Pasar Suzuki GSX Series Makin Bergairah Melalui Tambahan Warna dan Gimmick

 

 

 

 

Suzuki GSX series terdiri dari 3 tipe, yaitu GSX R150, S150 dan Bandit. Tipe ini merupakan salah satu tulang punggung penjualan produk Suzuki. Pasar Suzuki GSX sendiri diproduksi tak hanya untuk pasar domestik, tetapi juga untuk eksport.

Sesuai dengan data yang dikeluarkan Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia pada awal 2019, statistik industri motor domestik mencapai 560 ribu lebih per Januari 2019. Kondisi ini sedikit meningkat dibandingkan dengan bulan yang sama tahun 2018, yaitu sebesar 482 ribu unit. Peningkatan ini dipengaruhi banyak hal, salah satunya pasar motor sport dan matik besar yang terus meningkat.

Suzuki GSX series yang bermain di pasar 150 cc penjualannya sempat mengalami turun-naik. Pada awal kemunculannya, GSX series benar-benar membuat heboh pasar motor sport di kelas 150 cc. Hal ini disebabkan Suzuki GSX 150 series yang dipersenjatai fitur unggulan, diantaranya keyless dan tampilannya yang keren. Dan yang menarik, harganya di bawah dua produk rivalnya yang sudah lebih dulu ada di pasaran, Yamaha R16 dan Honda CBR150.

“Pasar motor sport yang sekitaran 9-10 persen dari semua tipe motor tahun ini lebih berkembang. Suzuki GSX R150 Keyless dan Suzuki GSX R150 Shuttered Key serta GSX S150 dan Bandit, menjadi andalan Suzuki untuk bertarung di pasar sport 150 cc. Suzuki akan terus melakukan inovasi untuk meningkatkan penjualan domestik maupun ekspor,” terang Yohan Yahya, Marketing and Busines Development Head PT Suzuki Indomobil Sales.

 

Suzuki GSX S 150

Harga yang tercantum adalah harga DP motor

 

Pasar Suzuki GSX Sempat Turun, Lalu Didongkrak Lewat Fitur Keren

Pada awal 2018 pasar Suzuki GSX sempat mengalami kenaikan cukup signifikan. Akan tetapi, pada pertengahan semester pertama 2018 pula penjualan Suzuki sempat mengalami penurunan. Hal ini juga mempengaruhi total penjualan sepeda motor pada Oktober 2018 sebanyak 610 ribu lebih, yang diisi oleh Yamaha R15, Honda CBR150 dan GSX R150.

 

pasar suzuki gsx ok
Suzuki GSX Series dongkrak penjualan Suzuki motor

 

Sebagai pabrikan ternama, PT SIS tak kalah akal. Untuk meningkatkan kembali penjualan PT SIS melakukan penambahan fitur yang bikin konsumen meliriknya. Pembaruan dilakukan pada striping dan warna baru, serta memberikan gimmick untuk meningkatkan penjualan GSX R150 yang bekerja sama dengan produsen helm. Untuk itu konsumen punya kesempatan khusus mendapatkan helm sporty full face KYT Vendetta2 Flat Visor berdesain khusus.

Ternyata perubahan dan gimmick memang memengaruhi penjualan. Pasar motor sport fairing 150 cc andalan Suzuki berhasil diraih pada paruh pertama 2018 dengan mencatatkan 6.051 unit. Dan pada 2019, dari data AISI, Suzuki mencatatkan sebanyak 9.100 unit atau sekitar 1,6 persen, naik satu peringkat mengalahkan Kawasaki yang hanya mencatatkan 8.608 unit.

 

pasar suzuki gsx
Suzuki berhasil menyalip penjualan Kawasaki tahun 2019

 

Baca juga:

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *