Pelatihan ‘Safety Riding’ Bersama Club Motor-mu, Lebih Seru…!!!

Hai Moladiners,

Hari ini saya akan membicarakan tentang satu hal yang sangat penting, yang masih dilalaikan dalam dunia sepeda motor. Tahukah kalian jika Indonesia menduduki peringkat ke-5 dunia dalam hal orang meninggal dari kecelakaan lalu-lintas, dan kebanyakan dari mereka diakibatkan dari kecelakaan bersepeda-motor.

Yamaha Jupiter MX King

*Angsuran mulai dari

Dari pemberitaan yang ada, setidaknya 3 orang meninggal setiap harinya dari kecelakaan ini. Ini sungguh menakutkan, khususnya dimana kita menghabiskan banyak waktu di jalanan. Banyak Kecelakaan tersebut disebabkan oleh berkendara secara ugal-ugalan, barisan dari melanggar rambu-rambu lalulintas, ketrampilan berkendara yang buruk, dan kurangnya kepedulian kondisi lalu-lintas sekitar. Terkadang kita tidak menjadi seorang yang ketrampilan berkendara yang buruk ataupun melanggar rambu lalu-lintas, tapi saat kita berada dijalan, kita sering kali mudah terpancing akan kelakukan pengendara lain.

Apa yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan kepedulian kita dari sekitar kita dan menambah pelajaran dari Safety Riding (keselamatan berkendara) untuk menjadikan jalan lebih aman. Tapi, siapa yang akan mengajari kita semua itu ???

safetyriding1

Ditengah-tengah kekhawatiran kita, saya telah mendengar ada klub motor yang benar-benar melakukan aksi dalam masalah ini dengan mengadakan pelatihan Safety Riding untuk para anggotanya/rider. Pelatihan mereka biasanya termasuk beberapa aktifitas seperti turun kaki, ban belakang slide, tabrak safety cone, salah lintasan, terjatuh, ban depan melewati garis berhenti. Para rider akan mampu untuk mencoba teknik-teknik tersebut didalam pelatihan ini. Kalian semua akan mengira selama berlangsungnya pelatihan ini membosankan, tapi ketika ini dilakukan secara bersama-sama dengan klub motor kalian dan teman dekat kalian, ini sungguh menyenangkan, menyaksikan teman-teman kalian saat mencoba kegiatan tersebut. Kalian akan terkejut beberapa teman tidak bisa melewati beberapa tes itu..haha

Yamaha MT 25

*Angsuran mulai dari

Baru-baru ini, kami telah melakukan pelatihan Safety Riding yang di selenggarakan oleh PMHB (Paguyuban Motor Honda Bekasi), induk grup dari  Honda Bekasi. Semua klub-klub dibawah PMHB dan ITORA (Ikatan Motor Bank Tabungan Negara) juga turut serta dalam kegiatan ini, klub-klub ini termasuk semisal  CBR riders Bekasi, Verza Owners Club Bekasi, SPAYBEC (Spacey Bekasi Club), Bekasi Karisma Komuniti dan masih banyak lagi! Semua turut serta dalam kegiatan ini seperti turun kaki, ban belakang slide, tabrak safety cone, salah lintasan, terjatuh, ban depan melewati garis berhenti. Mereka rata-rata mendapatkan sistem point guna melihat seberapa bagus prestasi mereka dalam kegiatan ini, sedikit bersaing sungguh menyenangkan! Pertama kali pelatihan ini dimulai, setiap rider memulai mengambil motor merek, dan berjajar dalam 2 baris untuk melengkapi kegiatan ini.

Untuk membantu menangkap ‘momen-momen’ terbaik selama berlangsungnya kegiatan ini, team Moladin ada disana untuk mengambil foto-foto individu dari para biker bersama motor mereka setelah mereka menyelesaikan seluruh pelatihan ini. Foto-foto lain pada kegiatan ini juga diambil guna membantu klub mengingatkan kembali kenangan akan kegiatan ini. Selama berlangsungnya pelatihan ini, ada banyak tawa dan saling ineraksi antar rider. Meskipun tujuan utama adalah Safety Riding akan tetapi ini menjadi kesempatan bagus bagi para rider klub yang berbeda untuk datang bersatu dan beramah-tamah.

safety3

safety2

safety4

Jika setiap klub mau menganggap Safety Riding sebagai salah satu dari kegiatan mereka, ini tidak hanya dapat jalanan lebih aman di Indonesia, tapi juga memperkenalkan kegiatan lain yang menyenangkan untuk membangun team dari anggota mereka! Untuk informasi lebih lanjut dan foto-foto yang lain dari event ini, dapat dilihat pada halaman facebook Moladin https://www.facebook.com/Moladincom/

Moladin adalah aplikasi untuk klub motor. Dengan menggunakan Moladin, klub motor akan lebih mudah mengatur event. Moladin memiliki sistem absensi, event reminder dan juga kamu dapat dengan mudah mengundang klub motor lain ke event mu. Tidak hanya itu, kamu bisa mendapatkan rewards seperti gratis main futsal, disponsori ultah klub kamu, hanya dengan cara membuat event di Moladin. Dari pada membuat kopdar/touring tanpa reward, Bergabung dengan Moladin sekarang dan dapatkan hadiah nya!

 

Yamaha Fino 125

*DP mulai dari

 

Download Moladin di playstore, https://goo.gl/99Y5DT!
 
Ditulis oleh Jovin, cofounder of Moladin
di edit & translate oleh kusnanto

Share this!

Baghendra Lodra

Jurnalis otomotif sejak 2012. Spesialisasinya sebagai reviewer motor dan mobil

2 thoughts on “Pelatihan ‘Safety Riding’ Bersama Club Motor-mu, Lebih Seru…!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *