Panigale V4 dan V4S Tampil Lebih Agresif, Tapi Mudah Dikendarai

Moladin – Ducati pabrikan moge asal Italia ini resmi perkenalkan beberapa motor terbarunya. Dua varian terbaru dari ini menyasar kelas motor gede yang punya kapasitas mesin dari 600cc, yakni Panigale V4 dan Panigale V4S versi 2020 yang memiliki perubahan dari banyak aspek.

Perubahan spek Panigale V4 diklaim punya performa tinggi yang siap melahap asal jalanan baik untuk amatir juga pro, artinya motor yang punya tenaga besar ini lebih mudah dikendarai. Motor ini dikembangkan oleh tim Ducati Corse dan Ducati Style Center ini mengusung beberapa perbedaan.

Soal keamanan dari motor ini juga sudah tidak diragukan saat diajak kebut-kebutan. Adanya Aero Pack memberikan proteksi airflow yang mumpuni serta hal ini meningkatkan kestabilan motor. Pada Ducati Panigale V4 yang baru, pabrikan asal Italia ini juga memberikan wingshield yang lebih tinggi tetapi dengan sudut kemiringan yang lebih tajam.

Semakin tinggi posisi windshield yang digunakan, maka dipastikan pengendara akan semakin aman saat berkendara dalam kecepatan tinggi khususnya di area helm atau kepala dan juga Pundak.

Ducati Panigale V4 tampil lebih gambot dari edisi sebelumnya, karena penambahan ukuran pada bagian fairing. Untuk masing-masing sisi penambahan lebih kurang lebih 38mm. Posisi fairing yang dibuat lebih lebar berfungsi untuk mengurangi airflow yang mengenai pengendara, disamping itu fungsinya untuk meningkatkan efisiensi aerofoil sehingga hasilkan grip yang lebih bagus.

Bagian sampingnya terdapat airvent yang lebih efisien. Desain airvent baru ini tingkatkan aliran udara pada radiator sebanyak 6% dan pendingin oli sebesar 16%. Desain aerofoil ini diaplikasikan pada Panigale V4 terinspirasi dari desain GP16 yang digunakan tim pabrikan Ducati di ajang MotoGP.

 

Desain Panigale V4 Terinspirasi dari GP16

panigale-v4-dan-v4s-lebih-mudah-dikendaraiPanigale V4 desain motor terinspirasi dari GP16

Desain Panigale V4 terinspirasi dari GP16 ini memiliki aerodinamika yang jauh lebih bagus jika dibandingkan dengan desain MotoGP saat ini. Desain ini membantu tingkatkan downforce pada motor ketika motor sedang melaju kencang.

Desain model ini  diklaim kalau ada tambahan sebesar 30kg downforce saat berkendara di kecepatan 270 km/jam. Downforce yang lebih tinggi tentu akan mengurangi terangkatnya ban depan.

Selain itu, dapat tingkatkan kestabilan saat bermanuver di tikungan. Hal itu membuat pengendara punya waktu lebih lama lagi untuk membuka gas serta memiliki durasi pengereman yang lebih singkat di mana sangat berpengaruh dalam mengejar best lap.

Panigale V4 terbaru di dukung dengan fitur juga teknologi canggih, tidak heran kalau lebih mudah dikendarai. Sudah hadirnya Ducati Traction Control (DTC) EVO 2, Ducati Slide Control (DSC), Ducati Wheelie Control (DWC) EVO dan Ducati Electronic Suspension (DES) EVO 

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *