.

Namun, bukan berarti kamu bisa membawa apa saja. Tingkat bobot barang serta dimensi yang dibawa, juga harus diperhatikan untuk keselamatan berkendara baik bagi diri sendiri maupun orang lain yang menggunakan jalan bersama.

Selain itu, penggunaan fender juga menjadi salah satu komponen yang harus diaplikasikan. Karena, dengan gaya yang adventure, maka modifikasi velg terios kurang lengkap rasanya jika tanpa ditambah dengan fender yang menyelimuti beberapa aspek.

Mengenai bagian interiornya, beberapa juga sering dimodifikasi. Tetapi, tidak banyak perubahan yang dilakukan. Biasanya, perubahan pada sektor interior, dilakukan hanya sebatas penggantian jok serta beberapa perubahan lainnya.

Di samping itu, lingkar kemudi juga sering diganti dengan menggunakan komponen yang lebih beraura gagah. 

Untuk informasi otomotif terkini simak terus moladin.com

Terbaru