Paten Chery TJ-1 Sudah Terdaftar di Indonesia, SUV Siap Offroad!

by Tigor Sihombing

Paten Chery TJ-1 terpantau sudah terdaftar dalam dokumen Berita Resmi Desain Industri No. 13/DI/2023 yang dirilis Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM. Dalam laman tersebut, ada gambar paten sebuah SUV yang pemohonnya adalah Chery Automobile Co., LTD.

Memang tidak disebutkan, nama dari SUV itu. Walau demikian, ketika kita melihat di Cina, Chery pada awal April 2023 menampilkan mobil serupa dengan nama TJ-1.

Dengan terdaftarnya Chery TJ-1 di laman dgip.go.id, maka terkuak fakta baru jika mobil ini akan menjadi senjata baru untuk pasar otomotif Indonesia. Lalu kapan SUV bernama TJ-1 tersebut bakal meluncur?

Bila melihat rencana Chery di Indonesia yang dibeberkan dalam kegiatan buka puasa bersama pada 14 April 2023 lalu. Maka, Chery akan meluncurkan 4 mobil baru pada 2023 ini, di mana di antaranya ada Tiggo 4, dua kendaraan facelift model, dan Omoda 5 EV. Artinya TJ-1 bukan meluncur pada 2023 di Indonesia.

Chery juga mengatakan bahwa pada tahun 2024 – 2025, Indonesia akan kedapatan 8 line-up kendaraan terbaru dari Chery. Di antaranya ada 2-Row SUV REEV, 2-Row SUV PHEV, 3-Row SUV PHEV, 3 Row SUV ICE, dan tiga model kendaraan 2-Row SUV ICE.

Baca juga  5 Kekurangan Ford Everest Titanium Dibanding Kompetitor

Besar kemungkinan Chery TJ-1 akan menempati posisi 2-Row SUV PHEV dan 2-Row SUV ICE, karena memang cocok dengan spesifikasi SUV tersebut di Cina. Berdasarkan laman Carnewschina, TJ-1 punya dua pilihan mesin yakni Internal Combustion Engine (ICE) atau mesin konvensional dan Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV).

Di China sendiri nama TJ-1 bukanlah merek dagang. Chery sendiri hingga sekarang, masih mengadakan sayembara kepada  konsumennya untuk memberikan nama pada produk mobil barunya tersebut. Rencananya mobil SUV yang jago offroad ini bakal dijual secara resmi di Cina, mulai Juli atau Agustus 2023.

Spesifikasi Chery TJ-1 dengan All Wheel Drive (AWD)

Paten Chery TJ-1

Penampakan interior Chery TJ-1 di China.

Hal menarik dari Chery TJ-1 adalah desainnya gagah mengotak, khas SUV. Kemudian tersedia pula opsi penggerak semua roda atau all wheel drive (AWD). Dengan demikian, mobil ini pas sekali untuk diajak melibas berbagai medan jalan.

Bicara mesin, TJ-1 memiliki beberapa pilihan. Ada mesin konvensional alias ICE dengan kapasitas 1.6 liter turbo yang dikawinkan dengan sistem transmisi 7 DCT. Ada pula opsi mesin PHEV yang mengusung mesin hybrid 1.5 liter turbo dan transmisi DHT. 

Baca juga  Chery Masuk Indonesia Sebentar Lagi, Siap Bangun Pabrik?

Khusus versi PHEV, Chery menyebutkan bahwa SUV ini memiliki efisiensi bahan bakar yang sangat baik. Dengan mode EV, TJ-1 memiliki kemampuan daya jelajah hingga 100 km, tanpa mengandalkan bensin sama sekali. Sedangkan untuk kondisi bahan bakar penuh dengan muatan penuh, mobil ini diklaim bisa melaju hingga 1.400 Km.

Untuk teknologi yang digunakan, TJ-1 didukung dengan penyematan teknologi terkini berkat dukungan dari chip Qualcomm 8155. Ini mendukung FOTA, pengenalan wajah, dan sistem bantuan mengemudi level 2+.

Soal dimensi, Chery TJ-1 memiliki ukuran panjang 4.515 mm, lebar 1.865 mm, dan tinggi 1.680 mm, dengan wheelbase 2.675 mm. Pada bagian depan terdapat grille dengan profil persegi panjang, yang berukuran lebih besar dari Chery Tiggo.

SUV AWD ini juga mengadopsi desain atap mengambang dan dilengkapi dengan gagang pintu pop-out. Sementara di bagian belakang, memiliki spoiler besar dengan lampu rem yang dipasang tinggi dan dua lubang knalpot. Istimewa bukan?

Kalau kamu tertarik punya? Sabar ya, karena kemungkinan Chery TJ-1 bisa dipakai offroad di Tanah Air masih pada 2024 atau 2025. Demikian ulasan paten Chery TJ-1 yang terpantau sudah didaftarkan di Indonesia. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Baca juga  4 Kelebihan Mitsubishi XForce Dibanding Rival, Wajar Laku!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika