Review Pelek Sport Rim RCB SP522, Berbahan Alumunium Bobot Ringan

Moladin – Pelek Sport Rim RCB SP522, banyak digunakan motor balap karena performa dan bobotnya yang ringan dibanding pelek alumunium jari-jari. Apa saja keunggulannya? Bicara soal bobot dalam dunia racing, sampai saat ini masih jadi bahasan paling populer bagi pelakunya.

Karena dengan beban lebih ringan, diharapkan kecepatan motor makin kencang tanpa mengurangi kekuatan juga kestabilannya. Tak heran jika ada produsen yang berani tawarkan produk macam itu biasanya langsung diburu.

Nah, komponen setara itu yang saat ini jadi incaran banyak orang adalah pelek palang alias Sport Rim RCB SP522 keluaran PT Enwan Multi Partindo (EMP). Karena produsen yang memasarkan produk merek RCB (Racing Boy) itu, mengklaim kalau pelek Casting Whell ini bukan cuma tampilannya yang sporty tapi juga bobotnya super ringan.

“Modelnya sengaja dibuat sangat sporty. Bisa dilihat pada bentuk dan jumlah tulang yang cuma ada 5 batang. Sedang desain Sport Rim RCB SP522 mengacu pada pelek palang OEM (original equipment manufacturer) motorsport yang terkenal enteng. Jadi kalau aplikasi pelek ini, meski part aftermarket namun rasanya sudah seperti pakai pelek asli motor sport,” ujar Rio Tan dari Technical Support RCB.

Lantaran modelnya sporty dan ringan, tak heran jika produk ini banyak digunakan tim-tim balap yang diaplikasikan ke motor balap tipe bebek maupun sport, juga cocok untuk pengguna harian. Tengok saja testimony dari beberapa tim-tim balap yang pernah mencobanya. Hampir semua mengaku puas dengan performanya.

“Jika dipakai di motor balap, saat geber di trek lurus katanya putaran roda lebih stabil. Ketika manuver ditikungan pun tak ada gejala limbung atau bumpy. Sehingga sangat membantu mekanik dan pembalap saat setting suspensi juga tekanan angin,” imbuh Rio.

Sport Rim RCB SP522 Dibuat Menggunakan Teknik Casting Tinggkat Tinggi

Sport Rim RCB SP522 dibuat menggunakan teknik casting (pengecoran) tinggkat tinggi. Dimana material dasar alumunium yang lebih dulu dilelehkan, sehingga saat akan di cor ke molding strukturnya benar-benar padat. Terbukti saat test uji kekuatan di laboratorium material tidak tampak ada gejala retak apalagi muncul gelembung udara penyebab pelek gampang patah.

pelek-sport-rim-rcb-sp522Sport Rim RCB SP522 Dibuat Menggunakan Teknik Casting Tinggkat Tinggi

Selain struktur material yang sangat kuat juga presisi, bobot ringan Sport Rim RCB SP522 dipengarui adanya lubang-lubang di tiap palang juga di bagian tengah pelek. Tak heran saat lakukan pengujian bobot antara Sport Rim RCB SP522 dengan pelek variasi alumunium plus jari-jari dan tromol asli, bebannya masih lebih ringan.

“Adanya rongga pada tulang tidak perlu khawatir akan kekuatannya. Karena saat proses casting, pasir cetak yang sudah ada di molding juga memiliki kemampuan melepas gelembung udara. Sehingga tidak akan muncul gejala retak-retak penyebab pelek mudah patah,” imbuhnya.

pelek-sport-rim-rcb-sp522Rongga pada tulang tidak perlu khawatir akan kekuatannya

Nah, Moladiners yang tertarik dengan Sport Rim RCB SP522 bisa langsung oder ke toko-toko rekanan RCB di seluruh tanah air. Harga produk ini dipasaran mulai dari Rp 1,3 – 2,5 juta/set (baik itu untuk motor bebek atau sport). Atau jelasnya bisa hubungi PT EMP yang beralamat di Kompleks Ruko Citra Raya U1, No.48-49 Cikupa, Tangerang, Banten 15710 dengan telepon +62-21-59409068. Produk hanya tersedia dalam dua pilihan warna yaitu gold dan black.

Baca Juga :

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *