oleh

Penjualan Mobil di Indonesia Naik Tipis, Gaikindo Revisi Target

Pandemi virus korona (Covid-19) sangat mempengaruhi penjualan mobil di Indonesia pada tahun 2020. Di mana market otomotif mengalami penurunan tajam, baik dalam kondisi baru maupun bekas.

Berdasarkan data, penjualan mobil di Indonesia paling merosot tajam terjadi di bulan April hingga Mei 2020. Namun seiring dengan itu, kini industri otomotif mulai membaik dari bulan ke bulan.

Hingga bulan Oktober 2020 penjualan mobil alami pertumbuhan positif. Mengalami peningkatan, jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Pun begitu, pertumbuhan penjualan tak terlalu besar dan cenderung naik tipis. Hal itu terungkap dari data yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Data Penjualan Mobil di Indonesia Oktober 2020

penjualan mobil di Indonesia
penjualan mobil baru di Indonesia mengalami pertumbuhan 1 persen

Menurut data Gaikindo, penjualan wholesales (dari pabrik ke dealer) di bulan Oktober 2020 lalu mengalami pertumbuhan 1 persen, jika dibandingkan bulan September.

Padahal, penjualan mobil di bulan September mengalami kenaikan yang cukup besar, mencapai 30 persen dibandingkan bulan Agustus lalu.

Namun jika dibandingkan dengan data penjualan mobil di Indonesia pada bulan Oktober 2019. Pencapaian di bulan Oktober tahun ini mengalami penurunan yang sangat besar.

Baca juga  3 Produk Ini Dorong Penjualan Ritel Daihatsu di 2020

Pasalnya penjualan mobil di tahun 2019 lalu membukukan penjualan hingga 96.344 unit mobil baru. Dari catatan itu, bisa disimpulkan bahwa penjualan mobil alami penurunan hingga 49,1 persen.

Jika membandingkan dengan pencapaian tahun lalu dan tahun ini. Penjualan mobil di Indonesia mengalami penurunan hingga 50,7 persen.

Dari kalkulasi yang Moladin lakukan, penjualan mobil sepanjang Januari hingga Oktober 2020 hanya sebanyak 421.089 unit. Kalau dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya jauh berbeda.

Penjualan mobil di Indonesia pada periode Januari-Oktober 2019 menembus angka 854.005 unit. Berbanding terbalik bukan, jika dibandingkan dengan torehan penjualan tahun ini.

Sedangkan untuk penjualan retail (dealer ke konsumen), penjualan mobil di bulan Oktober mengalami peningkatan sebesar 6,4 persen. Bila dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Menurut catatan, penjualan retail di bulan Oktober menembus angka 46.129 unit. Naik sedikit dengan total penjualan sebesar 43.362 unit di bulan September.

Kalau membandingkan dengan periode yang sama, di bulan Oktober 2020. Penjualan dari dealer ke konsumen di bulan Oktober merosot hingga 43 persen dibanding periode yang sama di tahun 2019. Pasalnya di Oktober 2019, berhasil terjual sebanyak 89.162 unit mobil dikirim ke konsumen.

Baca juga  3 Kelebihan Kia Sonet yang Patut Dipertimbangkan

Sementara untuk penjualan retail pada periode Januari-Oktober 2020 saat ini baru 453.525 unit mobil dikirim ke konsumen. Angka itu mengalami penurunan 46,7%, dibanding periode yang sama tahun sebelumnya yang mencapai 851.552 unit.

Melihat dari menurunnya daya beli masyarakat, Gaikindo pun telah merevisi target penjualan mobil di Indonesia pada tahun 2020. Gaikindo kini menetapkan target penjualan mobil pada tahun ini hanya mencapai 525 ribu unit, mengalami penurunan target lagi dari sebelumnya mencanangkan sebesar 600.000 unit.

Baca juga:

Terbaru