oleh

Penjualan Daihatsu di GIIAS 2021, Xenia Nomor Dua

Penjualan Daihatsu di GIIAS 2021 terbilang biasa saja, apalagi dibanding para rival-rivalnya seperti Toyota dan Mitsubishi. Walau demikian, pabrikan berlogo D mengaku tetap gembira dengan hasil ini.

Apalagi total penjualan Daihatsu di GIIAS melalui surat pemesanan kendaraan (SPK) tembus sebanyak 504 unit. Meski jauh di bawah kompetitor yang dapat lebih dari 1.000 unit, namun itu sudah melampaui target yang ditetapkan Daihatsu sebesar 500 unit.

Dari data yang dibeberkan oleh pihak manajemen ADM, penjualan Daihatsu ditopang oleh Daihatsu Rocky yang menyumbangkan SPK terbesar dengan jumlah 108 unit. Lalu di mana Xenia?

Ternyata mobil LMPV teranyar ini cuma bisa bertengger di nomor dua penjualan Daihatsu di GIIAS 2021. All New Xenia terjual sebanyak 104 unit. Sementara untuk Xenia lama atau Grand New Xenia masih laku 29 unit.

Mobil Daihatsu terlaris di GIIAS 2021 selanjutnya adalah Terios dengan torehan 74 unit atau menyumbang 15 persen. Hasil tersebut turun jika dibandingkan event GIIAS sebelumnya yang mencapai penjualan sebesar 118 unit.

Baca juga  GIIAS 2021: Promo Wuling dari Diskon Hingga Trade-in

Selanjutnya ada Ayla dan Sigra yang masing-masing terjual sebanyak 59 unit (12 persen). Hasil tersebut juga mengalami penurunan jika dibandingkan GIIAS 2019. Yaitu untuk Ayla sebesar 111 unit dan Sigra sebesar 253 unit.

Terlepas dari lima mobil paling laris tersebut, masih ada Gran max minibus yang mencatatkan SPK sebanyak 33 unit atau menyumbang 7 persen. Lalu diikuti oleh versi pikap yang mengantongi SPK 26 unit (5 persen). Keduanya juga ternyata mengalami penurunan, dimana pada ajang GIIAS sebelumnya Raihan penjualan masing-masing mencapai 44 unit.

Kemudian untuk Daihatsu Luxio dan Daihatsu Sirion, masing-masing membukukan penjualan sebesar 6 unit yang juga terbilang hasil yang kurang memuaskan disbandingkan GIIAS sebelumnya. Yaitu untuk Luxio 18 unit dan Sirion 34 unit.

“Pada event GIIAS 2021 kemarin, Daihatsu memang lebih fokus ke ajang pameran produk dan teknologi. Sementara untuk penjualan hanya bersifat tambahan, hasil bukan tujuan utamanya,” ungkap Amelia Tjandra selaku Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor. (24/11/2021).

Catatan SPK ini masih belum lebih bagus ketimbang GIIAS 2019 lalu, yakni 701 unit. Dengan kata lain, pemesanan Daihatsu mengalami penurunan 28 persen sepanjang GIIAS 2021.

Baca juga  MG5 Siap Meluncur di GIIAS 2021, Sedan Murah Paling Ganteng!

Sekilas keikutsertaan Daihatsu di GIIAS 2021

penjualan daihatsu di giias
Booth Daihatsu di GIIAS 2021

PT Astra Daihatsu tidak pernah absen dari event Gaikindo International Indonesia Auto Show (GIIAS). Untuk tahun ini, Daihatsu menampilkan 11 mobil.

Deretan mobil yang dipamerkan tersebut adalah Daihatsu Grand New Xenia, Daihatsu All New Xenia, Daihatsu  Terios, Daihatsu Gran Max pikap, Daihatsu GrandMax passenger dan GranMax Blind Van, Daihatsu Ayla, Daihatsu Sigra, Daihatsu Rocky, Daihatsu Luxio, Daihatsu Sirion dan Daihatsu Himax.

Pada event GIIAS 2021, Daihatsu mempunyai luas booth 1.179 meter persegi dengan konsep “Urban City” yang tempilannya terlihat apik dengan penataan mobilnya.

Moladiners, itulah ulasan mengenai penjualan Daihatsu di GIIAS 2021. Xenia terbaru ternyata belum menjadi bintangnya. Walau demikian, justru Rocky jadi produk terlaris di sana.

Untuk inforamsi otomotif menarik lainnya, simak terus Moladin.com.

Terbaru