Penjualan Yamaha Meningkat di Kalimantan Timur Berkat IKN, NMAX Jadi Primadona

by Tigor Sihombing
Penjualan Yamaha Meningkat di Kalimantan

Penjualan Yamaha meningkat di Kalimantan Timur, khususnya di Balikpapan dan Samarinda. Langkah ini berarti Yamaha berhasil memanfaatkan momentum pertumbuhan pasar di Kalimantan Timur untuk memperkuat posisinya sebagai merek motor terpopuler.

Salah satu faktor utama yang mendongkrak penjualan Yamaha meningkat di Kalimantan Timur adalah pengaruh pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) yang memberikan dampak besar pada permintaan kendaraan roda dua di wilayah tersebut.

Menurut data yang disebutkan Alianur, Manager Service STSJ Yamaha untuk wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara, penjualan motor Yamaha di Balikpapan dan Samarinda naik sekitar 15-20 persen dibandingkan tahun lalu, sebelum proyek IKN dimulai.

“Kenaikan ini didorong oleh kebutuhan transportasi dari penduduk lokal maupun pekerja yang datang untuk bekerja di proyek IKN,” katanya, disela-sela acara test ride Yamama NMAX Turbo pada 29 September 2024 di Samarinda.

Untuk varian terlaris, Yamaha NMAX menjadi model paling diburu di kedua kota tersebut. Yamaha NMAX berkontribusi sekitar 30-40 persen dari total penjualan Yamaha, mengungguli model-model lainnya.

Baca juga  7 Kekurangan Yamaha Nmax Terbaru, Cek Sebelum Beli

Selain NMAX, motor-motor Yamaha dari keluarga Maxi seperti AEROX dan XMAX juga cukup diminati oleh konsumen di Kalimantan Timur.

Penjualan Sparepart dan Service Meningkat

image1272

“Tidak hanya penjualan unit motor yang meningkat, layanan purna jual Yamaha juga mencatat pertumbuhan yang positif. Penjualan suku cadang (sparepart) di Balikpapan dan Samarinda naik hingga 20 persen, sementara layanan servis meningkat sebesar 15 persen,” tambah Alianur.

Iya menyebutkan, Kalimantan khususnya Balikpapan saat ini banyak dikunjungi oleh pekerja dari IKN dan Pertamina. “Motor-motor pendatang umumnya datang kebengkel biasanya untuk servis dan pergantian sparepart,” ujarnya.

“Atau pendatang dan perusaan yang membawa motor dari luar, servis dan penggantian sparepart di bengkel resmi Yamaha,“ tambahnya.

Demikian ulasan Penjualan Yamaha Meningkat di Kalimantan. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika