Jumat, April 19, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Penjualan Suzuki di Tahun 2020 Didorong Produk Buatan Lokal

by Deni Ferlindungan
kelebihan suzuki ertiga

Penjualan Suzuki di tahun 2020 lalu bertahan cukup baik pada periode Januari-Desember dengan raihan wholesales 65,9 persen dan retail sales sebesar 70,4 persen. Bila dibandingkan periode yang sama tahun 2019 lalu.

Pencapaian itu diklaim cukup positif, mengingat penjualan mobil di tahun lalu mengalami penurunan hingga 50 persen. Pencapaian penjualan Suzuki di tahun 2020 lalu tak lepas dari kontribusi mobil-mobil yang diproduksi di dalam negeri.

Seperti diketahui, Suzuki Indonesia memproduksi jajaran produk mereka di pabrik yang berada di Cikarang dan Tambun, Bekasi Jawa Barat. Kontribusi produk yang diproduksi secara lokal lebih dari 90 persen dari total penjualan Suzuki di tahun 2020 lalu secara nasional.

“Tahun 2020 adalah tahun yang berat untuk industri otomotif. Namun kami berhasil melewatinya dengan cukup baik berkat program-program yang fokus pada penjualan produk lokal serta melakukan adaptasi operasional dealer selama saat pandemi dengan Suzuki Hygiene Commitment,” jelas Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS.

Donny juga menambahkan, “Kontribusi produk lokal Suzuki tahun 2020 sebesar 91,1% untuk wholesales dan 90,6% untuk retail sales. Fokus pada pengembangan dan pemasaran produk lokal ini juga bertujuan untuk mendukung pemulihan industri otomotif dalam negeri”.

Baca juga  Harga Suzuki SX-4 Bekas, SUV Mulai Rp 70 Jutaan!

Kontribusi Produk Lokal Untuk Penjualan Suzuki di Tahun 2020

New Carry Pick Up berkontribusi dalam penjualan Suzuki di tahun 2020

New Carry Pick Up berkontribusi dalam penjualan Suzuki di tahun 2020

Mengacu pada data penjualan Suzuki di tahun 2020 lalu, didorong oleh jajaran produk yang diproduksi di Indonesia. Setidaknya ada tiga produk yang cukup laris sepanjang tahun lalu.

Adalah Suzuki Carry pikap terbaru dan Suzuki XL7 yang mendulang penjualan positif. Sepanjang 2020, wholesales Suzuki Carry pikap berkontribusi sebesar 57,6%, sementara penjualan ritel berkontribusi 57,9% terhadap penjualan nasional Suzuki.

Untuk kendaraan penumpang, SUV terbaru yang rilis diawal tahun 2020 lalu yaitu XL7. Menjadi kontributor terbesar dengan raihan 14,9% untuk wholesales dan 11,8% untuk retail sales.

XL7 menjadi salah satu backbone penjualan Suzuki beriringan dengan All New Ertiga yang berkontribusi 11,4% pada wholesales dan 13,3% pada retail sales.

“Terima kasih atas kepercayaan masyarakat terhadap produk-produk Suzuki, terutama produk buatan dalam negeri. Dukungan dan kepercayaan masyarakat di tahun 2020 serta semangat keberadaan Suzuki yang telah mencapai 50 tahun di Indonesia semakin memotivasi kami untuk terus berkontribusi pada pemulihan industri otomotif Tanah Air,” ujar Donny.

Baca juga  Sejarah Suzuki Karimun, Dari 'Kotak' Hingga Wagon R Special Edition

Tak hanya itu, Donny juga menyampaikan, “Kami juga terus memastikan seluruh operasional Suzuki di Indonesia termasuk dealer serta produk yang diterima konsumen sesuai dengan protokol kesehatan dan telah melalui proses desinfektan untuk memastikan kenyamanan dan keamanan pelanggan”.

Selain ketiga produk itu, penjualan Suzuki juga didukung oleh line-up produk lainnya seperti APV dan Karimun Wagon R juga merupakan produk buatan lokal yang berkontribusi pada penjualan Suzuki baik di dalam negeri maupun pasar ekspor.

Semoga informasi ini dapat menambah wawasan kalian, khususnya seputar dunia otomotif di Indonesia.

Baca juga:

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika